Home » Melacak » Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp

Bagaimana cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp? Sejak kemunculannya pertama kali, WhatsApp awalnya hanya berguna sebagai sebuah aplikasi messenger semata.

Namun seiring perkembangan dunia digital seperti saat ini, WhatsApp pun rasanya tidak ingin ketinggalan inovasi dari para pesaingnya.

Terbukti kini banyak orang mencari cara untuk mengetahui keberadaan ponsel orang lain dengan menggunakan WhatsApp.

WhatsApp Menawarkan Fitur Lebih Lengkap

Biasanya jika aplikassi yang memiliki banyak pengguna pasti akan menawarkan lebih banyak fitur tambahan setiap waktu.

Dimana fitur yang ditawarkan tersebut menjadi pelengkap sekaligus dipakai agar para penggunanya tetap bertahan memakai aplikasi yang satu ini.

Fitur pelengkap yang ditawarkan tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi WhatsApp. Bahkan sudah dapat dipastikan jika pihak WhatsApp tak mungkin menambahkan fitur tertentu yang dapat merugikan para penggunanya.

Ada timbal  balik yang  diberikan pada fitur tambahan WhatsApp, akan tetapi hal ini hanya berlaku bagi pihak-pihak yang selalu berpikiran negatif saja.

Umumnya fitur-fitur  yang memberikan keuntungan dimodifikasi lalu diubah menjadi fitur yang bisa merugikan pengguna lainnya.

Meskipun demikian, fitur tersebut pun dapat berguna jika dipakai untuk melacak lokasi teman atau anggota keluarga yang menghilan.

Dengan kata lain, akhirnya positif ataupun negatifnya sebuah fitur yang diciptakan oleh sebuah aplikasi, tentu semuanya kembali lagi ke siapa penggunanya dan untuk apa tujuannya.

Alasan Melacak Posisi Nomor Telepon Lewat WhatsApp

Sebelum kita membahas cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp, ada beberapa alasan yang mungkin bagi seseorang untuk melacak keberadaan seseorang, diantaranya :

1. Alasan Meet Up

Ketika acara kumpul-kumpul, reuni atau meet up bersama teman-teman tentu sebagian orang merasa kebingungan mencari lokasi tepatnya, bisa saja untuk menuju ke tempat tersebut memakai Maps, sayangnya terkadang jika sudah ada di TKP kita kebingungan.

2. Ponsel Dicuri

Alasan lainnya bisa saja kita ingin melacak keberadaan seseorang karena Hp kita hilang dicuri. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mencari keberadaan pencuri dalam kasus kehilangan. Anda bahkan bisa memakai fitur bawaan.

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui WhatsApp

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp

Setelah membahas lebih detail tentang fitur WhatsApp dan alasan melacak keberadaan seseorang via WA. Berikut Kami bagikan cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp diantaranya!

Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp Termudah

Cara mengetahui keberadaan seseorang melalui Whatsapp paling mudah adalah dengan meminta si dia untuk mengirimkan lokasi (share loc) kepada kita. Hingga kemudian kita dapat melacak keberadaan seseorang yang kita kenal melalui aplikasi Whatsapp. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Share Lokasi

Sebagai tahap awalan, kamu bisa meminta teman atau kekasihmu untuk membagikan lokasinya melalui fitur Whatsapp yang dinamai dengan share loc. Adapun langkah yang harus dilakukan untuk share loc adalah:

  • Buka kunci layar android agar siap dipakai.
  • Buka dan jalankan aplikasi WhatsApp.
  • Buka chat, pilih salah satu teman kontak yang akan dibagikan izin Live Location. Setelah ketemu dan masuk dalam halaman chat, tap icon paperclip dibagian bawah. Lalu, pilih Lokasi.
  • Nah, untuk membagikan lokasi teman kepadamu pilih Kirim lokasi Anda saat ini. Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan GPS android melalui panel notifikasi.
  • Tunggu aplikasi Whatsapp beberapa detik hingga muncul keterangan “Akurat sampai 12 meter”. Jika belum muncul keterangan tersebut jangan dikirim dulu untuk memastikan keakuratan lokasi.
  • Setelahnya kamu bisa langsung kirim pesan chat Whatsapp tersebut untuk share loc ke teman atau siapapun yang dikenal.

2. Lacak Lokasinya

Setelah teman mengirim lokasi (share loc) kepada kita, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Benar. Kita bisa langsung melacak dan mengetahui keberadaan si dia melalui peta yang ditunjukkan via Whatsapp.

  • Buka pesan chat dari teman yang mengirimkan lokasi ke kita.
  • Tekan pada isi pesan yang berupa titik lokasi peta. Jangan lupa aktifkan layanan GPS android melalui panel notifikasi.
  • Setelah ditekan, biasanya kita akan dialihkan ke Google Maps untuk selanjutnya dapat melacak keberadaan seseorang (teman).

Ikuti saja arahan peta (Maps) yang ditunjukkan untuk melacak dan mengetahui keberadaan teman kita saat ini ada dimana. Sudah tau cara menggunakan Google Maps kan? Kami anggap kamu sudah lebih pintar dalam mengoperasikan Maps ya bangs.

Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Aplikasi

Metode selanjutnya yang juga dapat dipakai untuk mengetahui dan melacak keberadaan seseorang adalah dengan bantuan aplikasi. Sebenarnya ini tidak ada kaitannya dengan Whatsapp, tapi perlu diketahui bahwa kita tetap dapat menggunakannya untuk melacak lokasi keberadaan seseorang yang kita kenal maupun tidak sama sekali.

Ada beberapa aplikasi rekomendasi kami, diantaranya meliputi:

1. HLR Lookup

Cara Pakai:

  • Pastikan kamu download & install aplikasi HLR Lookup terlebih dahulu. Kamu bisa unduh aplikasi ini melalui Google Play, atau bisa klik disini untuk langsung mengarah ke Playstore.
  • Setelah terinstal, buka dan jalankan aplikasi HLR Lookup.
  • Dihalaman awal, langsung saja input/masukkan nomor Whatsapp yang ingin dilacak. Langsung tekan tombol Send (icon panah).
  • Aplikasi HLR Lookup akan langsung menampilkan informasi detail terkait nomor WA yang dimasukkan tadi.
  • Kamu pun bisa melihat dengan jelas detail nomor WA tersebut. Selain itu, kamu masih tetap dapat membagikan info detail yang diberikan dengan cara menekan tombol Share di bagian bawah.

Catatan: Walaupun hasil pelacakannya kurang akurat dan tidak akan memberitahukan lokasi secara pasti dari orang yang ingin dilacak, Setidaknya kamu bisa memperkirakan lokasi nomor WA tersebut berada.

2. True Contact – Real Caller ID

Cara Pakai:

  • Buka kunci layar smartphone kamu agar dapat langsung digunakan.
  • Download dan Install aplikasi True Contact – Real Caller ID via Google Play. Atau bisa klik disini untuk mengarah ke Playstore langsung.
  • Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Untuk melacak pemilik No HP, kamu bisa langsung tekan tombol LATEST CALL.
  • Aplikasi akan langsung menampilkan info detail terkait no hp tujuanmu.

3. Show Caller

Cara Pakai:

  • Buka kunci layar smartphone kamu agar dapat langsung digunakan.
  • Download dan Install aplikasi Showcaller: ID Penelepon, blokir spam via Google Play. Atau bisa klik disini untuk mengarah ke Playstore langsung.
  • Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Untuk melacak pemilik No HP, pilih salah satu no hp yang ditampilkan. Lalu tekan tombol Showcaller.
  • Aplikasi akan langsung menampilkan info detail terkait pemilik no hp target.

Oke, demikianlah panduan lengkap bagaimana cara melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp dengan beberapa metode mudah yang bisa dipilih sesuka hati. Jika kalian terbantu dengan aplikasi ini, tau kan harus ngapain bangs? Oya, jangan sungkan untuk memberikan kami kritik masukan melalui form komentar dibawah ya.