Home » Melihat » Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Ingin tau cara cek adsense youtube orang lain? Kamu juga bisa melihat penghasilan youtube sendiri di android lho. Bagaimana cara melihat penghasilan Youtuber di social blade?

Ya, Youtuber atau bisa dikatakan sebagai influencer dalam media sosial sekarang ini merupakan profesi yang menjanjikan. Hal ini terbukti dari banyaknya Youtuber yang penghasilannya hingga ratusan juga atau miliaran per bulan.

Dengan penghasilan Youtuber yang sangat menggiurkan, saat ini tidak sedikit public figure atau seleb-seleb di tanah air yang juga ikut-ikutan memiliki akun channel Youtube. Bahkan tidak sedikit yang rela harus melepas pekerjaannya hanya demi meraup banyak penghasilan dari Channel Youtube.

Berapa Gaji Youtuber Perbulan?

Melihat Penghasilan Youtuber2

Youtube merupakan salah satu platform berbagi video secara virtual yang sudah merajai sejak beberapa tahun belakangan ini.

Kehadirannya bahkan kini membuat sebagian orang menjadi ketergantungan. Adapun ketergantungan ini artinya bukan ketagihan menonton live streaming atau video hingga berjam-jam, tetapi menggantungkan hidupnya melalui konten-konten Youtuber mereka demi mendapatkan fee yang layak.

Berdasarkan data yang diambil dari berbagai sumber, bisa disimpulkan jika gaji seorang Youtuber pemula bisa mencapai Rp. 3,2 sampai Rp. 51 jutaan setiap bulannya. Dengan catatan viewers total harus mencapai lebih dari 700 ribu dengan subscriber bertambah hingga 6.300 orang.

Berapa Penghasilan dari Google Adsense YouTube?

Melihat Penghasilan Youtuber

Untuk bayaran dari iklan di Youtube biasanya berdasarkan konsep pembayaran biaya setiap seribu kali tayang dengan biaya per klik.

Di Indonesia sendiri memang lebih rendah, untuk BPS Youtuber di tanah air umumnya berkisar aantara 0,5 USD setiap 1000 view, selain itu bisa juga Rp. 7000 per 1000 kali tayangan. Adapun biaya per kliknya ialah uang yang diperoleh setiap klik iklan di channel Youtube kamu.

Bagaimana Cara Menjadi Youtuber?

Jika kita ingin menjadi seorang Youtuber, maka hal pertama yang harus dilakukan ialah wajib membuat akun Google terlebih dahulu, kemudian baru mendaftar channel Youtube, selanjutnya tentukan konten yang ingin dibagikan, melakukan editing, berbagi konten via media sosial dan maksimalkan jumlah subscriber.  Sebab jumlah subscriber sendiri sangat berpengaruh untuk mendapatkan penghasilan di Youtube.

Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Melihat Penghasilan Youtuber

Adapun cara melihat penghasilan Youtuber paling mudah, kamu bisa mencoba langkah-langkah yang akan dibagikan di bawah ini.

Melihat Penghasilan Youtuber Menggunakan SocialBlade

Kita bisa tau berapa penghasilan YouTuber yang tengah disukai dengan sangat mudah. Ada sebuah website yang dapat digunakan khusus untuk mengecek penghasilan Youtube nya. Namun cara melihat penghasilan Youtuber satu ini hanyalah perkiraan saja. Karena penghasilan asli Youtuber sebenarnya lebih banyak dari pengecekan menggunakan SocialBlade.

Langsung saja, cara melihat penghasilan Youtuber menggunakan SocialBlade adalah sebagai berikut.

1. Buka Browser di Laptop/PC/Smartphone

Langkah awal yang harus dilakukan ialah dengan membuka sebuah browser yang dipakai untuk berinternet dengan lancar. Kamu bisa buka Google Chrome untuk internetan lebih cepat di semua perangkatmu. Buka Chrome yang ada di smartphone, laptop, atau komputer kamu.

2. Cari dan Temukan Channel Youtuber

Next, kita bisa membuka website Youtube.com melalui perangkat apa saja yang kamu gunakan terlebih dahulu. Setelah web Youtube terbuka, cari dan temukan channel Youtuber yang ingin dilihat penghasilannya. Setelah ketemu, kamu bisa lihat nama channelnya atau langsung copy link channelnya.

Sebagai contoh, Ria Ricis. Link channelnya adalah: https://www.youtube.com/channel/UC4tS4Q_Cno5JVcIUXxQOOpA. Copy link tersebut untuk nantikan dimasukkan ke website SocialBlade untuk dicek penghasilannya.

