Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power
Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Saat tombol power HP mengalami kendala atau tidak bisa digunakan terutama saat HP dalam kondisi mati, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara menyalakan HP tanpa tombol power. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak tutorial selengkapnya berikut ini.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power
Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Sebelum lebih lanjut mengulas bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power, berikut beberapa penyebab hal tersebut bisa terjadi, antara lain:

Read More
  1. Adanya kerusakan fisik. Tombol power bisa rusak akibat penggunaan yang terlalu sering atau keras. Selain itu, terjatuh, kemasukan debu, atau terkena cairan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat keras.
  2. Baterai HP kosong. Jika baterai HP habis atau sangat lemah, tombol power mungkin tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi karena baterai tidak memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan perangkat.
  3. Adanya masalah pada perangkat lunak. Jika sistem operasi HP mengalami masalah atau terjadi kesalahan dalam pengaturan perangkat, tombol power mungkin tidak berfungsi.
  4. Mengalami gangguan sistem. Ada kemungkinan bahwa HP mengalami gangguan sistem, seperti virus atau malware, yang membuat tombol power tidak berfungsi.
  5. Kerusakan pada hardware. Selain kerusakan pada tombol power, mungkin ada masalah pada perangkat keras lainnya seperti kabel fleksibel atau IC power.

Nah, apabila tombol power HP kamu tidak berfungsi, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Sambungkan ke Benda Lain

Cara pertama ini bisa jadi solusi saat mengalami masalah dalam menghidupkan HP dengan tombol power. 

Terkait:  Cara Mengganti Password Wifi Lewat Hp

Beberapa HP yang tombol powernya tidak berfungsi atau rusak dikarenakan bagian cover yang hilang dan hanya tersisa karet di bagian dalamnya. Apabila hal sama menimpa kamu, maka cara mengatasinya bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekelilingmu, seperti tusuk gigi, SIM card ejector, atau lainnya. Kamu gunakan benda tersebut untuk menekan bagian tombol yang  yang ada di dalamnya.

Hubungkan ke Charger atau Powerbank

Seperti yang telah disinggung di atas, baterai HP yang habis atau sangat lemah bisa mengakibatkan tombol power tidak berfungsi sementara. Pasalnya, baterai HP tidak memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan perangkat.

Nah, kamu bisa mencoba menghubungkan HP ke charger atau powerbank. Ketika HP masih aktif, nantinya layar akan kembali menyala secara otomatis saat disambungkan ke pengisis daya.

Menggunakan Tombol Lain untuk Menghidupkan Layar

Cara lain yang bisa kamu coba untuk menghidupkan HP adalah dengan menggunakan tombol lain selain power. Kamu bisa mencoba menggunakan tombol volume up dan down.

Namun, pastikan bahwa kamu sudah mencoba cara 1 dan 2 sebelum melakukan cara ini.

  • Cara satu ini memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Power Button to Volume Button. Jika kamu tertarik ingin mencobanya, berikut langkah-langkah yang diperlukan:
  • Instal aplikasi Power Button to Volume Button di Google Play Store. Setelah berhasil terpasang, silakan buka aplikasi. Selanjutnya, aktifkan tombol Enable/Disable Volume Power hingga ikon seperti gear berubah warnanya.
  • Kemudian, aktifkan menu Boot dan Screen Off dengan menekan tombol volume sebagai pengganti power.
  • Setelah itu, restart smartphone.
  • Gunakan tombol volume up atau down saat menghidupkan HP sebagai pengganti tombol power.
  • Terakhir, klik Turn off screen untuk mematikan layar.
Terkait:  Cara Menggunakan VPN di Xiaomi

Aktifkan Fitur Double-tap to Wake 

Fitur ini memungkinkan kamu menyalakan dengan cara mengetuk layar dua kali secara cepat. Fitur ini biasanya tersedia pada ponsel pintar dengan sistem operasi Android terbaru dan sudah diaktifkan secara default.

Itulah 4 cara menyalakan HP tanpa Tombol Power dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts