Home » Melacak » Cara Melacak Nomor WhatsApp

Cara Melacak Nomor WhatsApp

Kini cara melacak nomor WhatsApp menjadi lebih mudah, asalkan pemilik nomor ponsel yang bersangkutan mempunyai akun WhatsApp. Saat kita mendapat SMS, telepon atau WA dari nomor ponsel yang tidak kita kenal, tentu tidak hanya mengganggu.

Akan tetapi juga bisa berpotensi melakukan aksi penipuan oleh oknum-oknum tertentu yang tak bertanggung jawab. Untuk solusinya, kita dapat melacak nomor WhatsApp untuk mengecek pemilik nomor ponsel tersebut.

Tak perlu khawatir, Kami akan membagikan bagaimana cara melacak nomor WhatsApp orang yang tak dikenal. Caranya bisa memakai aplikasi WA, bisa juga dengan menggunakan tools dan aplikasi yang mudah digunakan atau diakses.

Fungsi Melacak Lokasi Lewat Nomor WA

Jangan dulu berpikir jika cara melacak nomor WhatsApp untuk mengetahui keberadaan seseorang berkaitan dengan hal yang negatif. Sebab ada banyak fungsi positif yang dapat kita peroleh dengan menggunakan metode ini.

Seperti ketika kita bertujuan untuk ingin melacak keberadaan seseorang di WA, hal ini sebenarnya dapat membantu mengurangi kekhawatiran dan kecemasan saat tiba-tiba saja saudara, keluarga atau orang yang dikasihi tiba-tiba tidak ada kabar.

Apa Perbedaan Antara Menyadap dengan Melacak Lokasi di WhatsApp?

Jika dilihat berdasarkan maksud dan tujuannya, melacak lokasi atau keberadaan seseorang menggunakan Whatsapp sebenarnya hal yang sangat wajar.

Berbeda dengan cara menyadap pada umumnya yang berkonteks negatif. Kemudian, apa saja perbedaan keduanya? berikut ulasannya!

  • Menyadap atau Hacking

Menyadap artinya merekam atau mendengarkan percakapan maupun rahasia orang secara sengaja tanpa diketahui oleh orang tersebut.

Biasanya menyadap dilakukan guna memperoleh informasi pribadi seseorang dengan cara sembunyi-sembunyi. Menyadap memiliki tujuan negatif, karena bisa menimbulkan masalah hukum.

  • Melacak atau monitoring

Monitoring atau melacak artinya mengamati, mengawasi, atau mengecek secara detail terutama tujuannya untuk melakukan pemantauan. Monitoring tidak mempunyai tujuan atau intensi yang merugikan seseorang.

Jika dilihat berdasarkan konteksnya, sudah jelas jika mengetahui keberadaan seseorang lewat nomor WhatsApp termasuk ke dalam aktivitas monitoring atau melacak dan bukan menyadap.

Lalu, Bagaimana Cara Melacak Nomor WhatsApp Dengan Mudah?

Whatsapp menawarkan fitur terbaru yang cukup berguna bagi penggunanya. Tidak terkecuali fitur untuk mengecek atau melacak lokasi orang lain menggunakan WhatsApp.

Selain fitur yang dihadirkan secara resmi, ada pula metde pelacakan lokasi atau keberadaan seseorang lewat WA tanpa diketahui orang lain. Berikut ulasannya!

Cara Melacak Nomor WhatsApp

Cara Melacak Nomor WhatsApp

Melacak Nomor WhatsApp

Kita dapat mengetahui lokasi nomor WhatsApp seseorang dengan catatan orang tersebut mengizinkan untuk berbagi lokasinya ke kita. Adapun cara untuk melacak nomor WhatsApp sendiri bisa dilakukan melalui beberapa metode yang cukup mudah untuk dicoba.

Melacak Nomor WhatsApp Seseorang Paling Mudah

Cara melacak nomor WhatsApp seseorang yang kita kenal, bisa dengan mudah dilakukan. Dengan catatan, orang tersebut (teman) kita memberikan izin kepada kita untuk membagikan lokasinya saat ini. Bagaimana cara melakukannya? Simak panduan lengkapnya berikut ini.

  • Tahap awal, buka dan jalankan aplikasi WhatsApp.
  • Buka chat, pilih salah satu teman kontak yang akan dibagikan izin Live Location. Setelah ketemu dan masuk dalam halaman chat, tap icon paperclip dibagian bawah. Lalu, pilih Lokasi.
  • Nah, untuk membagikan lokasimu terkini (Live location) kamu bisa tekan opsi Berbagi lokasi terkini.
  • Kemudian pilih durasi live location yang ingin kamu bagikan. Isikan pesan dikolom yang tersedia, semisal ingin menyuruh teman untuk datang secepatnya. Lalu, tekan tombol Send (icon panah warna putih ijo).
  • Lalu, orang yang menerima pesanmu dapat mengetahui keberadaanmu secara langsung saat ini juga. Meski kamu berpindah tempat, lokasimu juga tetap terlacak di ponsel teman kamu.

Catatan: 

  1. Sebelum berbagi lokasi kepada teman, kamu harus mengaktifkan fitur GPS pada smartphone yang kamu pakai. Agar, teman yang hendak melacak lokasimu tidak akan nyasar dan keakuratan lokasinya dapat terjamin.
  2. Jika kamu memilih opsi Kirim lokasi Anda saat ini, maka WhatsApp akan mengirimkan lokasi terakhir di mana kamu mengirim pesan tersebut.

Melacak Nomor WhatsApp dengan Aplikasi

Selain melalui Whatsapp secara langsung, cara melacak nomor WA juga bisa dilakukan melalui aplikasi bantuan yang dapat didownload melalui Google Play. Terdapat beberapa aplikasi rekomendasi kami, beberapa diantaranya ialah:

1. HLR Lookup

Aplikasi rekomendasi pertama yang dapat dipakai untuk melacak nomor Whatsapp bernama HLR Lookup. Aplikasi satu ini tersedia di Google Play, diciptakan oleh DELTALABS STUDIO. Telah dipakai oleh lebih dari 100.000 pengguna android, dan hanya berukuran 8,3 MB saja.

Cara Menggunakan:

  • Pastikan kamu download & install aplikasi HLR Lookup terlebih dahulu. Kamu bisa unduh aplikasi ini melalui Google Play, atau bisa klik disini untuk langsung mengarah ke Playstore.
  • Setelah terinstal, buka dan jalankan aplikasi HLR Lookup.
  • Dihalaman awal, langsung saja input/masukkan nomor Whatsapp yang ingin dilacak. Langsung tekan tombol Send (icon panah).
  • Aplikasi HLR Lookup akan langsung menampilkan informasi detail terkait nomor WA yang dimasukkan tadi.
  • Kamu pun bisa melihat dengan jelas detail nomor WA tersebut. Selain itu, kamu masih tetap dapat membagikan info detail yang diberikan dengan cara menekan tombol Share di bagian bawah.

Catatan: Meskipun hasil pelacakannya kurang akurat dan tidak akan memberitahukan lokasi secara pasti dari orang yang ingin dilacak, Setidaknya kamu bisa memperkirakan lokasi nomor WA tersebut berada.

2. True Contact – Real Caller ID

Aplikasi kedua yang disarankan bernama True Contact – Real Caller ID, tersedia di Google Play. Telah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 5 juta pengguna android. Aplikasi satu ini juga dapat dipakai untuk melacak pemilik No WA orang lain.

Cara Menggunakan:

  • Buka kunci layar smartphone kamu agar dapat langsung digunakan.
  • Download dan Install aplikasi True Contact – Real Caller ID via Google Play. Atau bisa klik disini untuk mengarah ke Playstore langsung.
  • Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Untuk melacak pemilik No HP, kamu bisa langsung tekan tombol LATEST CALL.
  • Aplikasi akan langsung menampilkan info detail terkait no hp tujuanmu.

3. Show Caller

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk mengetahui pemilik no Whatsapp orang tak dikenal bernama Show Caller. Aplikasi satu ini telah ada di Google Play, dan sudah dipakai oleh sebanyak lebih dari 10 juta pengguna android.

Cara Menggunakan:

  • Buka kunci layar smartphone kamu agar dapat langsung digunakan.
  • Download dan Install aplikasi Showcaller: ID Penelepon, blokir spam via Google Play. Atau bisa klik disini untuk mengarah ke Playstore langsung.
  • Setelah terinstall, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Untuk melacak pemilik No HP, pilih salah satu no hp yang ditampilkan. Lalu tekan tombol Showcaller.
  • Aplikasi akan langsung menampilkan info detail terkait pemilik no hp target.

Melacak Nomor WhatsApp Lewat Website

Bagi yang tak suka download aplikasi karena hanya akan memenuhi memori ponsel, kamu tetap dapat melacak nomor Whatsapp melalui sebuah website. Ada beberapa website yang kami sarankan untuk melacak nomor WA seseorang, beberapa diantaranya:

1. Ceebydith

Cara Menggunakan:

  • Buka browser di perangkatmu. Disarankan pakai Google Chrome agar lebih cepat.
  • Kunjungi alamat websitenya: https://ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html
  • Masukkan nomor handphone yang ingin dicek lokasi keberadaannya.
  • Klik tombol Cari.
  • Lokasi kota pemilik nomor handphone yang kamu lacak tadi akan ditampilkan.

2. TrueCaller

Cara Menggunakan:

  • Buka browser di perangkat android/iOS kamu. Disarankan pakai: Google Chrome.
  • Kunjungi situs website TrueCaller.com
  • Ketikkan nomor handphone yang ingin dilacak pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Search/Cari (icon kaca pembesar).
  • Kemudian kamu diharuskan Login menggunakan akun Google atau Microsoft. Login lah dengan akun Google/Microsoft sesuai keinginanmu.
  • Muncul peringatan “Truecaller wants to access your Google Account”. Klik saja Allow atau Izinkan.
  • Klik tombol lokasi Indonesia. Kamu akan langsung diarahkan ke Google Maps.
  • Secara otomatis lokasi nomor handphone bisa dilihat titiknya via Google Maps.
  • Selain itu, kamu juga dapat melihat profil nama yang digunakan nomor handphone tersebut.

Oke, demikianlah ulasan lengkap bagaimana cara melacak nomor WhatsApp dengan beragam metode pilihan yang mudah untuk dipahami siapa saja. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman kamu ya bangs. 😉 Nantikan update menarik lainnya setiap hari di Pindahlubang.com!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *