Cara Membersihkan Layar HP

Cara Membersihkan Layar HP

Sebagian besar orang saat ini tidak bisa hidup tanpa HP. Kemana-mana selalu bawa HP. Bahkan, ke toilet pun tetap membawa HP. Apakah kamu juga demikian? Karena dibawa atau diletakkan di berbagai permukaan tempat, layar HP bisa menjadi salah satu media transfer kotoran atau kuman. Untuk itu, penting sekali mengetahui cara membersihkan layar HP yang benar.

Mengingat semua kebiasaan tersebut, penting sekali untuk sering membersihkan permukaan perangkat HP kamu. Nah, berikut langkah-langkah membersihkan permukaan layar HP yang aman dan mudah.

Cara Membersihkan Layar HP

Cara Membersihkan Layar HP
Cara Membersihkan Layar HP

1. Matikan HP terlebih dahulu

Pastikan HP dalam kondisi mati dan tidak sedang terhubung dengan USB atau charger. Lepas juga casing HP jika ada dan jauhkan dari lokasi dekat sumber cairan. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti konslet, hang, dan lainnya. Pasalnya, handphone dibekali dengan banyak komponen dan mudah diserap. Tentunya kamu tidak ingin HP menjadi rusak setelah dibersihkan, bukan?

2. Gunakan kain lembut

Kamu bisa menggunakan kain lembut, seperti berbahan microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dalam mengelap permukaan layar HP. Jika tidak ada, pastikan bahwa kain yang kamu gunakan lembut bahannya, tidak berserat, dan berbulu.

Hal tersebut dikarenakan bahan berserat, seperti handuk atau tisu kering dapat membuat lapisan pelindung layar HP tergores. Selain itu, membersihkan layar dengan tisu basah juga kurang disarankan karena residu cairannya dapat menempel dan melekat di permukaan LCD HP.

Terkait:  Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Saat mengelap layar HP, usahakan untuk satu arah, yakni dari atas ke bawah. Bersihkan juga area kamera dengan cara yang sama.

3. Gunakan sedikit alkohol atau air sabun

Mengelap HP berdebu dengan kain kering sebenarnya sudah cukup. Namun, jika masih belum cukup karena kotoran yang terlalu menempel atau untuk mensterilkan dari kuman, kamu bisa menggunakan alkohol 70% atau air sabun biasa.

Hindari penggunaan sabun pembersih dengan bahan yang keras, seperti sabun pencuci piring, pembersih kaca, cairan desinfektan, hand sanitizer, atau karbol. Selain itu, hindari menyemprotkan langsung cairan sabun atau alkohol ke layar HP. Han tersebut untuk menghindari cairan merembes masuk ke port charger, sela kamera, atau lubang-lubang body HP lainnya.

4. Gunakan kayu putih sebagai alternatif

Jika punya kayu putih di rumah, bisa kamu gunakan untuk membersihkan layar handphone. Kayu putih bisa jadi alternatif sebagai cairan pembersih layar HP. Cara membersihkannya pun sama, yaitu tuangkan beberapa tetes ke kain lap. Lalu, usap ke layar HP secara satu arah dan keseluruhan.

5. Manfaatkan selotip

Kamu juga bisa memanfaatkan selotip untuk mengangkat debu pada layar HP. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menempelkan selotip di layar HP Kemudian, lepaskan selotip secara perlahan agar tidak menggires lapisan layar HP.

6. Bersihkan lubang port HP

Selain layar dan body HP, bagian port juga penting untuk dibersihkan. Lubang port speaker charger, microphone, sela speaker, hingga jack headset adalah bagian HP yang perlu dibersihkan juga.

Kamu dapat menggunakan cotton buds dengan ujung runcing atau tusuk gigi dalam membersihkan debu atau kotoran menumpuk dalam lubang yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Pastikan untuk berhati-hati dalam membersihkan bagian ini. Hindari untuk menekan atau menggosok terlalu keras.

Terkait:  Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi yang Penuh Agar Tidak Lemot

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membersihkan lubang port HP adalah tidak meniup atau mengeluarkan udara bertekanan seperti penggunaan hairdryer. Sebab, hembusan angin dari dalam mulut bisa jadi mentransfer kuman. Sedangkan penggunaan angin bertekanan tinggi dari mesin bisa membuat mesin rusak.

Demikian 6 cara membersihkan layar HP yang aman dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Similar Posts