Cara Buat GIF WhatsApp

Cara Buat GIF WhatsApp Untuk Menghidupkan Suasana Chatting

Pernahkah Kamu melihat gambar bergerak dalam aplikasi WhatsApp, tapi tidak mengeluarkan suara? Gambar seperti itu dinamakan dengan GIF. Aplikasi WA bisa digunakan kirim GIF untuk menghidupkan suasana chatting. Ternyata, ada cara buat GIF WhatsApp sendiri yang bisa Kamu coba. 

Jika biasanya menggunakan koleksi GIF yang ada dalam aplikasi WA, sekarang Kamu dapat memodifikasi sendiri. Bahkan bisa menambahkan video pribadi yang terdapat di galeri. Jadi, akan lebih ekspresif dan menarik ketika sedang chatting di WhatsApp. 

Kebanyakan GIF yang ada di WhatsApp itu dibuat lucu, sehingga chattingan semakin asyik. Kamu dapat menggunakan karakter seperti hewan maupun potongan adegan dari sebuah film. Daripada penasaran bagaimana cara buatnya, lihat penjelasan berikut ini. 

Apa Itu GIF WhatsApp? 

Tapi sebelum menerangkan cara buat GIF WhatsApp, ada baiknya kenali file satu ini terlebih dahulu. Mungkin Kamu cukup sering menggunakannya saat chatting dengan teman. Namun, tidak tahu sebenarnya bagaimana definisi dari GIF? 

GIF yang dibaca dengan “jif” merupakan singkatan dari Graphical Interchange Format. GIF adalah sebuah format gambar yang ditemukan oleh seorang penulis perangkat lunak di AS bernama Steve Wilhite. Penulis tersebut mencoba mencari cara untuk menganimasikan gambar dan ukuran file terkecil. 

Dikatakan pula, bahwa GIF adalah serangkaian gambar atau video tanpa ada suara yang keluar. Gambar tersebut terus berulang dan tidak perlu diputar dengan menekan tombol “Play.” Jadi, akan bergerak sendiri setelah dikirimkan kepada penerima pesan. 

Dulu GIF paling sering digunakan untuk keperluan desain web, seperti menampilkan grafik dan logo. Selain itu juga lebih populer di berbagai situs, mulai dari Tumblr, Buzzfeed, hingga Reddit. Namun sekarang sudah masuk ke platform komunikasi, seperti WhatsApp. 

Terkait:  Cara Ekspor Chat Whatsapp Terlengkap dan Terupdate!!

Pada awalnya yang menggunakan GIF adalah aplikasi Facebook untuk Messenger di tahun 2015. Setelah itu, mulai digunakan juga dalam WhatsApp saat Facebook mengakuisisi WA. Kamu dapat membuat GIF sendiri dari gambar yang lucu atau diambil dari potongan adegan film. 

Kelebihan dari GIF yaitu dapat menyimpan grafis dengan latar belakang transparan. Kemudian ditampilkan dalam bentuk animasi yang sederhana. Kombinasi warna yang digunakan dalam GIF lebih sedikit dibandingkan dengan JPEG. 

Cara Buat GIF WhatsApp

Cara Buat GIF WhatsApp
Cara Buat GIF WhatsApp

Menggunakan koleksi GIF yang ada di aplikasi WhatsApp mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana kalau ingin membuatnya sendiri dengan mengambil video yang ada di Galeri? Kamu bisa gunakan dua cara berikut ini untuk membuat GIF yang ekspresif dan lucu:

1. Buat GIF WhatsApp dengan Video Sendiri

Apabila Kamu bosan dengan koleksi GIF yang ada di aplikasi WhatsApp, bisa buat sendiri dengan menggunakan video yang ada di Galeri. Cara buat GIF WhatsApp sendiri ternyata sangat mudah. Tidak seperti stiker, ternyata membuat GIF tidak perlu memakai aplikasi tambahan. 

Kamu dapat membuatnya langsung dalam aplikasi WA itu sendiri. Karena itulah, langkah-langkahnya jauh lebih mudah. Selain itu juga tidak akan menggunakan banyak ruang penyimpanan, sebab tidak perlu menginstal aplikasi baru. 

Cara ini bekerja untuk WhatsApp android dan iPhone. Jadi, apa saja perangkatnya tetap bisa membuat GIF yang lucu sesuai suasana hati. Berikut ini cara buat GIF WhatsApp yang dapat Kamu coba:

  • Terlebih dahulu siapkan potongan video yang hendak dibuat GIF. Kamu dapat memakai video yang sedang viral agar suasana chatting di WA lebih seru. 
  • Apabila video sudah siap, buka aplikasi WhatsApp yang Kamu gunakan. 
  • Kemudian cari kontak yang akan dikirimi GIF dan masuk ke chat room. 
  • Jangan langsung menulis pesan baru, tapi ketuk logo attachment atau klip kertas yang ada di samping kolom chat
  • Setelah itu, pilih menu Galeri
  • Kamu dapat cari dan tap video yang sudah disiapkan untuk membuat GIF. Untuk panjang video sebenarnya tidak ada batasan, karena nantinya tetap akan diedit. 
  • Lalu cara buat GIF WhatsApp yang utama adalah menggeser slide video hingga durasi terpendek, sampai muncul ikon GIF. Tempatkan slide tersebut pada bagian video yang diinginkan. 
  • Selanjutnya, tekan ikon GIF yang terdapat di bawah slide tersebut untuk mengubah formatnya. 
  • Kamu bisa menambahkan teks, emoji, stiker, ataupun coretan menggunakan ikon yang terdapat di sisi atas. 
  • Jika sudah selesai dibuat, tekan ikon Kirim dan coba cek hasilnya. 
Terkait:  Cara Buat Link Grup WhatsApp Untuk Mengundang Peserta

Seperti itulah cara membuat GIF dengan video sendiri. Hal pentingnya adalah menentukan panjang video. Buat hanya 2—5 detik saja. Jika terlalu panjang, maka dapat dipotong dengan menggeser slide seperti yang dijelaskan. Selain itu, ubah pula formatnya menjadi GIF. 

2. Buat GIF WhatsApp Menggunakan Gboard (Google Keyboard) 

Beruntunglah Kamu jika memakai Gboard sebagai keyboard utama saat chatting dalam aplikasi WhatsApp. Pasalnya, lewat Gboard itulah Kamu dapat membuat GIF sendiri. Fitur dukungan dalam Gboard tersebut bisa dioptimalkan untuk menghidupkan suasana chat

Tapi jika tidak menggunakan Gboard, dapat men-download-nya dahulu dari Play Store. Kemudian gunakan Google Keyboard sebagai papan ketik utama. Selanjutnya, ikuti vara buat GIF WhatsApp sesuai panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian cari kontak yang akan dikirimi GIF. 
  • Tap kotak untuk menulis pesan yang ada dalam chat room. 
  • Selanjutnya ketuk ikon GIF yang terdapat di bagian atas keyboard
  • Kamu dapat mencari GIF yang diinginkan dengan menuliskan kata kuncinya pada kolom pencarian. 
  • Akan muncul berbagai koleksi GIF yang dimiliki oleh Google Keyboard. 
  • Dari beberapa koleksi tersebut, Kamu juga bisa mengerucutkan hasil sesuai dengan kategori, ada CLAPPING, HIGH FIVE, SLEEPY, WHAT, dan lain-lain. Masing-masing kategori memuat beberapa GIF. 
  • Pilih salah satu GIF yang sesuai dengan suasana chatting
  • Selanjutnya tambahkan elemen lain yang diperlukan. Contohnya seperti simbol, stiker, tulisan tangan, gambar, dan caption
  • Tekan ikon Send untuk mengirimkannya ke tujuan. 

Cara Menambahkan GIF WhatsApp

Selain dua cara buat GIF WhatsApp yang dijelaskan di atas, Kamu juga bisa langsung menambahkan GIF koleksi WA. Walaupun tidak dapat memilih video sendiri, tapi dapat menggunakan koleksi yang banyak dan bervariasi. GIF bisa dijadikan favorit, sehingga lebih mudah ditemukan di kemudian hari. 

Terkait:  Cara Membuat Catatan di HP Oppo

Kamu pun diperbolehkan memilih GIF yang sesuai dengan perasaan. Cara menambahkannya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke chat room. 
  • Kemudian ketuk ikon emoji yang ada di sebelah kiri kolom chat
  • Geser dari emoji ke bagian GIF
  • Setelah itu, klik kaca pembesar di kiri bawah dan masukkan kata kunci GIF yang akan digunakan, misalkan kucing. Nantinya hanya GIF dengan karakter kucing yang ditampilkan. 
  • Pilih salah satu GIF dan tambah keterangan jika diperlukan. 
  • Tekan ikon Send

Manfaat GIF WhatsApp

Kalau di situs web, GIF didesain untuk menampilkan grafis maupun logo. Lantas, apa manfaat GIF di aplikasi WhatsApp? Ternyata file tersebut dimanfaatkan untuk membuat suasana chatting terasa lebih hidup. 

Menggunakan stiker mungkin sudah biasa. Tapi dengan menambahkan GIF, akan lebih menunjukkan ekspresi yang akurat dan sebenarnya. Selain itu, bisa meningkatkan kreativitas dengan memodifikasinya semenarik mungkin. 

Itulah dua cara buat GIF WhatsApp. Kamu dapat menggunakan koleksi dalam Gboard atau mengambil video sendiri. Perhatikan durasi video saat membuat GIF. 

Similar Posts