Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Cara Membatalkan Pesanan Di Bukalapak

Apakah kamu ingin tau cara membatalkan pesanan di bukalapak yang sudah diproses penjual? Bagaimana sih cara membatalkan pesanan di Bukalapak yang belum dibayar dan sudah dibayar?

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali situs e-commerce yang tersebar hingga di seluruh pelosok dunia, tidak terkecuali Indonesia. Transaksi belanja online belakangan ini memang semakin banyak digemari, mengingat prosesnya lebih praktis, aman, juga nyaman tanpa perlu mendatangi toko atau pelapak secara langsung.

Salah satu contoh e-commerce terpopuler di Indonesia sekaligus milik anak bangsa ialah Bukalapak. Lewat fitur yang disediakan oleh Bukalapak inilah, kita dapat memperoleh jaminan uang bisa kembali 100% atas pesanan kita.

Apa Keunggulan Berbelanja di Bukalapak?

Keunggulan berbelanja di Bukalapak ialah mereka menawarkan metode pembayaran teraman, yang mana para pembeli yang sudah membayar orderannya, tapi uang pembeli tersebut tidak secara langsung diterima pihak penjual sebelum produk yang dibeli sampai di tempat tujuan atau tempat konsumen.

Dengan menawarkan fitur-fitur menarik dan user friendly yang ditawarkan Bukalapak, tidak heran rasanya jika banyak orang yang kebingungan tentang bagaimana cara membatalkan pesanan di Bukalapak, baik itu untuk transaksi pesanan yang belum dibayarkan ataupun yang sudah dibayarkan.

Kamu pasti bingung menemukan cara yang tepat untuk membatalkan pesanan di Bukalapak. Namun sebenarnya, Bukalapak sendiri telah memberikan banyak kemudahan untuk para pengguna yang ingin melakukan pembatalan transaksi, entah itu bagi pembeli ataupun penjual. Akan tetapi, banyak yang masih bingung caranya.

Kenapa Harus Membatalkan Pesanan?

Sebelum kita lanjutkan membahas cara membatalkan pesanan di Bukalapak, kita akan membahas tentang fitur pembatalan pesanan di Bukalapak. Alasan pembatalan pesanan sendiri bermacam-macam, baik bagi pembeli maupun penjual.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Bukalapak

Bagi penjual, mungkin saja alasannya dikarenakan produknya sudah habis atau stock-nya sedang kosong. Namun bagi pembeli sendiri alasannya bervariasi, mulai dari ketidakpercayaan, salah menginput alamat jadi ingin dilakukan pemesanan ulang atau alasan lainnya. Apapun alasannya, sebenarnya Bukalapak tidak mempersulit proses pembatalan pessanan.

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak
Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Cara untuk membatalkan/cancel pesanan di Bukalapak sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kita hanya perlu mengikuti instruksi yang sudah ada tools-nya di menu akun Bukalapak. Untuk lebih mudahnya, berikut Kami bagikan ulasannya di bawah ini.

Membatalkan Pesanan Di Website Bukalapak

Bagi kamu yang telah melakukan transaksi pembelian di web Bukalapak dengan status “Menunggu Pembayaran” alias belum sempat melakukan pembayaran, transaksi tersebut dapat dibatalkan secara langsung. Cara membatalkan pesanan di Bukalapak melalui website:

1. Buka Website Bukalapak.com

Langkah awal, sudah seharusnya kita membuka website bukalapak.com sebelum melakukan request cancel order. Sebagai tambahan, kamu harus sudah Login menggunakan akun kamu di web bukalapak.

Bagi yang sudah membuka web bukalapak dengan posisi Login akun, bisa lanjutkan ke step berikutnya.

2. Klik menu Profil Akun

Next kamu bisa lanjutkan dengan masuk ke menu profil akun Bukalapakmu. Caranya, klik gambar profil bagian pojok kanan atas untuk masuk ke menu profil pelapak.

3. Klik Menu Transaksi

Lalu muncul sub menu baru disebelah kiri, dengan fungsi masing-masing. Nah, disini kamu bisa langsung memilih dan klik pilihan menu Transaksi. Next, lanjut pilih pada order yang ingin kamu batalkan.

4. Pilih dan Klik Tombol Batalkan Transaksi

Cek orderan tersebut, apakah benar itu adalah orderan terakhir yang ingin kamu batalkan. Jika benar, kamu bisa langsung scroll kebawah dan temukan tombol Batalkan Transaksi. Untuk membatalkan transaksi, kamu bisa klik tombol Batalkan Transaksi.

Terkait:  Biaya Daftar Ruang Guru

5. Isi Alasan Pembatalan

Lalu kita akan dihadapkan pada halaman Pembatalan Transaksi. Isikan saja apa alasan pembatalan transaksi kamu, Mengapa kamu ingin membatalkan transaksi? Pilih saja salah satu jawaban yang sesuai dengan kondisimu saat ini.

