Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus (Online & Offline)

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Hangus
Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Hangus

PindahLubang.com – Jika kamu mempunyai nomor HP SimPATI yang sudah mati, cara aktifkan kartu Telkomsel yang hangus perlu diketahui. Pasalnya, nomornya justru masih dapat digunakan asalkan kamu mengaktifkannya lagi dengan benar.

Pengguna Kartu AS atau SimPATI bahkan tidak perlu membuang waktu untuk melakukannya. Sayangnya, sebagian besar masyarakat kerap mengambil alternatif dengan mengganti nomor HP baru. Kamu sebenarnya tidak perlu repot registrasi ulang menggunakan NIK dan nomor KK (Kartu Keluarga) lagi.

Read More

Pengguna Telkomsel cukup mengaktifkan ulang kartu SIM yang sudah lama hangus, baik secara offline maupun online. Kamu tidak perlu repot daftar nomor baru lagi, sehingga semua kontak yang sudah tersimpan masih dapat terhubung dan dihubungi seperti biasa.

Ciri-ciri Kartu Telkomsel yang Hangus

Ada ciri-ciri tertentu yang menandakan bahwa kartu Telkomsel sudah lama hangus. Bagi kamu yang belum tahu informasinya, poin-poin utamanya dapat disimak sebagai berikut:

  • Sinyal HP hilang atau terdapat tanda silang (x) pada jaringan operator Telkomsel.
  • Kartu Telkomsel tidak bisa digunakan untuk melakukan atau menerima panggilan telepon.
  • Kartu SIM tidak terbaca oleh HP.
  • Nomor sudah tidak dapat digunakan untuk menerima atau mengirim SMS.
Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Simpel!

Dampak Tidak Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Jika kamu tidak segera mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus, biasanya nomornya tidak bisa digunakan lagi. Tak hanya itu, semua dapat yang tersimpan akan terhapus secara otomatis mengikuti periode waktu akhir penggunaan nomor tersebut.

Pihak Telkomsel biasanya langsung menghilangkan semua kontak, pesan sampai riwayat panggilan pada kartu yang hangus. Tujuan utamanya agar tidak terjadi penyalahgunaan data, serta mencegah hal-hal lebih fatal lainnya terjadi.

Berapa Lama Kartu Telkomsel yang Hangus Bisa Diaktifkan Lagi?

Kartu Telkomsel yang sudah hangus masih bisa diaktifkan lagi, di mana nomor tersebut biasanya akan diberikan masa tenggang setidaknya 30 hari pasca masa aktif berakhir. Jika masa tenggang habis, kamu tidak dapat menggunakannya untuk SMS atau telepon lho.

Jangan khawatir karena pihak Telkomsel masih memberi masa waktu selama 85 hari sesudah masa tenggang berakhir. Namun, kalau dalam kurun waktu tersebut kamu masih tetap belum mengaktifkannya, kartu Telkomsel sudah tidak dapat diaktifkan lagi dan masuk masa daur ulang.

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Hangus
Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Hangus

Telkomsel merupakan salah satu operator seluler terbaik dan terbesar di Indonesia. Jumlah pengguna aktif yang dimiliki mencapai jutaan orang saat ini. Meski begitu, beberapa dari mereka ternyata belum bahkan tidak mengaktifkan nomor yang sudah hangus.

Jika kamu salah satu orang yang kami maksud, jangan takut karena kartu Telkomsel yang hangus masih dapat digunakan kembali. Kamu bisa mengaktifkannya lewat panggilan telepon, hingga datang ke GraPARI terdekat. Informasinya akan dibahas secara lengkap melalui pembahasan artikel ini.

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus Lewat GraPARI

GraPARI adalah pusat pelayanan pelanggan Telkomsel yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Jika kamu punya kartu yang hangus, maka bisa datang ke sana dengan mengikuti panduan berikut:

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu ATM Mandiri Tanpa ke ATM, Bebas Ribet!

Langkah 1: Siapkan Data Diri

Kamu harus menyiapkan beberapa data diri seperti KTP dan KK. Kedua informasi pribadi tersebut akan dibutuhkan untuk memverifikasi status kepemilikan nomor ponsel yang hangus. Tak hanya itu, bawa juga kartu Telkomsel yang akan diaktifkan kembali.

