Cara Menghemat Baterai iPhone: 6 Trik Tambah Daya

Cara Menghemat Baterai iPhone
Cara Menghemat Baterai iPhone

iPhone dikenal sebagai smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi. Tapi tetap saja, karena penggunaan terus menerus membuat daya baterai cepat berkurang. Berikut ini ada beberapa cara menghemat baterai iPhone bagi Kamu yang sering beraktivitas menggunakan HP. 

Salah satu penyebab mengapa baterai cepat habis adalah kerja HP yang terlalu diforsir. Sedangkan di lain sisi Kamu sebagai pengguna tidak paham bahwa di iPhone ada fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memperpanjang daya baterai. Berikut ini beberapa cara yang harus Kamu lakukan:

Read More

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone
Cara Menghemat Baterai iPhone

1. Mematikan Notifikasi Layar

Percaya atau tidak, notifikasi yang muncul pada layar itu bisa mengurangi masa pemakaian baterai. Apalagi jika jumlah notifikasi tersebut banyak dan terus-menerus. Biasanya ini terjadi apabila Kamu sering terima pekerjaan dari HP.

Jika itu yang menyebabkan baterai cepat terkuras, solusinya adalah mematikan notifikasi layar atau hanya menguranginya untuk yang penting saja. Caranya sebagai berikut:

  • Buka menu Setting yang ada di iPhone. 
  • Kemudian masuk ke opsi Notifikasi
  • Berikutnya pilih notifikasi dari aplikasi apa yang tidak penting dan bisa dimatikan. 

2. Mengatur Kecerahan Layar

Layar yang terlalu cerah pun bisa jadi sebab daya cepat habis. Terlebih lagi kalau Kamu suka menggunakan kecerahan otomatis karena bisa menyesuaikan dengan lingkungan. Padahal itu yang jadi salah satu pemicu baterai mudah sekali low

Terkait:  Cara Keluar dari Arsip Whatsapp Update Bergambar!

Sebaiknya atur kecerahan secara manual di control panel. Kemudian usap layar ke bawah dan atur seberapa tingkat kecerahan yang nyaman di mata. Selain itu, matikan pula fitur auto brightness dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Setting
  • Lalu pilih menu Umum
  • Selanjutnya tap opsi Aksesibilitas
  • Buka Akomodasi Layar dan nonaktifkan fitur kecerahan otomatis. 

3. Menonaktifkan Background App Refresh

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah menonaktifkan background app refresh. Aplikasi yang berjalan di belakang layar itu mengonsumsi banyak daya, meskipun tidak digunakan. Kamu bisa lihat pada bagian activity, mana aplikasi yang menguras baterai. 

Kamu harus menonaktifkan pula background app refresh agar lebih hemat. Caranya seperti ini:

  • Buka menu Setting, lalu Umum
  • Kemudian pilih opsi General
  • Langkah selanjutnya geser panel di menu Background App Refresh menjadi off

4. Menghindari Penggunaan di Suhu Tinggi

Mungkin Kamu belum tahu mengenai hal ini. Bahwa menggunakan HP di suhu ekstrem itu bisa mengurangi daya tahan baterai. Pada kondisi tersebut sistem HP tidak dapat bekerja secara maksimal. 

iPhone itu sudah di-setting untuk digunakan pada suhu normal, antara 16—22 derajat celcius. Berdasarkan panduan, hindari pemakaian ponsel pada suhu 32 derajat ke atas. Selain menjaga ketahanan baterai, juga membuat sistem bekerja dengan baik. 

5. Mengaktifkan Fitur Low Power Mode

Cara menghemat baterai iPhone kelima yaitu mengaktifkan fitur hemat baterai. Ketika diaktifkan, berarti Kamu menggunakan HP dalam mode daya rendah. Cocok sekali jika seluruh aktivitas bertumpu pada ponsel. Inilah cara mengaktifkannya:

  • Buka Setting
  • Selanjutnya masuk ke opsi Baterai
  • Cari fitur Low Power Mode dan geser toggle untuk mengaktifkannya. 
Terkait:  Cara Bersihkan Cache di iPhone Agar Tidak Lemot

6. Mengaktifkan Mode Pesawat

Kamu pasti bertanya, kalau mode pesawat diaktifkan berarti tidak bisa lagi akses internet? Memang benar demikian. Tapi cara ini hanya Kamu terapkan saat ada di lokasi yang akses jaringannya susah. 

Saat berada di tempat yang susah sinyal, ponsel akan bekerja lebih keras untuk menangkap jaringan agar stabil. Kinerja berlebihan itulah yang buat baterai cepat habis. Kamu bisa mengaktifkan airplane mode dari pusat kontrol, lalu tekan ikon pesawat. 

Itulah 6 cara menghemat baterai iPhone yang harus Kamu lakukan. Jika banyak aktivitas yang menggunakan ponsel, pasti mengonsumsi banyak daya. Karenanya Kamu perlu menerapkan cara-cara di atas. 

Related posts