3. Kunjungi SocialBlade.com

Nah, setelahnya kamu bisa membuka tab browser baru. Kemudian ketikkan dan kunjungi www.socialblade.com untuk memulai proses pengecekan penghasilan Youtuber.

4. Masukkan Link atau Username Channel

Selanjutnya kamu bisa paste link channel Youtuber yang ingin dicek penghasilannya ke kotak yang tersedia di socialblade.com. Atau, kamu juga bisa mengetikkan nama channel Youtubenya untuk dicek.

Setelahnya kamu bisa klik tombol Cari (icon kaca pembesar). Pilih dan klik pada nama channel Youtube yang akan dicek penghasilannya.

5. Cek Penghasilan Youtuber !

Setelah nama channel dipilih, akan langsung tampil berapa penghasilan Youtuber yang kamu sukai. Selain mengetahui penghasilan Youtuber per bulan, ditampilkan juga informasi detail lainnya seperti:

  • Uploads: Mengetahui jumlah video yang telah diupload dichannelnya.
  • Subscribers: Mengetahui jumlah total subscriber channel tersebut.
  • Video Views: Mengetahui jumlah total tayangan video yang ada di channel tersebut.
  • Country: Melihat negara asal channel tersebut.
  • Channel Type: Mengetahui kategori channel.
  • User Created: Mengetahui tanggal pembuatan channel.
  • Estimated Monthly Earnings: Mengetahui estimasi penghasilan bulanan channel Youtuber.
  • Estimated Yearly Earnings: Mengetahui estimasi penghasilan tahunan channel Youtuber.
  • Subscribers for The Last 30 Days: Mengetahui jumlah total subscriber selama 30 hari terakhir.
  • Video Views for The Last 30 Days: Mengetahui jumlah total tayangan video channel selama 30 hari terakhir.

Bagi yang ingin tau detail penghasilan Youtuber perhari juga dapat dilihat pada tabel paling bawah yang ada di website SocialBlade.

Satu lagi, penghasilan Youtuber yang ditampilkan akan berbentuk mata uang dollar. Untuk mengecek penghasilannya ke dalam mata uang rupiah, kamu bisa buka tab baru kemudian cari keyword $1 = ? di Google Search. Atau bisa langsung mengetikkan angka beserta mata uang dollar ke pencarian Google.

Sebagai contoh, ketikkan $974 ke pencarian Google. Maka akan tampil : 15.959.837,38 Rupiah Indonesia. Akan ditampilkan dan dikonversikan sesuai dengan rate dollar saat ini.

Melihat Penghasilan Youtube Channel Sendiri

Selain melihat penghasilan channel Youtuber lain, kamu juga bisa mengecek penghasilan Youtube kamu sendiri (khusus Youtuber) dengan sangat mudah. Cara melihat penghasilan Youtube channel sendiri bisa dilakukan dengan langkah berikut:

1. Tampilan Creator Studio Klasik

  • Buka Youtube.com lalu Login/Masuk ke akun Google untuk terhubung ke channel Youtube kamu.
  • Lihat bagian pojok kanan atas, klik Profil kamu kemudian pilih Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri, klik Analytics » Laporan Pendapatan.
  • Akan langsung terlihat berapa pendapatan channel Youtube milikmu.

2. Tampilan Youtube Studio (Terbaru)

  • Buka Youtube.com lalu Login/Masuk ke akun Google untuk terhubung ke channel Youtube kamu.
  • Lihat bagian pojok kanan atas, klik Profil kamu kemudian pilih Youtube Studio.
  • Di menu sebelah kiri, klik Analytics » Pendapatan.
  • Akan langsung terlihat berapa pendapatan channel Youtube milikmu.

3. Cek via Google Adsense

Untuk mengecek penghasilan Youtube channel sendiri juga bisa dilakukan dengan mengunjungi website Google Adsense, agar tau lebih detail berapa penghasilan channel Youtube kamu. Langsung saja kunjungi Google.com/adsense, Login menggunakan akun google kamu.

Belum punya channel Youtube? Kamu harus baca cara dapat uang dari Youtube bangs!

Itu saja ulasan lengkap mengenai cara melihat penghasilan Youtuber yang paling mudah menggunakan metode rekomendasi dari kami. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs! Agar mereka juga dapat melihat penghasilan Youtuber yang menjadi favoritnya. 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *