Cara Membuat Rekening BNI

  • Whatsapp

Bisakah cara buka rekening bni online dilakukan dari rumah? Apa saja syarat buka rekening BNI untuk mahasiswa? Bagaimana cara membuat rekening BNI yang paling mudah?

Kamu ingin membuat rekening BNI? Jangan khawatir, membuka rekening ataupun ATM BNI tidaklah sulit. Artikel ini akan membantu kamu membuka rekening BNI dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum membuatnya, kamu perlu tahu apa saja syarat dan langkah tepat untuk membuka rekening di BNI. Yuk, simak!

Apa syarat membuat ATM BNI?

Sebelum membuka rekening baru di BNI, ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan, yaitu:

  • Kartu / Tanda Identitas: dapat berupa KTP, SIM, Paspor, Kartu Keluarga, dan lainnya. Pastikan kartu identitas yang akan kamu gunakan masih berlaku dan terbukti keasliannya, ya.
  • Uang tunai setoran awal: berupa uang tunai yang wajib kamu setorkan saat pembukaan rekening BNI. Jumlah setoran awal saat membuat rekening BNI berbeda-beda, tergantung pada jenis tabungan yang kamu pilih.
  • NPWP: Nomor Pokok Wajib Pajak, ini disyaratkan bagi perorangan ataupun perusahaan yang hendak membuka rekening dan sudah memiliki NPWP.
  • SIUP: Surat Izin Usaha dan Perdagangan. Syarat yang satu ini diperuntukkan bagi yang membuka rekening atas nama usaha ataupun perdagangan.

Pembukaan rekening BNI berapa?

Setelah syarat-syarat di atas terkumpul, selanjutnya kamu perlu menyiapkan sejumlah uang tunai sebagai setoran awal untuk membuat rekening BNI. Setoran awal akan diminta oleh petugas bank sesudah kamu mengisi formulir pembukaan rekening. For your information, setoran awal minimum membuka rekening BNI adalah sebesar Rp. 250.000,- untuk nasabah di luar Jabodetabek, dan Rp. 500.000,- untuk nasabah di Jabodetabek.

Apakah bisa buka rekening BNI online?

Bagi kamu yang tidak punya waktu ke bank untuk membuat rekening BNI secara langsung, tidak perlu khawatir. Kini, BNI menyediakan layanan yang memungkinkan nasabah membuka tabungan secara online ataupun digital. Bagaimana caranya?

  • Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi BNI Mobile Banking dan memiliki pulsa yang cukup di smartphone kamu.
  • Pilih opsi Buka Rekening BNI pada aplikasi
  • Siapkan syarat-syarat membuat rekening BNI secara online, yaitu e-KTP dan NPWP
  • Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi
  • Setelah semua tahap selesai, kamu akan dihubungi oleh petugas melalui Video Banking BNI
  • Tabungan sudah bisa digunakan, kamu akan diberikan nomor rekening beserta nomor kartu debit/ ATM
Terkait:  Biaya Bikin ATM Mandiri

Jenis Jenis Tabungan Rekening BNI

Jenis Rekening BNI

Sebelum menginjak pada langkah pembuatan rekening BNI yang beraneka ragam jenisnya, kamu harus tau terlebih dahulu mengenai jenis-jenis tabungan rekening BNI. Sehingga nantinya kamu dapat memilih jenis mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Adapun tabungan BNI dibedakan menjadi:

1. BNI Taplus

BNI Taplus merupakan jenis tabungan rekening BNI yang banyak dipakai oleh mayoritas nasabah BNI. Kamu bisa membuka rekening jenis ini dengan melengkapi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan BNI Taplus

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  • Setoran awal minimal Rp 500.000,- (Jabodetabek) atau Rp 250.000,- (non Jabodetabek)
  • Melampirkan Kartu identitas :
    – Warga Negara Indonesia: Kartu Tanda Penduduk/KTP*
    – Warga Negara Asing: Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP
  • Dikenakan biaya administrasi bulanan

Catatan (*) :

  • KTP DKI Jakarta dapat digunakan untuk membuka rekening di seluruh cabang Bank BNI yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta
  • KTP non DKI Jakarta hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank BNI yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP
  • Apabila digunakan untuk membuka rekening Tabungan di luar wilayah KTP setempat maka wajib dilampiri dengan :
    – Surat Keterangan Domisili atau
    – Surat Keterangan Kerja

2. BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis menjadi salah satu tabungan rekening BNI kedua yang juga banyak mendapatkan daya tarik bagi para nasabah BNI baru maupun lama. Hal ini tentu dikarenakan BNI Taplus Bisnis memiliki banyak keuntungan bagi nasabah. Jika kamu ingin membuka rekening BNI Taplus Bisnis, perhatikan dulu syaratnya dibawah.