Langkah 2: Datangi GraPARI Terdekat

Jika semua data diri dan kartu SIM sudah disiapkan, segera kunjungi GraPARI terdekat di wilayahmu. Kamu bisa menemukannya di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Makassar, Medan, hingga Banda Aceh lho.

Langkah 3: Beritahu Petugas untuk Aktivasi Kartu

Jangan lupa memberitahu petugas keamanan bahwa kamu ingin mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus. Mereka biasanya akan mengarahkanmu untuk mengambil nomor antrian, serta mengisi form tertentu sesuai dengan tujuan masing-masing.

Langkah 4: Ikuti Proses Aktivasi Ulang

Kamu akan diarahkan lagi ke petugas layanan konsumen (customer service) Telkomsel untuk mengaktifkan nomor yang hangus. Serahkan KTP dan KK yang sudah disiapkan, sehingga CS dapat memverifikasi untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik kartu Telkomsel tersebut. Pasalnya, proses aktivasinya tidak dapat diwakilkan siapa pun.

Langkah 5: Proses Aktivasi Berhasil

Jika kamu sudah mengikuti petunjuk yang diberikan, CS Telkomsel akan memberitahu bahwa nomor tersebut dapat digunakan kembali. Kamu bisa mengaktifkannya di HP, kemudian cobalah melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS ke keluarga atau kerabat dekat.

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus Lewat Telepon

Pengguna Telkomsel yang ingin mengaktifkan nomornya kembali dapat melakukannya via telepon. Jika ingin tahu lebih lanjut, ikuti panduannya dengan benar dan mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu.
  • Ketik *888*89#.
  • Klik Panggil atau Call.
  • Pada menu pop-up yang muncul di layar, tekan tombol Reaktivasi Kartu.
  • Klik Setuju untuk menyetujui semua ketentuan yang berlaku.
  • Masukkan NIK dan nomor KTP dengan benar.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul SMS notifikasi yang memberitahu bahwa pengajuan aktivasi kartu sedang diproses.
Terkait:  Cara Aktivasi Nomor Telkomsel (5 Metode), Cepat dan Mudah!

Cara Mengaktikan Kartu Telkomsel yang Hangus Lewat Call Center

Kamu bisa menghubungi pusat bantuan (call center) Telkomsel untuk mengaktifkan nomor yang hangus. Selain itu, kamu pun akan dikenakan tarif sebesar Rp.300 per panggilan lho. Simak panduannya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone melalui smartphone kamu.
  • Ketik 0807-181-1811 atau 188.
  • Klik Panggil atau Call.
  • Jika panggilanmu diterima, pastikan sudah menyiapkan NIK dan nomor KTP untuk mempercepat proses aktivasi kartunya.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus Lewat Media Sosial

Bagi kamu yang tidak ingin buang pulsa dan waktu ke GraPARI, nomor Telkomsel yang sudah hangus dapat diaktifkan kembali via media sosial lho. Kamu cukup memiliki akun Instagram atau Twitter, serta mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram atau Twitter di HP kamu terlebih dulu.
  • Cari akun resmi Telkomsel yang terverifikasi (ditandai dengan tanda centang biru).
  • Pada akun Twitter, ketuk opsi Pesan Pribadi atau Direct Message (DM) yang ditandai dengan simbol kotak surat disamping tombol Follow.
  • Pilih menu Kirim Pesan atau Send Message kalau kamu mengajukan aktivasinya di Instagram.
  • Pada halaman DM, ketik Reaktivasi Prepaid.
  • Klik Kirim atau Send.
  • Pihak Telkomsel akan langsung mengirim link atau URL untuk mengirim data seperti foto KTP, nomor KK dan foto kartu SIM fisik yang akan diaktifkan kembali.
  • Terakhir, kamu akan masuk ke daftar antrian video call untuk melakukan proses validasi data kartu Telkomsel tersebut.

Demikian informasi lengkap tentang cara aktifkan kartu Telkomsel yang hangus secara offline dan online dengan benar. Bagi kamu yang ingin mengaktifkan nomor SimPATI atau Kartu AS yang sudah lama mati, segera ikuti panduan kami di atas, agar kartunya bisa digunakan kembali seperti biasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Related posts