Cara Melamar Kerja di Shopee: 11 Langkah Anti Gagal!

Cara Melamar Kerja di Shopee
Cara Melamar Kerja di Shopee

Bekerja di perusahaan besar dan terkenal tentunya jadi impian banyak orang, seperti di e-commerce Shopee. Tapi belum banyak yang tahu bagaimana cara melamar kerja di Shopee. Padahal, proses rekrutmennya dilakukan secara online

Sistem rekrutmen tersebut membuat semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi tim Shopee. Tentunya dengan memenuhi kualifikasi dan persyaratan sesuai dengan posisi yang dicari. Apabila tertarik bekerja di Shopee, lihat penjelasan berikut:

Read More

Dokumen yang Diperlukan Melamar Kerja di Shopee

Berbeda dengan perusahaan lainnya, ternyata persyaratan untuk ikut rekrutmen di Shopee itu sangat mudah. Hanya ada dua dokumen yang harus disertakan dalam form lamaran. Kedua dokumen tersebut adalah transkrip nilai dan resume atau Curriculum Vitae

Karena dilakukan secara online, maka Kamu harus memindai dokumen tersebut. Jika mengambil foto, pastikan hasilnya jelas dengan kualifikasi tinggi. Hanya ada tiga format yang diterima oleh sistem, yakni doc, docx, serta PDF. 

Selain ketentuan format, perhatikan pula ukurannya. Kamu hanya dapat mengunggah berkas yang ukurannya tidak lebih dari 2 MB. Kalau persyaratan sudah disiapkan, bisa mulai untuk mengajukan lamaran di sistem Shopee. 

Cara Melamar Kerja di Shopee

Cara Melamar Kerja di Shopee
Cara Melamar Kerja di Shopee

E-commerce Shopee ternyata memiliki sistem rekrutmen online sendiri yang dinamai dengan Shopee Karir. Di halaman tersebut Kamu bisa menemukan banyak lowongan dari berbagai kantor cabang. Bukan hanya yang ada di Indonesia, tapi juga negara lain, seperti Cina dan Brasil. 

Cara melamar kerja di Shopee pun sangat mudah. Kamu dapat menggunakan ponsel maupun laptop untuk mengakses halaman rekrutmen. Berikut dijelaskan langkah-langkah mengajukan lamarannya:

  • Lihat lowongan yang ada dengan mengunjungi careers.shopee.co.id/jobs.
  • Terapkan filter untuk mempersempit hasil pencarian. Ada tiga filter yang dapat digunakan, yakni Departemen (divisi perusahaan), Level (tingkat profesionalitas), dan lokasi. 
  • Tekan opsi FILTER untuk menerapkannya. 
  • Cara lain yang dapat dicoba yaitu mencari lowongan dengan langsung memilih lokasinya. Scroll layar dan pilih salah satu lokasi. Contohnya Indonesia (Jakarta) atau kota lainnya. 
  • Lihat daftar lowongan yang disediakan. Kamu dapat menimbang dulu mana pekerjaan yang sesuai dengan melihat posisi, lokasi, departemen dan levelnya. 
  • Jika sudah menemukannya, klik lowongan tersebut. Nantinya akan ditampilkan informasi lengkap, seperti kriteria dan job description. 
  • Apabila merasa pas dengan posisi tersebut, tekan tombol APPLY NOW atau KIRIM LAMARAN.
  • Setelah itu Kamu akan diminta untuk melengkapi formulir. Pastikan semua kolom terisi, mulai dari nama depan dan belakang, email, negara, pendidikan, hingga nilai IPK.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengunggah dua dokumen yang sudah dipersiapkan, yakni CV dan transkrip nilai.
  • Pastikan mencentang bagian Syarat dan Ketentuan. 
  • Terakhir, klik tombol KIRIM
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online

Sangat mudah bukan cara melamar kerja di Shopee? Tapi itu masih tahapan awal, yang merupakan seleksi administrasi. Kamu harus tunggu informasi selanjutnya dari perusahaan tujuan. Biasanya konfirmasi dilakukan melalui email. 

Email tanggapan dari perusahaan merupakan tahapan untuk mengikuti interview singkat. Pertanyaannya sangat umum seperti yang diterapkan di perusahaan lain. Contohnya seperti alasan melamar kerja di Shopee. 

Apabila interview awal lolos, Kamu diminta untuk melakukan tes skill dan psikotes. Selanjutnya akan ada juga wawancara dengan pihak HRD. Tiga hari setelah proses tersebut, biasanya dihubungi lagi apabila diterima guna melakukan tanda tangan kontrak. 

Tips Melamar Kerja di Shopee Agar Diterima

Cara mengajukan lamaran kerja di Shopee memang mudah. Namun persaingannya juga banyak. Agar diterima, Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut:

  • Persiapkan CV sebaik mungkin. 
  • Pahami posisi dan deskripsi kerja.
  • Berpenampilan rapi ketika menghadiri sesi wawancara. 
  • Mengajukan pertanyaan yang relevan kepada pewawancara. 
  • Melakukan follow up setelah interview

Itulah cara melamar kerja di Shopee dengan langkah-langkah yang mudah. Rekrutmen online tersebut dipastikan gratis. Jadi, jangan sampai tertipu ketika ada yang meminta tambahan biaya.

Related posts