6. Tekan Tombol Konfirmasi

Terakhir, kamu bisa langsung tekan tombol Konfirmasi dan pembatalan transaksi akan mulai diproses oleh team Bukalapak.

Pernah terlanjur ambil asuransi? Mungkin kamu harus coba cara membatalkan asuransi Manulife.

Membatalkan Pesanan Di Aplikasi Bukalapak

Untuk pengguna aplikasi Bukalapak yang terlanjur melakukan transaksi (belum dibayar) tapi ingin membatalkannya, dapat dibatalkan secara langsung. Atau, jika status pemesanan masih “Belum Dibayar” akan dibatalkan otomatis oleh sistem selama beberapa hari kedepan. Cara membatalkan pesanan di aplikasi Bukalapak sebelum membayar adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Bukalapak

Langkah awal tentunya kita harus membuka terlebih dahulu aplikasi Bukalapak. Dilanjutkan Login ke akun jika belum melakukan login sebelumnya. Jika sudah pada posisi login, maka bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Masuk ke Menu Profil

Setelah aplikasi Bukalapak terbuka dan sudah melakukan login akun, kamu bisa langsung masuk ke menu Profil dengan tap avatar/icon profil.

3. Tap menu Transaksi

Kemudian tekan menu Transaksi untuk mengetahui daftar transaksi terakhir yang telah dilakukan. Pilih saja salah satu transaksi yang ingin dibatalkan. Dengan catatan, transaksi tersebut masih berstatus “Belum Dibayar”.

4. Tap tombol Batalkan Transaksi

Cek ulang detail transaksi tersebut, apakah benar statusnya masih “Belum Dibayar”. Jika benar, kamu bisa langsung scroll ke bawah dan temukan tombol Batalkan Transaksi untuk dipilih.

5. Isi Alasan Pembatalan Transaksi

Dibagian Pembatalan Transaksi, kamu bisa memilih salah satu alasan pembatalan transaksi. Pilih saja alasan yang tepat mengapa kamu ingin membatalkan transaksi ini?

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia

6. Konfirmasi

Setelah alasan pembatalan transaksi telah dipilih, kamu bisa langsung melanjutkan dengan menekan tombol Konfirmasi.

Sudah mahir pakai Bukalapak ya? Udah tau belum cara berjualan di Bukalapak yang baik dan benar?

Membatalkan Pesanan di Bukalapak Setelah Membayar

Cara membatalkan pesanan Bukalapak yang sudah terlanjur dibayarkan, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Login ke akun Bukalapak kamu.
  • Masuk ke menu Profil, klik bagian icon foto profil akunmu.
  • Pilih dan klik menu BukaDompet.
  • Lalu lanjutkan dengan menekan/klik tombol Lainnya.
  • Next, pilih Cairkan Dana.
  • Masukkan Jumlah Pencairan dana kamu.
  • Pilih No Rekening tujuan pencairan dana (uang) kamu.
  • Masukkan Password akun Bukalapak kamu.
  • Terakhir, klik tombol Cairkan.
  • Tunggu team Bukalapak memproses permintaanmu dan uang akan segera kembali ke rekeningmu.

Syarat & Ketentuan Membatalkan Pesanan

Pembeli tidak dapat membatalkan pesanan untuk E-Voucher dan Tiket yang meliputi Pulsa, Paket Data, Voucher Game, Listrik Prabayar & Pascabayar, Tiket Acara/Event, Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Zakat Profesi, Tagihan Listrik, Air PDAM, BPJS. Pembeli juga tidak dapat membatalkan pesanan untuk kategori Minimarket seperti BukaEmas dan BukaReksa.

  • Jika ingin membatalkan pesanan untuk transaksi yang belum dibayar, maka tidak membutuhkan persetujuan dari pelapak.
  • Jika ingin membatalkan pesanan dalam waktu 15 menit setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem Bukalapak, maka dana akan otomatis kembali.
  • Jika ingin membatalkan pesanan untuk transaksi yang sudah dibayar (≥15 menit setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem Bukalapak)
  • Jika transaksi sudah dibayar dan diproses oleh pelapak, maka pembeli tidak bisa membatalkan pesanan tersebut.
Sudah terlanjut order? Kamu harus coba juga cara cancel Gojek.

Mungkin hanya itu saja yang dapat diulas mengenai cara membatalkan pesanan di Bukalapak dengan tahapan yang mudah untuk dicoba. Jangan lupa untuk membagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs! Agar mereka juga bisa melakukan pembatalan pesanan Bukalapak dengan mudahnya.

Similar Posts