Cara Membuat Halaman Baru di Word

Cara Membuat Halaman Baru di Word
Cara Membuat Halaman Baru di Word

Microsoft Word adalah software yang banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna dalam membuat dokumen. Umumnya, pengguna Windows menggunakan software ini untuk mengolah, mengedit, atau memformat sebuah dokumen. Sedangkan halaman baru Word biasanya akan secara otomatis bertambah saat sudah melebihi batas tulisan. Namun, bagi sebagian besar pemula masih belum tahu cara membuat halaman baru di Word ini.

Untuk mengetahui bagaimana cara menambah atau menyisipkan halaman di Word, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Baru di Word

Cara Membuat Halaman Baru di Word
Cara Membuat Halaman Baru di Word

Microsoft Word adalah software pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang biasa digunakan untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen seperti surat, laporan, resume, atau buku. Software ini sangat populer di dunia dan banyak digunakan di berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, pemerintahan, atau individu.

Microsoft Word memiliki banyak fitur dan alat yang berguna untuk mempermudah penggunanya. Beberapa fitur yang tersedia di Microsoft Word, antara lain adalah pengaturan margin, tata letak halaman, penomoran halaman, daftar isi, gaya teks, tabel, grafik, gambar, dan lain sebagainya. Selain itu, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk mengubah format dokumen menjadi PDF, HTML, atau format lainnya sesuai kebutuhan.

Adapun cara membuat halaman baru di Microsoft Word bisa dilakukan dengan 3 metode diantaranya adalah:

1. Melalui Fitur Blank Page

Cara yang pertama kamu bisa menambahkan halaman baru di Word adalah dengan fitur Blank Page. Jika membuat halaman Word dengan fitur ini, maka halaman baru akan mengikuti format halaman sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen Word yang yang ingin dibuat halaman baru.
  • Pilih menu Insert yang ada di bagian atas jendela Microsoft Word.
  • Pada menu Pages, lalu klik Blank Page.
  • Nantinya, akan muncul halaman baru secara otomatis di bawah halaman yang dipilih.
Terkait:  Cara Membuat Cover Highlight Instagram

2. Dengan Fitur Page Break

Cara lain menambahkan halaman di Word adalah melalui fitur Page Break. Fitur ini berbeda dengan Blank Page. Setiap halaman baru yang dibuat dengan fitur Page Break, format halamannya pun akan berbeda atau tidak sama dengan format halaman sebelumnya. Berikut langkah-langkah menambahkan halaman baru di Word menggunakan Page Break:

  • Buka dokumen Word yang ingin halamannya ditambah.
  • Pilih menu Insert.
  • Pada menu Pages, klik opsi Page Break.
  • Nantinya, akan muncul halaman baru secara otomatis di bawah halaman letak tempat kursor.

3. Menggunakan Shortcut pada Keyboard

Cara lain menambahkan halaman baru Word adalah lewat shortcut di keyboard. Cara ini sangatlah mudah. Windows telah membekali berbagai menu shortcut atau pintasan dengan hanya menekan kombinasi tombol di keyboard. Contohnya adalah shortcut  Ctrl + Enter, yakni untuk mengakses fitur Page Break.

Menekan tombol Ctrl + Enter secara bersamaan akan menampilkan halaman Word baru Page Break, bukan Blank Page.

Setelah membuat halaman baru di Microsoft Word, kamu bisa menggunakannya untuk menambahkan teks, gambar, tabel, atau elemen desain lainnya sesuai kebutuhan. Jika ingin menambahkan informasi khusus pada halaman baru, seperti judul, subjudul, atau nomor halaman, kamu dapat mengedit header atau footer dengan menggunakan fitur yang tersedia di Microsoft Word.

Untuk mengedit header atau footer pada halaman baru, klik dua kali pada bagian atas atau bawah halaman tersebut, atau klik tab “Insert” di ribbon dan pilih opsi “Header” atau “Footer“.

Setelah selesai mengedit halaman baru, jangan lupa untuk menyimpan dokumen kamu untuk menghindari kehilangan data.

Itulah beberapa cara membuat halaman baru di Word dengan mudah. Apakah kamu sudah mencobanya?

Terkait:  Cara Membuat SIM Online, Persyaratan dan Biayanya

Related posts