Cara Agar Online di WhatsApp Tidak Terlihat: 7 Tips Jaga Privasi

Cara Agar Online di WhatsApp Tidak Terlihat
Cara Agar Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Kelihatan selalu online bisa saja membuatmu merasa dipantau orang lain. Terlebih lagi orang-orang yang suka mengirimu chat tidak penting saat ada tanda-tanda WA aktif. Berikut akan dijelaskan beberapa cara agar online di WhatsApp tidak terlihat dan ada yang tanpa aplikasi. 

Menyembunyikan status online di WhatsApp bisa jadi pilihan jika Kamu ingin lebih privasi. Kamu pun dapat tetap chatting seperti biasanya, tapi orang lain mengira kalau WA offline. Ini juga menjadi cara mengelabui yang tepat bagi orang asing. 

Read More

Beberapa cara yang bisa Kamu coba agar tidak terlihat online yaitu tidak membalas chat langsung di aplikasi dan mengatur ulang preferensi. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi mod jika memang diperlukan. Lihat penjelasannya di bawah. 

Cara Agar Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Cara Agar Online di WhatsApp Tidak Terlihat
Cara Agar Online di WhatsApp Tidak Terlihat

1. Membalas Chat Via Panel Notifikasi

Cara pertama yaitu membalas chat lewat notifikasi yang muncul pada kontrol panel. Kamu tidak perlu membuka WhatsApp. Karena dengan cara ini otomatis tidak akan terdeteksi sedang online, walaupun Kamu bisa membaca dan membalas pesan tersebut. 

Tips ini juga bisa Kamu lakukan jika hanya perlu dengan pesan penting saja. Artinya, balas chat yang memang diperlukan, sedangkan untuk lainnya bisa diabaikan. Sangat tepat untuk menghindari stalker yang suka memantau kapan online WhatsApp. 

Tapi syarat untuk mencoba cara ini yaitu sudah mengaktifkan pop up notifikasi di pengaturan dulu. Karena percuma jika belum diaktifkan, chat masuk tidak akan muncul pada panel kontrol. Membalas WA tanpa membukanya di HP android sebagai berikut:

  • Buka panel notifikasi, biasanya dengan mengusap layar dari atas ke bawah. 
  • Selanjutnya pilih chat yang hendak Kamu balas. 
  • Tekan dropdown menu yang ada di samping pesan tersebut. 
  • Ketuk opsi Balas
  • Tulisan pesan balasan dan tekan Kirim
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Tidak Ada Tulisan Online: 7 Trik Mudah

Sedangkan di iPhone ada sedikit perbedaan untuk balas chat dari panel notifikasi. Berisi ini caranya:

  • Swipe down layar untuk membuka panel notifikasi. 
  • Berikutnya tahan bubble yang memunculkan chat baru. 
  • Tulis pesan di kolom balasan dan kirimkan. 

2. Mengubah Status Terakhir Dilihat

Cara agar online di WhatsApp tidak terlihat selanjutnya yaitu dengan mematikan fitur last seen. Fitur ini menunjukkan kapan Kamu terakhir membuka aplikasi WA lengkap dengan waktunya. Jadi, jika setelah online, lalu menutup aplikasi, orang lain akan tahu lewat last seen di bawah nama kontak. 

Mengubah status terakhir dilihat bisa jadi cara yang efektif agar orang lain tidak tahu kalau Kamu sedang online. Karena dengan begitu tidak bisa memperkirakan kapan membuka WA. Selain itu juga menghilangkan tanda-tanda WhatsApp aktif. 

Kamu dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat terakhir online di WhatsApp. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Lalu pada tab Chat, tekan titik tiga di kanan atas. 
  • Selanjutnya masuk ke menu Setelan
  • Pilih opsi Privasi
  • Kemudian buka fitur Terakhir dilihat & online. 
  • Ubah pengaturan last seen yang awalnya semua orang menjadi Kontak Saya atau Tidak Ada. 

3. Mematikan Status Online

Inilah cara agar online di WhatsApp tidak terlihat yang wajib Kamu lakukan. Agar tidak terdapat tanda-tanda aktif di WA, matikan saja status online. Dengan begitu pengguna lain tidak akan tahu kalau Kamu aktif, meskipun sedang membuka aplikasi dan membalas chat

Pengaturan dari status online diikutkan pada terakhir dilihat. Karenanya terlebih dahulu atur fitur last seen dan buat privasi. Cara mematikan status aktif di WA yaitu:

  • Tekan titik tiga pada halaman awal aplikasi. 
  • Ketuk menu Setelan
  • Berikutnya yaitu masuk ke menu Privasi seperti sebelumnya. 
  • Atur pada menu Terakhir dilihat & online. 
  • Kemudian status online ikutkan pada pengaturan Last Seen. 
Terkait:  Bagaimana Cara Membuat 2 WhatsApp Dalam 1 HP, Mudah Lho!

4. Mematikan Data Seluler

Kamu juga dapat mencoba cara agar online di WhatsApp tidak terlihat yang satu ini. Triknya yaitu membuka WhatsApp saat data seluler sedang dinonaktifkan. Karena tidak ada jaringan internet yang tersambung, otomatis tidak terdeteksi sedang online

Cara ini memang membuatmu seolah-olah tidak pernah online di WA. Tapi jika mengirim chat atau membukanya, tetap akan terlihat centang biru setelah data dinyalakan kembali. Kecuali jika sebelumnya Kamu mematikan juga laporan dibaca. 

Agar Kamu tidak terlihat online, balas pesan dan lihat status yang sudah terbuka pada posisi data internet mati. Jangan khawatir, chat akan tetap terkirim setelah menyambungkan lagi ke data seluler maupun WiFi. Inilah cara untuk menonaktifkan data internet:

  • Buka Pengaturan HP. 
  • Masuk ke opsi SIM Cards & Mobile Network. 
  • Pastikan bagian Mobile Data dalam keadaan off
  • Kamu juga dapat mematikannya secara cepat lewat panel kontrol. 

Selain dengan menonaktifkan data seluler, bisa Kamu atasi juga menyalakan airplane mode. Jadi, sebelum membuka WA aktifkan dulu mode pesawat lewat control panel. Lalu nonaktifkan apabila sudah menutup aplikasi. 

5. Mematikan Centang Biru

Berikutnya cara agar online di WhatsApp tidak terlihat yang juga harus Kamu jajal. Tips ini merupakan cara manipulasi yang paling efektif. Karena saat chat masuk hanya centang dua tanpa berubah biru, pengirimnya pasti mengira Kamu tidak sedang online

Mematikan laporan dibaca harus Kamu lakukan bersamaan dengan last seen dan status online. Ketiganya ini bisa menjaga privasi dan mengelabui pengguna lain yang menjadi stalker. Nomormu pun dikira sudah tidak digunakan lagi. 

Agar orang lain tidak tahu kalau Kamu online dan sudah membaca chat, matikan centang biru di pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian tekan titik tiga di pojok kanan atas yang terdapat di tab Chat
  • Pilih menu Setelan
  • Atur preferensi di fitur Privasi
  • Geser toggle di menu Laporan dibaca ke arah kiri agar tidak aktif lagi. 
Terkait:  Cara Download WhatsApp Terbaru di Android dan iPhone 🧨

Cara ini bukan hanya membuat orang lain tidak bisa lihat Kamu sudah baca pesan. Tapi Kamu juga tidak dapat melihat centang biru di pesan pengguna lain dan laporan siapa yang melihat story. Tapi langkah tersebut dikecualikan pada obrolan grup. 

6. Membiarkan Nomor Tidak Tersimpan

Cara agar online di WhatsApp tidak terlihat keenam yaitu jangan menyimpan nomor seseorang. Misalkan ada pengguna lain yang selalu mengganggumu dan stalking. Lebih baik langsung hapus saja nomornya dari daftar kontak. 

Seperti yang sudah diketahui, sejak tahun 2022 WhatsApp mengeluarkan fitur baru, yang mana menghilangkan keterangan online pada user tidak dikenal. Kalau nomornya tidak Kamu simpan, secara otomatis tidak bisa melihatnya. Meskipun beberapa preferensi tidak di-setting Hanya Kontak. 

7. Menggunakan WA Mod

Berikut ini cara agar online di WhatsApp tidak terlihat yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Sebenarnya tips ini tidak direkomendasikan, sebab aplikasi modifikasi atau mod itu ilegal. Resikonya pada keamanan dan privasi, bahkan bisa-bisa nomormu kena banned

Tapi jika memang sangat diperlukan, bisa menjadi opsi terakhir saja. Karena ada beberapa fitur di WA Mod yang tidak tersedia di WhatsApp original. Di sini Kamu dapat menyembunyikan keterangan mengetik dan membuat last seen palsu, sehingga seperti terus offline

Itulah beberapa cara agar online di WhatsApp tidak terlihat oleh pengguna lain. Kamu bisa mengatur beberapa privasi lewat menu Setelan. Sedangkan untuk penggunaan WA Mod sebaiknya jika memang benar-benar membutuhkan. 

Related posts