Cara WhatsApp Dark Mode

Cara WhatsApp Dark Mode
WhatsApp Dark Mode

Cara WhatsApp Dark Mode menjadi satu incaran bagi sebagian besar pengguna WA. Sudahkah kamu tau bagaimana cara mengaktifkan WA dark mode? Dan bagaimana cara merubah tampilan wa menjadi mode gelap dengan background hitam?

WhatsApp Dark Mode atau mode gelap whatsapp adalah sebuah fitur baru yang telah diluncurkan WA untuk menjadikan tampilan background menjadi gelap atau hitam pekat dimana hal ini tak akan menjadikan silau pengguna saat malam hari.

Read More

Fitur Dark Mode sendiri sebelumnya telah ada pertama kali pada aplikasi sosial media Instagram. Dimana sejak rilisnya fitur dark mode instagram sangat membawa pengaruh positif yang besar bagi hampir setiap penggunanya.

Dark mode alias juga disebut dengan tema gelap kemudian berhasil diterapkan pada aplikasi Whatsapp, dimana menjadi aplikasi sosmed terpopuler selain Instagram.

Dengan rilisnya fitur tampilan tema gelap whatsapp, menjadikan para pengguna semakin nyaman dalam menggunakannya terlebih pada saat malam hari. Kabar baiknya, WA dark mode tak hanya dapat dinikmati pengguna android saja, namun pengguna iOS juga telah dapat menggunakan fitur dark mode ini.

Untuk lebih mengenal tentang fitur baru tampilan WhatsApp Dark Mode ini, cek beragam kelebihan dan kekurangan WA mode gelap berikut ini.

Kelebihan Whatsapp Dark Mode

  • Tidak membuat mata kita tegang saat menatap layar ponsel di malam hari.
  • Hemat Baterai untuk Smartphone Berlayar OLED
  • Cocok untuk Penderita Fotofobia yang merupakan rasa takut abnormal pada cahaya.
  • Mode Gelap Akan Tampak Keren di Lingkungan dengan Pencahayaan yang Kurang.
  • Tampilan lebih elegan dan kontras.
  • Akan membuat tulisan di ponsel terlihat lebih jelas.
  • Mengurangi cahaya biru smartphone yang sebenarnya berbahaya untuk mata.
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Ceklis 1 di HP Android yang Mudah

Kekurangan WhatsApp Dark Mode

  • Tidak Cocok untuk Semua Orang, yang berarti beberapa orang tak menyukai tema gelap.
  • Jika ada sticker bertulisan warna hitam tidak akan terbaca.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp Dark Mode, apakah kamu siap untuk merobah aplikasi WA di smartphonemu menjadi bertema gelap alias dark mode? Jika sudah siap dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, simak langkah dan metodenya berikut ini.

Cara WhatsApp Dark Mode

Cara WhatsApp Dark Mode
WhatsApp Dark Mode

Whatsapp Dark Mode dapat diaktifkan pada ponsel pintar berbasis android dan iOS, adapun cara mengaktifkan fitur dark mode wa juga terbilang mudah. Baca langkah aktivasi tema gelap di whatsapp berikut secara urut!

Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android

Bagi pengguna ponsel android, cara untuk mengaktifkan wa dark mode sebenarnya mudah dilakukan siapapun. Hanya perlu sedikit waktu untuk download dan mempraktekkan langkah berikut dengan benar.

1. Download dan Install aplikasi Whatsapp Terbaru

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum dapat mengganti tema gelap (dark mode) whatsapp adalah dengan mendownload aplikasi WA versi terbaru lewat Google Play.

Kamu bisa download dan install aplikasi WhatsApp terbaru disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp&hl=in. Atau, bagi yang sudah punya aplikasinya bisa melakukan update/perbarui aplikasi WA yang kamu miliki.

2. Buka aplikasi WhatsApp.

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp (WA) yang kamu miliki di smartphone androidmu.

3. Masuk menu Setting/Setelan

Langkah selanjutnya kamu bisa buka halaman awal WhatsApp yaitu pada menu Chats. Dilanjutkan menekan simbol titik tiga vertikal dipojok kanan atas, lalu tekan Setelan/Setting. 

4. Pilih menu Help/Bantuan

Next setelah itu kamu bisa pilih tombol Help atau Bantuan. Maka kita akan dihadapkan pada beberapa menu lagi. Tekan saja Pusat Bantuan (sub menu paling atas). Lalu akan diarahkan ke website faq.whatsapp.com

Terkait:  Cara Menyadap WA Pasangan di HP Kita

5. Pilih Download WA untuk Android.

Di halaman web faq Whatsapp, kamu bisa scroll ke bawah sampai ketemu menu Unduh/Download. Setelah ketemu maka tekan Unduh/Download » Android.

Lalu muncul peringatan “Please download the latest version of Whatsapp Messenger”. Disini kamu bisa tekan dan tahan tombol DOWNLOAD NOW. Ingat ya, tekan dan tahan. Setelah muncul menu baru silahkah pilih dan tekan Download link. Kemudian ponsel android kamu akan langsung mendownload secara otomatis aplikasi WA android terbaru.

6. Install Whatsapp (WA) Android

Tunggu sebentar hingga aplikasi terunduh/terdownload dengan sukses. Setelah terdownload, kamu bisa Install aplikasi WA yang baru saja didownload/unduh. Tetap tenang lurs, karena semua chats kamu tidak akan hilang.

7. Aktifkan Fitur Dark Mode

Ini langkah terakhir yang paling penting. Setelah terinstall, maka kamu bisa mengaktifkan fitur dark mode WA. Caranya, masuk ke menu Chats kemudian tekan icon titik tiga vertikal dibagian pojok kanan atas. Kemudian dilanjutkan pilih menu Setelan/Setting » Chats » Tema/Theme » Dark/Gelap.

Selesai! Sekarang tampilan WhatsApp android kamu langsung berubah tampilan tema gelap (dark mode). Share pengalamanmu dikolom komentar ya!

Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di iPhone

Bagaimana dengan pengguna iPhone dan smartphone berbasis iOS? Cara mengaktifkan WA dark mode pada iPhone juga terbilang mudah lur. Langkahnya hampir sama dengan cara wa dark mode android diatas, hanya saja pada tahapan ke 5 kamu bisa memilih Unduh/Download » iPhone. Tahap selanjutnya sampai selesai kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti diatas.

Catatan

Langkah dan cara mengaktifkan WhatsApp dark mode diatas hanya dapat dilakukan menggunakan smartphone ya. Belum bisa dipraktekkan melalui komputer/laptop. 😉 

Demikian ulasan tips & trik mengenai cara Whatsapp dark mode untuk android dan iPhone beserta tahapan langkah lengkap. Dijamin berhasil kok! Jika gagal, kamu bisa tuliskan komentar dibawah ya! Setelah berhasil membuat tampilan tema whatsapp jadi gelap, kamu boleh bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu! Okkeeeyy?? 😉

Related posts

Leave a Reply