Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis: Simak 6 Tips Berikut!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah informasi yang sering dicari. Terutama mahasiswa baru yang ingin mendapatkan keringanan biaya atau bahkan tidak perlu membayar sama sekali. Karena dengan menerima beasiswa, bisa fokus dalam menempuh studi. 

Sebenarnya ada banyak jalan untuk mendapatkan beasiswa. Tapi masih ada yang belum tahu dan bingung apa yang harus dilakukan pertama kali. Berikut ini diterangkan cara-cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah secara gratis:

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

1. Memiliki Riwayat Prestasi

Cara yang pertama adalah menjadi mahasiswa berprestasi. Peluang besar dimiliki oleh siapa saja yang mempunyai prestasi di bidang tertentu. Biasanya tidak hanya dinilai saat menjadi mahasiswa saja, tapi juga di tahun-tahun saat masih sekolah. 

Pada berbagai perguruan tinggi, memiliki prestasi bisa dijadikan syarat utama. Jika Kamu ingin mendaftar wajib menunjukkan buktinya, baik berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Contohnya saja beasiswa penuh yang diberikan kepada para atlet pemenang kompetisi tertentu. 

2. Mendapatkan Beasiswa dengan Memenangkan Lomba

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis berikutnya adalah memenangkan lomba saat berada di kampus. Memang peluang yang besar dimiliki oleh orang-orang pandai. Sebab tidak perlu usaha lain, dapat mengajukan permohonan beasiswa. 

Dalam bidang akademik, Kamu bisa ikut lomba yang sesuai dengan program studi. Jika berhasil memenangkannya, tentunya akan jadi nilai tambah. Jadi, terus cari passion dan skill-mu, lalu kembangkan agar dapat memenangkan banyak lomba. 

3. Memenuhi Persyaratan Kualifikasi

Percuma saja kalau punya prestasi dan sering menang lomba, tapi tidak memenuhi kriteria. Pihak kampus maupun penyedia beasiswa pastinya menerbitkan persyaratan dan ketentuan. Perhatikan baik-baik syarat tersebut sebelum mengajukan beasiswa. 

Terkait:  Cara Mendapatkan Uang dari Island King, Gampang Banget!

Persyaratan paling umum di semua jenis beasiswa yaitu tidak sedang mendapatkan program dari pihak lain. Misalkan sudah mendapatkan beasiswa dari yayasan A, maka tidak boleh mendaftar di program lain. Satu mahasiswa hanya boleh terima satu beasiswa saja. 

Selain itu, penuhi juga persyaratan administrasi yang diberikan. Setiap penyedia punya syarat beda. Tapi secara umum, lengkapi dokumen berikut ini:

  • Transkrip nilai. 
  • Ijazah. 
  • Surat Kelakuan Baik. 
  • LoA. 
  • KTP. 
  • SKCK. 
  • Employment Recommended. 
  • Rekomendasi dari akademik. 
  • Character Reference

Dokumen tersebut harus mampu dibuktikan keabsahannya. Karena itulah, biasanya disyaratkan untuk dilegalisir terlebih dahulu. Berikutnya pun Kamu wajib mengikuti interview

4. Mencari Beasiswa LPDD

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis lain yang bisa Kamu coba adalah mencari program dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Program ini diinisiasi oleh pemerintah dan berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Karenanya dapat diajukan oleh siapa saja. 

Dengan beasiswa LPDD, Kamu tidak hanya mendapatkan biaya kuliah saja. Tapi juga uang saku untuk para awardee setiap bulannya. Mahasiswa yang bisa menerima beasiswa ini dari semua jenjang studi, mulai dari S1, S2, S3, serta profesi. 

5. Mencari Bidikmisi

Program beasiswa lain yang dapat Kamu cari di perguruan tinggi adalah bidikmisi. Jadi, fasilitas ini dikhususkan kepada mahasiswa pada tingkat prasejahtera. Biasanya juga ada persyaratan yang menunjukkan layak menerima beasiswa. 

Bidikmisi diberikan selama 8 semester, atau sampai akhir masa kuliah. Karena itulah, jika Kamu mendapatkan bidikmisi akan lebih fokus studi. Tanggungan yang diberikan selain biaya kuliah adalah biaya hidup yang dijamin pemerintah. 

6. Mendapatkan Beasiswa dengan Mendaftar KIP Kuliah

Cara terakhir agar mendapatkan beasiswa selama kuliah yaitu mendaftar KIP. Program Kartu Indonesia Pintar bagi jenjang perguruan tinggi ini merupakan bantuan dari pemerintah kepada ekonomi kurang mampu. Tujuannya supaya tetap semua bisa melanjutkan pendidikan. KIP diberikan kepada yang masuk ke PTN maupun PTS. 

Terkait:  9 Cara Dapat Pulsa Gratis Telkomsel yang Mudah 💝

Itulah cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Ada banyak program beasiswa yang bisa dipilih. Kamu tinggal menyesuaikan dan memenuhi persyaratannya. 

Related posts