Home » Uncategorized » Cara Dropship di Shopee

Cara Dropship di Shopee

Bagaimanakah cara dropship di Shopee secara online dan langsung jualan? Simak ulasan berikut ini hingga akhir, maka kamu pasti bisa berjualan sebagai dropshipper dari Shopee ke Shopee atau lain market place.

Shopee adalah salah satu marketplace terkenal di Indonesia. Ada banyak promo menarik yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga membuat Shopee mampu menandingi marketplace lain di Indonesia yang sudah ada sebelumnya, seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lainnya.

Dengan penawaran promo menarik, secara otomatis marketplace yang satu ini layak dijadikan sebagai tempat untuk mengais rezeki.

Di Shopee kita dapat menjual produk apa saja, asalkan tidak melanggar hukum. Selain itu menariknya lagi, kita dapat berjualan di marketplace ini lewat sistem dropship.  lalu, bagaimana cara dropship di Shopee?

Dropship di Shopee itu apa?

Menjadi dropshipper di Shopee, memungkinkan penggunanya untuk membeli barang di Shopee sekaligus menjual kembali produk tersebut atas nama seller lewat fitur Dropshipper yang ditawarkan.

Kemudian produk yang kita beli di Shopee, dikirimkan ke pembeli secara langsung.

Bolehkah dropship dari Shopee ke Shopee?

Memulai usaha dropship dari Shopee ke Shopee sebenarnya bisa saja, namun tidak disarankan. Apalagi memakai RESI otomatis sebab bisa terjadi sistem double entry pada akun Shopee.

Jadi, kamu bisa tanya langsung ke supplier, kemudian lakukan transaksi secara manual. Jika kamu ingin menggunakan RESI otomatis bukan dari pihak supplier.

Sebab kebanyakan supplier memakai RESI otomatis,  jadi kemungkinan kamu tidak dapat melakukan update RESI sebab data RESI sendiri hanya dapat dipakai pada satu toko saja.

Berbeda halnya jika kamu menjual produk di platform e-commerce lain, seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Bagaimana sistem jualan di Shopee?

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk berjualan di Shopee, diantaranya menjadi supplier produk tertentu dengan stok barang yang kamu miliki kemudian di upload di Shopee setelah mendaftar akun Shopee, selain itu kamu juga bisa berjualan menjadi dropshipper di Shopee.

Menjadi dropshipper, yaitu kamu menawarkan barang atau produk ke orang lain di media sosial dengan cara mengambil gambar atau produk di salah satu supplier Shopee.

Selanjutnya jika ada pembeli yang tertarik, kamu cukup mentransfer sejumlah uang ke supplier di Shopee lewat platform marketplace ini.

Selanjutnya, supplier akan mengirimkan produknya secara langsung ke alamat pembeli dengan nama penjual atas nama kamu sendiri.

Cara Dropship di Shopee

Cara Dropship di Shopee

Cara Dropship di Shopee

Cara untuk dropship di Shopee sebenarnya mudah saja dilakukan oleh siapapun, asalkan tau panduan langkah dan tahapan demi tahapannya. Terdapat beberapa poin penting untuk menjadi seorang dropshipper di Shopee yang juga harus diketahui. Untuk lebih lengkapnya, simak panduan lengkap cara dropship di Shopee berikut ini langkah demi langkah.

Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Sebelum mengawali menjadi seorang dropshipper, tentu saja kita harus menyiapkan niat beserta mental yang kuat terlebih dahulu. Baru setelahnya memikirkan produk apa yang akan dijual.

Kita harus dapat memilih dan memilah, menimbang, riset pasar, dan menentukan produk apa yang nantinya kita jual kembali.

Saran kami, jangan mencari produk yang trending atau hits saat ini. Itu hanya akan membuatmu kaya mendadak dalam waktu sementara saja. Namun carilah sebuah produk yang selalu dibutuhkan setiap waktu kapanpun dan dimanapun.

Jadi, kamu akan senantiasa banjir order kapanpun waktunya tanpa harus menunggu saat trending dan populer saja. Karena produk yang kamu jual selalu dibutuhkan tanpa mengenal trending, maka kemungkinan besar pembelimu juga akan melakukan repeat order (membeli lagi) di tokomu.

Cari Supplier (Penyedia Barang)

Setelah kamu berhasil memilih dan tentukan produk yang hendak dijual, langkah selanjutnya adalah dengan mencari supplier.

Apa itu supplier? Supplier adalah pihak penyedia bahan baku untuk menghasilkan produk akhir berupa jasa. Tugas suplier yakni sebagai pemasok bahan baku berupa barang dan jasa.

Selain bertugas sebagai pemasok bahan baku, Supplier juga nantinya yang bertugas mengirimkan barang yang hendak kita jual. Jadi, kita akan diuntungkan menjadi seorang dropshipper karena tak harus repot mengemas dan kirimkan barang yang kita jual.

Dalam istilah lain, kita sebagai dropshipper juga bisa disebut dengan seorang makelar atau pihak ketiga yang menjual ulang produk dari supplier.

Nah, dalam mencari supplier ini juga tidaklah mudah lho. Kita harus bisa mencari supplier yang terpercaya, selain itu juga harus mendapatkan harga terendah. Agar nantinya kita dapat keuntungan yang cukup.

Sebagai catatan, jika kita berjualan di Shopee dengan sistem dropship maka jangan masukkan alamat sendiri ke toko ya. Masukkan saja alamat daerah Supplier berada. Hal ini akan mempengaruhi biaya pengiriman. Misalnya saja, kamu tinggal di Surabaya dan mendapat Supplier dari kota Bandung. Jadi, kamu harus mengisikan alamat tokomu di Bandung agar biaya kirim tetap sama dan tidak terjadi perbedaan.

Buka Toko di Shopee

Setelah menemukan Supplier (Penyedia Barang) yang tepat, maka mulailah untuk membuka toko di Shopee. Bagaimana cara membuat dan membuka toko di Shopee?

1. Buat Akun

Pertama, kita bisa membuat akun Shopee terlebih dahulu. Untuk membuat akun kita bisa klik tombol Daftar di website Shopee.co.id atau di aplikasi Shopee.

Atau, bisa juga klik tombol Login lalu pilih masuk dengan akun Facebook atau Google. Baru setelahnya isikan data diri untuk membuat akun di Shopee.

2. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Setelah kamu membuat akun Shopee, sangat disarankan untuk langsung aktifkan fitur gratis ongkir dari Shopee ya. Team kami juga telah mengulas panduan lengkap di artikel sebelumnya. Jadi untuk dapat mengaktifkan fitur gratis ongkir, baca ulasan cara gratis ongkir di Shopee ya!

3. Masukkan Data Bank

Kemudian, kamu harus melengkapi data diri beserta data bank yang kamu gunakan untuk tokomu di Shopee. Data Bank ini akan berguna untuk pencairan dana saat barang sudah sampai ke tangan pembeli.

4. Isi Alamat Sesuai dengan Alamat Supplier

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kita juga harus mengisikan alamat toko sesuai dengan alamat supplier. Agar tak terjadi selisih untuk ongkos kirim.

Hal ini sangat penting diperhatikan, agar kita nantinya tidak mengalami kerugian yang cukup signifikan.

Mulai Berjualan dan Posting Produk di Shopee

Setelah semuanya siap, tibalah saatnya kita untuk mulai berjualan dan memposting produk kita ke Shopee. Cara memposting produk di Shopee sendiri juga cukup simple dan sederhana kok, kamu bisa gunakan website Shopee.co.id atau aplikasi Shopee untuk posting produk.

Cara Posting Produk di Shopee:

  • Buka browser di PC/Laptop kamu. Disarankan pakai Google Chrome.
  • Kunjungi Shopee Seller Center disini: https://seller.shopee.co.id
  • Login dengan akun Shopee milikmu.
  • Lihat menu samping, pilih dan klik menu Tambah Produk Baru.
  • Isikan Nama Produk beserta Kategori Produk.
  • Klik Lanjut.
  • Isikan Deskripsi Produk selengkap mungkin.
  • Isikan Merk, Motif, Harga, Stok, Variasi (jika ada), Grosir (jika ada), Foto Produk, Ongkos Pengiriman, dan informasi lainnya terkait produk.
  • Terakhir, klik Simpan & Tampilkan.

Dapatkan Orderan Pertama

Produk pertama sudah mulai terposting di toko Shopee milikmu, tunggu dan bersiaplah mendapatkan orderan pertamamu di Shopee.

Bagaimana mengetahui ada pesanan masuk di toko Shopee kamu? Masuk ke Shopee Seller Center, kemudian pilih menu Pesanan Saya. Lihat pada bagian tab menu Perlu Dikirim.

Setelah mengecek semua pesanan, dan ditemukan pesanan yang mulai masuk di toko kamu. Maka selanjutnya kita harus memesankan produk tersebut ke supplier.

Memesan Barang sebagai Dropship di Shopee

Bagaimana cara memesan produk ke supplier dan dikirim atas nama toko kamu sebagai dropshipper? Simak langkah-langkah pemesanan barang sebagai dropshipper di Shopee berikut ini.

  • Kunjungi website Shopee.co.id atau buka aplikasi Shopee di smartphone kamu.
  • Login dengan akun Shopee yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Cari dan temukan produk/barang yang dipesan pembeli di tokomu.
  • Setelah ketemu, klik Beli Sekarang.
  • Pada saat checkout dan masuk ke keranjang belanja, ubah alamat pengiriman dengan alamat pembeli kamu.
  • Klik OK.
  • Jangan lupa berikan tanda centang pada “Kirim sebagai Dropshipper” dan isikan nama tokomu beserta nomor telepon kamu.
  • Scroll dan geser kebawah, pilih metode pembayaran yang akan kamu pakai.
  • Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih.
  • Tunggulah supplier mengemas dan mengirimkan barang untuk pembeli kamu.

Permasalahan yang Sering Dijumpai Saat Dropship dari Shopee ke Shopee

Dalam melakukan dropship dari Shopee ke Shopee, tentu saja tak semulus dan seindah yang kita bayangkan ya. Kamu harus tau, bahwa masih terdapat beberapa permasalahan yang sering kali ditemui ketika kita melakukan dropship dari Shopee ke Shopee. Apa saja?

1. Masalah Resi Otomatis

Masalah pertama, adalah resi pengiriman yang otomatis. Bukankah akan lebih baik menggunakan resi otomatis?

Resi otomatis memanglah berguna untuk memudahkan pelapak yang alhasil jadi meribetkan dan justru mempersulit para dropshipper.

Solusi atas permasalahan seperti ini, adalah dengan bekerjasama dengan pelapak di shopee. Kamu bisa menghubungi supplier kamu dan katakan seperti ini: “Kak, saya ingin taruh produk di shopee dengan fitur gratis ongkir. Nanti kalau saya dapat order, saya akan kasih nomor resi saya ke kakak ya, trimakasih.”

Jadi, langsung saja hubungi supplier untuk mengurus sendiri barangnya. Jangan order di shopee juga ke supplier karena nanti akan menyebabkan resi doubel.

Tapi jika tidak memungkinkan untuk order di luar Shopee, kamu bisa mencoba ganti resi otomatis yang didapat saat ada customer yang order di toko kamu.

Caranya, hubungi customer service shopee yang ada di pusat bantuan untuk mengganti resi otomatis kamu setelah barangnya dikirim oleh supplier.

2. Tak Bisa Input Resi Dua Kali

Permasalahan kedua, resi tidak bisa diinput dua kali. Memang serba merepotkan dan bikin pusing, pakai yang otomatis salah, yang manual juga salah karena tidak bisa input dua kali.

Sistem di market place sekarang ini memanglah tak dapat menginput resi dua kali di situs yang sama.

Jadi saran kami, kamu bisa jualan di Shopee sebagai dropshipper dan membelikan barangnya di lain tempat seperti misalnya dari Tokopedia atau Bukalapak.

Itu saja ulasan dan panduan lengkap bagaimana cara dropship di Shopee dengan beragam tahapan mudah yang bisa dicoba. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu yang belum tau ya bangs. Atau, jika masih bingung bisa tanyakan di form komentar dibawah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *