Cara Melamar di Jobstreet: 4 Langkah Termudah!!

Cara Melamar di Jobstreet
Melamar di Jobstreet

Jobstreet merupakan platform digital berbentuk web dan aplikasi yang memberikan informasi lowongan kerja. Kamu harus tahu cara melamar di Jobstreet jika ingin mendapatkan pekerjaan sesuai keterampilan. Di portal tersebut ada berbagai jenis perusahaan. 

Untuk melamar pekerjaan lewat Jobstreet sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup buat akun dulu, lalu mencari bidang kerja yang dikuasai. Jumlah lowongan yang tersedia pun sangat banyak. Agar lebih jelas simak panduan berikut:

Read More

Cara Melamar di Jobstreet

Cara Melamar di Jobstreet
Melamar di Jobstreet

1. Buat Akun di Jobstreet

Langkah pertama dari cara melamar di Jobstreet yaitu membuat akun. Pendaftaran ini gratis dan tidak perlu bayar apa pun. Bahkan dengan CV yang ada di satu akun akan disebar oleh Jobstreet ke berbagai perusahaan. 

Kamu bisa buat akun lewat Jobstreet versi website maupun aplikasi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Jika mengakses melalui web, buka alamat www.jobstreet.com.
  • Pada halaman awal diminta untuk menentukan negara tempat mencari kerja. Ada lima pilihan yakni Indonesia, Vietnam, Singapura, Malaysia, serta Filipina. 
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke halaman Kandidat Masuk. Login dengan Facebook atau daftar manual dengan pilihan Daftar GRATIS Sekarang. 
  • Tahap berikutnya memasukkan nama depan dan belakang, email, berikut kata sandinya. 
  • Klik tombol Mendaftar. 
  • Kalau sudah terdaftar, kembali lagi ke halaman Kandidat Masuk. 
  • Login dengan akun yang baru dibuat. Masukkan alamat email dan password
  • Tekan tombol Masuk. 
Terkait:  Cara Melamar Kerja di Jobstreet: 3 Langkah Solutif Untukmu!

2. Atur Profil dan Resume

Cara melamar di Jobstreet selanjutnya, Kamu harus melengkapi profil yang akan ditampilkan agar dapat dilihat oleh pembuat lowongan. Mengatur profil dengan profesional bisa memperluas peluang diterima oleh perusahaan. Jadi, pastikan informasinya valid dan benar. 

Sebenarnya ada tiga tahapan untuk melengkapi profil. Inilah penjelasannya:

  • Pertama lengkapi Pendidikan Terakhir. Pada bagian ini masukkan nama instansi/universitas, lokasinya, kualifikasi, bidang studi, serta tanggal dan bulan diwisuda. Tekan Simpan & Lanjutkan. 
  • Tahapan kedua isi Pengalaman Kerja Terakhir. Ada tiga opsi, yakni Pengalaman, Lulusan Baru, dan Mahasiswa. Kolom isian yang harus dilengkapi yaitu posisi, nama perusahaan, bidang pekerjaan, industri, jabatan, serta lama bekerja. Tekan Simpan & Lanjutkan. 
  • Terakhir mengisi Keterampilan. Bagian inilah yang wajib dilengkapi supaya bisa diterima. Bersama keterampilan yang dimiliki sertakan pula tingkat kemahirannya, apakah pemula, menengah, ataukah lanjutan. Klik Simpan. 

Selain ketiganya bisa melengkapi pula bahasa yang dikuasai. Jika mampu berkomunikasi dengan selain Bahasa Indonesia, sertakan di dalamnya. Jangan lupa untuk menentukan tingkat kemahiran. 

3. Cari Lowongan Sesuai Profil

Inilah cara melamar di Jobstreet yang paling penting. Setelah profil lengkap, Kamu bisa berburu pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan. Langkah mudah menemukan lowongan yang tepat sebagai berikut:

  • Tekan Cari Lowongan yang terdapat di bar menu atas. 
  • Lalu isi keterangan pada salah satu kolom yang disediakan. Bisa menyeleksi lowongan berdasarkan jabatan dan perusahaan, daerah, serta spesialisasi pekerjaan. 
  • Untuk mempersempit hasil pencarian, terapkan filter khusus. Ada yang ditampilkan berdasarkan gaji, jenis kerja, dan tanggal tayang lowongan di Jobstreet. 

4. Apply Lowongan yang Diminati

Apabila sudah menemukan lowongan yang tepat dan pas kriterianya, Kamu bisa langsung apply. Inilah langkah-langkah mengajukan lamaran ke perusahaan tersebut:

  • Klik lowongan yang Kamu minati. Nantinya akan ditampilkan informasi perusahaan, gaji, deskripsi kerja, hingga kualifikasinya. 
  • Tekan tombol Lamar Sekarang. 
  • Unggah CV dan Surat Lamaran dengan format yang dapat diakses oleh perusahaan tujuan. 
  • Terakhir klik Kirim Lamaran. 
Terkait:  Cara Melamar Grab Online: Mudah dan Pasti Diterima

Pada tahapan ini Kamu sudah berhasil mengajukan lamaran kerja melalui Jobstreet. Pantau bagaimana perkembangannya lewat menu Lamaran Saya. Kalau ada tanda sudah dilihat dan diterima perusahaan, biasanya dihubungi lewat email atau telepon. 

Demikian penjelasan cara melamar di Jobstreet untuk cari kerja sesuai keterampilan dan minat. Platform satu ini memang menyediakan ribuan lowongan dari berbagai perusahaan. Apalagi cara mengajukan lamaran sangat mudah.

Related posts