Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel

Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel: Jangan Sampai Kadaluarsa!

Telkomsel adalah provider Indonesia yang menyediakan berbagai pilihan untuk membeli paket internet. Bukan hanya secara online, tapi Kamu juga bisa beli paket dalam bentuk voucher fisik. Tapi yang penting, pahami cara cek masa aktif voucher Telkomsel tersebut. Jangan sampai membeli voucher yang kadaluarsa. 

Voucher internet memang jadi pilihan hemat bagi pelanggan Telkomsel. Pasalnya, ada berbagai opsi jumlah kuota dan masa aktif. Selain itu, harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah. 

Kamu harus memastikan dulu jika voucher tersebut masih aktif agar Kamu bisa menggunakannya. Kamu dapat mengeceknya sendiri. Jadi, kalau ternyata sudah kadaluarsa dapat dikembalikan kepada penjual. Lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Voucher Telkomsel? 

Tapi sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang cara cek masa aktif voucher Telkomsel, Kamu bisa simak uraian ini. Ketahui dulu apa yang dimaksud dengan voucher internet? Apa bedanya dengan paket internet yang dibeli dengan pulsa? 

Voucher merupakan produk baru dari Telkomsel yang memungkinkan pelanggan untuk membeli internet dalam bentuk voucher fisik. Kamu bisa membelinya dari outlet resmi Telkomsel terdekat atau tempat penjualan pulsa. Voucher dapar digunakan oleh semua pelanggan Telkomsel prabayar. 

Sebenarnya tidak ada bedanya dengan paket internet yang Kamu beli dengan pulsa. Tapi biasanya harganya lebih murah. Selain itu bisa menjadi alternatif yang bagus kalau Kamu tidak memiliki pulsa, melainkan hanya uang tunai. Karena voucher sudah tersedia di banyak counter. 

Meski berupa voucher fisik, ternyata ada berbagai macam pilihan paket internet. Ada paket internet 3, 5, 7, dan 30 hari. Kamu bisa beli sesuai dengan kebutuhan, terlebih di saat mendesak. Sebagai pertimbangan membeli voucher Telkomsel, simak ketentuannya berikut ini:

  • Harga dan kuota tergantung regional saat pengisian (inject) paket oleh outlet resmi atau reseller. 
  • Harga dan kuota dibagi dalam tiga zona di masing-masing regional. 
  • Ada tiga macam pembagian kuota, yakni nasional, lokal, dan OMG! 
  • Kuota lokal hanya dapat digunakan di regional atau zona saat voucher diisi. 
  • Kuota OMG! Hanya tersedia di voucher dengan masa aktif paket internet 30 hari. 
Terkait:  4 Cara Daftar Paket Roaming Telkomsel yang Mudah & Murah💛

Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel

Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel
Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel

Saat Kamu beli voucher fisik internet Telkomsel, harus tahu masa aktifnya. Mungkin Kamu bertanya kenapa ini sangat penting? Sebab voucher tersebut memiliki masa kadaluarsa. Jika sudah tidak aktif lagi, otomatis tidak dapat Kamu gunakan lagi. 

Karena itulah, daripada sayang sudah keluar uang tapi voucher kadaluarsa, sebaiknya cek masa aktifnya dulu. Kamu bisa menggunakan beberapa cara. Lihat uraian lengkapnya di bawah ini:

1. Bertanya Kepada Penjual

Cara cek masa aktif voucher Telkomsel yang paling mudah dan pasti akurat yaitu dengan bertanya kepada penjual. Kebanyakan pelanggan mungkin merasa malu untuk bertanya. Padan jika sampai membeli voucher yang kadaluarsa, tidak akan dapat di-redeem atau diaktivasi. 

Cara ini bukan hanya bermanfaat bagimu sebagai pelanggan Telkomsel. Melainkan memberi manfaat pula kepada penjual. Jika ada voucher yang sudah kadaluarsa, penjual akan lebih teliti dan tidak menawarkannya kepada pembeli.

2. Cek di Kemasan Voucher

Yang kedua ini juga tidak kalah mudah dari sebelumnya. Sebenarnya cara cek masa aktif voucher Telkomsel itu sangat praktis. Bahkan Kamu bisa mengeceknya sendiri sebelum membeli tanpa bertanya kepada penjual. 

Bagaimana caranya? Kamu cukup lihat kemasan luar dari voucher. Seperti yang diketahui kalau voucher fisik Telkomsel itu berupa satu lembar kertas. Bahkan lebih kecil dibandingkan kartu perdana sebelum dipotong. 

Lewat kemasan itulah Kamu bisa cek apakah voucher masih aktif atau sudah kadaluarsa. Mungkin keterangannya tidak terlihat dengan jelas. Karena biasanya ditulis dengan huruf kecil di atas atau bawah hologram. 

Sebelum membeli, sebaiknya cek bagian tersebut dengan lebih teliti. Selain itu, disarankan pula untuk tidak langsung menggosok hologram yang melindungi kode rahasia yang dipakai aktivasi voucher. Karena kalau sudah digosok, akan banyak yang beranggapan jika itu voucher bekas. 

Terkait:  Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

3. Pakai Kode UMB

Berikutnya adalah cara cek masa aktif voucher Telkomsel menggunakan kode UMB. Bukan hanya saat aktivasi voucher saja yang bisa lewat kode UMB. Tapi Kamu juga dapat memastikan bahwa voucher tersebut belum kadaluarsa dengan muda memakai kode UMB. 

Baik pelanggan maupun outlet memang wajib memeriksa validasi status dan kuota paket dalam voucher fisik. Tapi menggunakan kode UMB ini harus teliti. Kamu bisa lihat panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Gosok hologram yang ada di voucher Telkomsel secara hati-hati sampai semua kode terlihat jelas. 
  • Setelah digosok akan terlihat hidden recharge number atau kode dari voucher tersebut. 
  • Karena mengecek masa aktif memakai kode UMB, maka buka menu Telepon di HP. 
  • Kemudian cek status dengan memasukkan kode *132# dan diikuti kode voucher dengan menghilangkan tiga digit terakhir. Kamu juga dapat menggunakan kebalikannya, jadi yang dimasukkan adalah tiga digit terakhir dari kode. 
  • Setelah itu akan muncul notifikasi pop up yang menginformasikan besarnya kuota yang didapat dan masa aktif voucher fisik. Contohnya seperti “Voucher paket internet sebesar 10 GB dapat diaktifkan sampai 31 Juli 2023.”

4. Hubungi Customer Service

Terakhir adalah cara memastikan voucher Telkomsel masih aktif atau tidak dengan menghubungi customer service. Mungkin bagimu cara ini termasuk ribet dan memakan waktu. Padahal dengan menelepon CS Kamu bisa bertanya informasi apa pun terkait nomor Telkomsel dengan lebih akurat. 

Sebelum menghubungi CS, siapkan dulu pulsa, karena satu kali panggilan biayanya Rp300. Sebagai panduan, lihat bagaimana cara menelepon CS berikut ini:

  • Lakukan panggilan ke nomor 188.
  • Kemudian tunggu dulu tersambung ke CS. 
  • Jika sudah tersambung, tanyakan masa aktif dari voucher yang Kamu beli. 
  • Jika perlu, biasanya Kamu diminta menyebutkan serial number dari voucher tersebut. 
  • Tunggu informasi diberikan oleh customer service. 
Terkait:  Cara Beli Paket Masa Aktif Telkomsel (3 Metode), Cepat dan Mudah!

Perbedaan Masa Aktif Voucher dan Paket Internet

Yang penting untuk Kamu pahami selanjutnya adalah perbedaan antara masa aktif dari voucher dan paket internetnya. Pasti banyak yang mengira kalau keduanya sama. Jadi, kalau voucher kadarluarsa, paket internet juga tidak dapat digunakan. 

Padahal yang benar keduanya itu berbeda. Masa aktif voucher Telkomsel dihitung sejak pengisian paket oleh outlet atau reseller. Biasanya jangka waktu yang diberikan dari inject tersebut adalah 120 hari. Selama belum melewati waktu tersebut, voucher tetap bisa diaktivasi oleh pelanggan. 

Begitu pula jika masa aktif voucher tinggal satu hari. Kamu tetap dapat mengaktifkannya dan melakukan redeem. Nantinya masa aktif paket internet akan mengikuti. 

Sedangkan yang dimaksud dengan masa aktif paket internet yaitu masa berlakunya penggunaan paket sejak Kamu melakukan aktivasi. Waktunya sesuai dengan jenis voucher yang Kamu beli. Ada tiga sampai 30 hari. 

Itulah beberapa cara cek masa aktif voucher Telkomsel yang bisa Kamu lakukan. Jangan sampai membeli voucher yang sudah kadaluarsa. Apalagi voucher hanya dapat di-redeem satu kali saja. 

Similar Posts