Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

PindahLubang.com – Pernahkah terjadi sesuatu yang mencurigakan pada ponselmu? Tak ayal bahwa banyak orang sering tidak menyadari kalau gadget nya diretas orang lain. Selain itu, cara mengetahui HP disadap pun sangat simpel, sedangkan solusinya tidak sulit untuk dilakukan lho.

Seseorang biasanya sering meretas atau menyadap smartphone seseorang berlandaskan hal-hal tertentu, salah satunya adalah rasa ingin tahu bahkan dendam secara pribadi. Wajar saja kalau ponsel milik targetnya akan berada di luar kendali pemiliknya sendiri.

Read More

Tak dapat dimungkiri bahwa beberapa orang masih belum tahu apa saja yang menjadi tanda-tanda ponselnya disadap. Meski begitu, kamu bukan sekadar mengenali ciri-cirinya saja, melainkan solusinya juga. Hal ini bertujuan untuk menjaga data pribadimu agar tidak disalahgunakan oleh orang asing yang tak bertanggung jawab.

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap

Smartphone yang sedang diretas atau disadap seseorang memang membuatmu merasa tidak aman, apalagi kalau ponselmu menyimpan data dan file yang sangat rahasia. Tak menutup kemungkinan jika file-file tersebut rentan dilihat, bahkan dicuri oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Kamu harus tahu tanda-tanda HP disadap, sehingga dapat mengantisipasi hal tersebut di kemudian hari. Selain itu, cara mengatasi ponsel diretas pun sangat mudah, bahkan tidak selalu menggunakan aplikasi ketiga apa pun.

Cara Mengetahui HP Disadap

Jika kamu belum pernah atau bahkan sedang mengalami penyadapan ponsel oleh hacker, sebaiknya ketahui ciri-ciri smartphone yang sedang diretas di bawah ini:

  • Baterai Cepat Habis
    Secara umum hacker yang sedang meretas ponsel target akan selalu membongkar semua isi data perangkat tersebut. Tak ayal kalau daya baterai akan cepat habis, bahkan dalam kurun waktu singkat lho. Jika kamu tidak sedang menggunakan HP untuk kegiatan berat namun baterainya boros, kemungkinan besar ponselmu sedang disadap.
  • Panggilan dan SMS Tidak Dikenal
    Jika kamu sering menerima panggilan atau SMS tidak dikenal, kemungkinan besar ponselmu sedang disadap. Pasalnya, kamu sama sekali tidak melakukan hal yang sama ke nomor-nomor tersebut sebelumnya. Kamu wajib curiga jika menerima pesan masuk dari orang asing, apalagi kalau balasannya berkaitan dengan kepentingan pribadimu.
  • HP Hang dan Lemot
    Pemandangan umum yang paling sering dialami banyak orang adalah smartphone sering hang dan lemot. Akan tetapi, jika masalah ini sering terjadi setiap hari bisa saja ponselmu sedang diretas. Kondisi ini terjadi karena smartphone sedang dioperasikan hacker dari jarak jauh, di mana penggunaan ganda tersebut membuat HP kamu semakin lemot.
  • Ada Aplikasi Asing
    Hacker biasanya akan memasang beberapa aplikasi asing yang mengandung malware pada ponsel targetnya. Mereka melakukannya agar data dan file incarannya dapat diketahui tanpa sepengetahuan pemilik ponselnya. Jika kamu menemukan aplikasi asing yang tidak pernah diunduh, segera uninstall demi menjaga keamanan dan privasimu.
  • Gunakan Kode USSD
    Untuk memaksimalkan hasil pemeriksaan terhadap hacker, kamu bisa menggunakan kode rahasia yang dihubungi via telepon secara gratis. Hubungi *#21# atau *#06#, di mana pihak operator seluler akan menyampaikan informasi apakah panggilan sedang dialihkan, data dikirim ke pihak lain dan sebagainya.
Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Mengatasi HP Disadap

Smartphone yang sedang disadap memang membuat pemiliknya merasa tidak nyaman, di mana privasinya rentan diretas dan disebarluaskan. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Aktifkan Mode Device Care.
  • Ganti passcode layar ponsel.
  • Ubah kata sandi email.
  • Hubungi Call Center provider seluler yang digunakan.
  • Factory Reset (reset data pabrik).

Jangan khawatir kalau ponselmu sedang diretas orang lain. Kamu bisa kenali ciri-cirinya dengan cara mengetahui HP disadap sekaligus mengatasinya melalui informasi artikel kami di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts