Home » Menghapus » Cara Hapus Akun Tokopedia

Cara Hapus Akun Tokopedia

Bagaimana cara hapus akun Tokopedia? Tokopedia adalah salah satu situs e-commerce besar yang ada di Indonesia bersaing dengan lazada, Shopee, Bukalapak, JD.ID, dan Blibli demi menggaet transaksi online shopping yang semakin merajai di Indonesia.

Tokopedia sebenaranya telah lama hadir di Indonesia dari tahun 2009 lalu dan saat ini telah menjadi unicorn lewat valuasi bisnis yang mencapai triliyunan dollar. Hingga saat ini,  Tokopedia sendiri menjadi salah satu marketplace di Indonesia yang paling banyak dikunjungi.

Alasan Tokopedia Sangat Populer

Sebagai perusahaan e-commerce, saat ini Tokopedia telah berhasil menghadirkan sebanyak 4 model utama bisnis untuk para pelanggannya. Dimana semua layanan online shop di Tokopedia gratis, sehingga menjadikannya sangat berkembang.

Selain itu, tidak sedikit UMKM yang terbantu dengan kehadiran Tokopedia, terlebih bagi para pelaku usaha Dropshipper yang sangat mudah.

Jenis-Jenis Bisnis Tokopedia

Umumnya Tokopedia sendiri menawarkan berbagai macam jenis bisnis, diantaranya sebagai berikut :

  1. C2C (Customer to Customer)
    Usaha Tokopedia dari awal ialah marketplace. Situs e-commerce ini menawarkan platform usaha C2C yang mempertemukan antara pembeli dan penjual secara gratis.
  2. Penyedia Produk-Produk Digital
    Tokopedia menyediakan berbagai produk digital, mulai dari berbagai macam pembayaran cicilan, pembayaran BPJS, pulsa, tagihan telepon dan internet, tiket online, tv berlangganan, kartu kredit, voucher game, tiket online dan lain sebagainya.
  3. Mitra Tokopedia
    Pada tahun 2018 sendiri, Tokopedia sukses menghadirkan branch bisnis yang disebut aplikasi Mitra Tokopedia. Aplikasiini dibuat bagi para pemilik usaha kecil dan warung agar lebih mudah menjual produk-produk digital dari Tokopedia, mulai dari sistem pembayaran online, jualan pulsa, pembayaran kredit, paket data, dan lain sebagainya.

Cara Hapus Akun Tokopedia

Cara Hapus Akun Tokopedia

Hapus Akun Tokopedia

Dengan banyaknya layanan akun Tokopedia, ternyata ada sebagian orang terpaksa harus menghapus akun Tokopedia. Mungkin ada beberapa alasan kenapa harus mencari cara hapus akun Tokopedia, diantaranya memiliki banyak akun marketplace dan jejaring sosial, ingin mengganti akun, dan sudah tidak lagi menjadi dropshipper di Tokopedia.

Ada beberapa langkah cara untuk menghapus akun Tokopedia, baik sementara maupun permanen. Berikut tutorial caranya!

Hapus Akun Tokopedia Lewat Aplikasi

Metode pertama, cara hapus akun Tokopedia bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone android maupun iPhone. Bagi kamu pengguna aplikasi Tokopedia yang ingin menghapus akun Tokopedia, bisa simak dan ikuti panduan langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Hidupkan Ponsel dan Buka Kunci Layar

Langkah awal tentunya kita harus menghidupkan ponsel untuk mulai menggunakannya. Juga, jangan lupa untuk membuka kunci layar dengan sidik jari atau kunci pola atau kata sandi PIN.

Langkah 2: Buka dan Jalankan Aplikasi Tokopedia

Setelah ponsel dinyalakan dan dipastikan kunci layar sudah dibuka, saatnya kita mulai prosesnya. Buka dan jalankan aplikasi Tokopedia yang sudah terinstall di ponsel android atau iPhone milikmu.

Langkah 3: Login ke Tokopedia

Setelah aplikasi Tokopedia terbuka, kamu bisa Login atau Masuk ke akun Tokopedia milikmu. Untuk login, kamu bisa pakai beberapa pilihan metode seperti yang sudah tersedia. Kamu bisa Login menggunakan nomor ponsel, email + password, atau bisa pakai Google atau Facebook untuk langsung connect/terhubung.

Langkah 4: Masuk ke Tab Menu Akun

Selanjutnya, kamu bisa langsung pilih dan tekan tab menu Akun di bagian pojok kanan bawah (sesuaikan saja letaknya dengan aplikasi Tokopedia paling baru).

Langkah 5: Masuk ke Menu Toko

Lalu, akan tampil beragam menu pilihan dengan kegunaannya masing-masing. Pilih saja menu Toko. Dibagian Atur Toko, pilih dan tekan Informasi.

Langkah 6: Hapus Akun Tokopedia

Setelah masuk di menu Informasi, akan muncul nama toko kamu dan info lainnya. Nah, untuk menghapus akun Tokopedia, kamu bisa melakukan penutupan toko yang telah kamu buat. Caranya, tekan Atur pada Status Toko. Lalu setelah muncul menu baru, pilih Tutup Toko Sekarang.

Next kamu bisa atur jadwal tutup toko sesuai keinginanmu. Jika tidak ingin memakai akun itu lagi, kamu bisa pilih Tanggal Berakhir hingga 2-3 tahun kedepan.

Setelah memilih tanggal berakhir toko tutup, isikan alasanmu menghapus akun Tokopedia di bagian Catatan. Jika bingung pakai alasan, kamu bisa tuliskan “Saya sudah tidak ingin menggunakan akun ini lagi”.

Jika semuanya sudah selesai dilakukan, kamu bisa langsung tekan Simpan di pojok kanan atas.

Langkah 7: Akun Tokopedia Berhasil Dihapus/Dinonaktifkan

Langkah terakhir, kamu berhasil menonaktifkan Toko di akun Tokopedia. Sehingga, akun Tokopedia milikmu telah sukses dihapus sementara dan kamu masih tetap dapat login sewaktu-waktu diinginkan.

Hapus Akun Tokopedia Lewat Website

Metode berikutnya, cara hapus akun Tokopedia bisa dilakukan melalui website official Tokopedia. Untuk melanjutkan prosesnya kamu bisa pakai browser di smartphone maupun PC/Laptop. Jika ingin lebih jelas, simak dan ikuti panduan langkah-langkah lengkapnya berikut ini.

  • Buka browser di PC/Laptop atau browser di smartphone.
  • Kunjungi website Tokopedia.com melalui browser perangkatmu.
  • Login atau Masuk ke akun Tokopedia kamu. Untuk login, kamu bisa pakai nomor handphone, email, akun Google maupun Facebook. Tentu saja dibarengi dengan password untuk masuk.
  • Setelah berhasil Login ke akun Tokopedia, klik icon foto Profil di pojok kanan atas lalu pilih Pengaturan. Atau, bisa langsung kunjungi https://seller.tokopedia.com/home
  • Di tab menu samping kiri terdapat banyak menu, pilih dan klik saja Pengaturan Toko.
  • Scroll ke bawah hingga ketemu bagian Status. Setelah ketemu, klik Tutup Toko.
  • Atur jadwal tutup toko mulai tanggal berapa Sampai Tanggal berapa. Tentukan sesuai kebutuhanmu. Jika ingin dimulai tutup mulai hari ini, klik centang Tutup Sekarang.
  • Isikan Catatan dengan alasan kamu menutup Toko di Tokopedia.
  • Langkah akhir, kamu bisa klik tombol Simpan.

Menghubungi Kontak Tokopedia

Metode selanjutnya, terkhusus yang sedang mencari cara hapus akun Tokopedia secara permanen adalah dengan menghubungi kontak Tokopedia.

Perlu diketahui, bahwa untuk hapus akun Tokopedia permanen dibutuhkan upaya yang teramat tinggi. Sehingga, hingga saat ini belum ada yang menemukan caranya.

Kabar baiknya, Tokopedia memberikan fitur untuk menutup Toko secara permanen. Sehingga dapat dipastikan keamanan transaksinya di Tokopedia sangat terjamin. Jika mungkin terjadi penipuan pun mudah sekali untuk dilakukan pelacakan, baik untuk penipuan, ataupun saat mengecek resi saat berbelanja di Tokopedia.

Lalu, bisakah akun Tokopedia dihapus permanen? Hingga saat ini, Tokopedia belum sediakan fitur penghapusan akun. Sebagai solusinya, kamu bisa menghubungi customer service Tokopedia yang telah disediakan.

Bagaimana cara menghubungi pusat bantuan Tokopedia? Kamu bisa langsung kunjungi https://www.tokopedia.com/help untuk menemukan segala informasi terkait akun Tokopedia miliikmu.

Cara Hapus Produk di Tokopedia

Jikalau diperlukan, kami juga sediakan panduan cara hapus produk di Tokopedia. Sehingga, kamu harus ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Via Aplikasi

  • Buka dan jalankan aplikasi Tokopedia
  • Login ke akun Tokopedia kamu.
  • Klik menu Akun di pojok kanan bawah.
  • Kemudian, pilih Pengaturan.
  • Masuk ke menu Toko untuk melihat Pengaturan toko di Tokped.
  • Pilih menu Produk untuk melihat semua produk yang telah diposting.
  • Pilih satu atau beberapa produk yang ingin dihapus dari Tokopedia.
  • Tekan icon titik tiga di sebelah produknya.
  • Muncul pop up menu baru, pilih dan tekan Hapus.
  • Konfirmasi, klik Ya.

Via Website

  • Kunjungi halaman web Tokopedia Seller atau klik https://seller.tokopedia.com/home
  • Login dan Masuklah ke akun Tokopedia-mu.
  • Scrol kebawah pada daftar menu yang ada di samping kiri. Cari temukan dan pilih Produk » Daftar Produk.
  • Pilih satu atau beberapa produk yang ingin dihapus.
  • Untuk hapus 1 produk, kamu bisa klik opsi menu Atur » Hapus.
  • Untuk hapus lebih dari 1 produk, klik berikan tanda centang di samping kiri produk yang ingin dihapus. Klik icon tempat sampah untuk Hapus produk.

Uninstall/Hapus Aplikasi Tokopedia

Caranya:

  • Buka menu Pengaturan di smartphone kamu.
  • Pilih Aplikasi.
  • Cari, temukan dan pilih aplikasi Tokopedia.
  • Tekan tombol HPS INSTALAN.

Alasan Kenapa Hapus Akun Tokopedia?

Perlukah kamu tau alasan kenapa orang ingin menghapus akun Tokopedia? Sebenarnya, terdapat banyak alasan kenapa hapus akun Tokopedia dari sebagian besar orang. Diantaranya meliputi:

  • Memiliki Lebih dari Satu Akun
  • Terhubung dengan Nomor Pribadi
  • Mantan Dropshipper
  • Tak Lagi ingin Memakai Tokopedia
  • Ingin Beralih ke Marketplace Lain

Pada akhirnya, sampai disini saja ulasan yang bisa kami sajikan untukmu. Sehingga cara hapus akun Tokopedia dengan berbagai metode pilihan mudah harus kami sudahi sampai disini. Jangan lupa share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang belum tau!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *