Cara Slowmo di TikTok

Cara Slowmo di TikTok: 2 Metode Bikin Video Estetik!

Tren video slow motion saat ini semakin populer di aplikasi TikTok. Kamu juga dapat mencoba cara slowmo di TikTok untuk mendapatkan kesan video yang didramatisir. Tanpa harus susah-susah editing, video sudah bisa dihasilkan dalam waktu cepat. 

Tapi masih saja banyak yang belum tahu bagaimana membuat efek slow motion tersebut. Bahkan dianggap sulit jika tidak memiliki kemampuan dasar edit video. Karena itulah,  Kamu dapat membuatnya sendiri dengan praktis di aplikasi TikTok. Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya. 

Cara Slowmo di TikTok

Cara Slowmo di TikTok
Cara Slowmo di TikTok

Ada dua menu yang dapat digunakan untuk membuat efek slow motion atau gerakan lambat di TikTok. Kamu bisa menggunakan menu Efek ataupun Kecepatan. Mana yang lebih mudah dari kedua opsi tersebut? Lihat penjelasannya berikut. 

Cara Slow Motion di TikTok dengan Menu Kecepatan

Kamu dapat menciptakan video gerak lambat yang dramatis dengan menggunakan menu Kecepatan di aplikasi TikTok. Sebenarnya caranya sangat mudah. Hanya saja kekurangan dari menu ini hanya dapat Kamu akses saat ambil langsung video. 

Dengan membuat slowmo dari speed tool ini Kamu bisa atur kecepatannya berdasarkan beberapa opsi yang disediakan. Makin sedikit nilai kecepatan, maka gerakan video juga makin lambat. Cara slowmo di TikTok dengan Kecepatan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok yang sebelumnya sudah login ke akun sendiri. 
  • Kemudian tekan ikon plus (+) yang ada di bawah. Ini fungsinya untuk menumbuhkan kamera dan ambil video. 
  • Setelah terbuka halaman baru, jangan langsung mengambil video. Tapi pilih dulu menu Kecepatan yang ada kanan layar. 
  • Kamu dapat memilih salah satu tingkat kecepatan yang ditampilkan. Untuk membuat efek slowmo, sebaiknya pilih 0,3x atau £0,5x.
  • Selanjutnya dapat merekam video dengan menekan shutter di tengah. Perlu diingat bahwa di sini tidak bisa menambahkan video baru. 
  • Klik centang merah untuk konfirmasi kalau video sudah jadi. Berikutnya Kamu dapat melakukan editing sebelum mengunggahnya ke TikTok. 
Terkait:  Cara Menggunakan TikTok

Cara Slow Motion di TikTok dengan Menu Efek

Menu lain yang bisa Kamu coba untuk menciptakan video gerak lambat estetik adalah Efek. Cara slowmo di TikTok yang satu ini mungkin lebih banyak digunakan. Karena selain merekam video langsung, Kamu pun dapat menambahkan file dari galeri perangkat. 

Kalau secara teknik sebenarnya tidak jauh beda ketika membuat slow motion dari menu Kecepatan. Hanya saja beda letak menu dan sedikit tambahan opsi. Inilah cara membuat video gerak lambat dengan cara ini:

  • Buka aplikasi TikTok. 
  • Untuk merekam video langsung, pilih ikon tambah yang ada di bawah. Kamu juga dapat memasukkan rekaman sudah jadi yang diambil dari galeri. 
  • Selanjutnya pilih durasi dari akhir video. Ada pilihan tiga menit, 60 detik, dan 15 detik. 
  • Tekan tanda bulat merah untuk mulai merekam. 
  • Jika sudah selesai, klik ikon centang merah di kanan bawah. 
  • Tambah efek slow motion dengan memilih opsi Efek di deretan menu samping kanan. 
  • Kemudian pilih efek Slow-Mo atau Gerak Lambat. 
  • Atur bagian yang ingin di-slowmo dengan menggeser garis pada durasi yang dikehendaki. 
  • Terakhir klik Simpan

Kekurangan Membuat Slow Motion di TikTok

Dua cara di atas memang mudah. Tanpa skill editing sekalipun Kamu bisa membuat video slowmo yang lebih didramatisir. Tapi sayangnya, di aplikasi ini tidak dapat mengatur kecepatannya sendiri. 

Kalau memiliki skill editing mungkin lebih memilih aplikasi lain. Apalagi dalam membuat efek gerak lambat itu disesuaikan dengan bit musik. Kalau tidak sama, hasilnya kurang maksimal. Sebab itulah banyak yang menggunakan aplikasi pendukung, seperti Capcut dan Video FX. 

Itulah cara slowmo di TikTok yang dapat dicoba. Kamu bisa membuat video yang didramatisir dengan cara yang mudah. Namun jika ingin menyesuaikan dengan bit musik, bisa mengeditnya juga pada aplikasi lain. 

Terkait:  Cara Pesan Barang di Tiktok

Similar Posts