Persyaratan BNI Taplus

Taplus Bisnis Perorangan :

  • KTP / SIM (domisili se-Kabupaten/Kodya dengan Cabang BNI tempat membuka rekening), atau dibuktikan dengan surat keterangan domisili / kerja
  • Peserta :
    » Wiraswasta / Pengusaha,
    » Pegawai swasta,
    » Pegawai negeri, dan
    » Perorangan lainnya yang mempunyai aktivitas transaksi relatif tinggi.

Taplus Bisnis Non Perorangan :

  • Peserta :
    » Badan Usaha, baik Badan Hukum (PT, Koperasi, Yayasan), maupun Non Badan Hukum (CV, Firma)
    » Non Badan usaha (Asosiasi, Perkumpulan, Himpunan, Ikatan, Instansi, dan lain lain)
  • Bentuk Hukum Jelas
  • Surat Kuasa penunjukkan pengelolaan rekening
  • Tanda bukti dari pengurus/pejabat berwenang
  • Tanda bukti dari pemberi/penerima kuasa
  • Data-data lain (akte pendirian, ijin usaha, NPWP, SITU, dll)
Terkait:  Cara Daftar Gojek Lewat SMS

3. BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak menjadi tabungan yang diperuntukkan bagi Anak usia 0 s/d 17 tahun. Jadi, bagi kamu yang ingin membuka rekening BNI untuk anak dengan usia dibawah 17 tahun akan disarankan memilih BNI Taplus Anak. Sebelumnya, kamu harus tau persyaratannya terlebih dahulu.

Persyaratan BNI Taplus Anak

Anak:

  • Mengisi Formulir Aplikasi Data Nasabah (CIF) Perorangan dan Formulir Pembukaan Rekening yang ditandatangani oleh anak/orangtua.
  • Melampirkan copy Akte Kelahiran / Kartu Pelajar / Paspor/ Kartu Keluarga

Orang Tua:

  • Mengisi Formulir Persetujuan Pembukaan Rekening dan Pelaksanaan Transaksi yang ditandatangani oleh orangtua
  • Melampirkan copy Bukti Identitas Diri (KTP/SIM/Paspor) orangtua

4. BNI Tappa

BNI Tappa menjadi salah satu tabungan yang diperuntukkan bagi Pegawai/Anggota suatu Perusahaan/Lembaga/Asosiasi/Organisasi Profesi yang menjalin kerjasama dengan BNI yang berfungsi sebagai sarana tabungan, kartu identitas Pegawai/Anggota.

Persyaratan BNI Tappa

  • Tabungan Pegawai/Anggota diberikan kepada pegawai/anggota Perusahaan, Lembaga, Asosiasi, Organisasi yang mengadakan kerjasama dengan BNI yang telah didudukkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BNI dengan Perusahaan, Lembaga, Asosiasi, Organisasi tersebut.
  • Perusahaan/Lembaga/Asosiasi/Organisasi Profesi yang dapat melakukan kerjasama kepemilikan BNI Tappa sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di BNI.

5. BNI Tapenas

BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan) adalah simpanan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan Anda untuk mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih pasti dan aman.

Persyaratan BNI Tapenas

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 17 tahun atau 65 tahun saat jatuh tempo
  • Memiliki identitas diri (KTP/SIM/Paspor)
  • Memiliki rekening afiliasi :
    ∴ Afiliasi BNI Tapenas IDR yaitu BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan atau BNI Giro Perorangan
    ∴ Afiliasi BNI Tapenas USD yaitu BNI Dolalr atau BNI Giro USD Perorangan
  • Mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas

Setelah melihat jenis jenis tabungan rekening BNI diatas, sekarang kamu pastinya sudah menentukan ingin mengambil jenis rekening BNI yang mana bukan? Oke, sekarang saatnya kamu untuk membuat rekening BNI dengan cara yang diberikan berikut.

Cara Membuat Rekening BNI

Cara Membuat Rekening BNI
Prosedur Membuat Rekening BNI

Untuk membuka rekening BNI baru, kamu harus tau langkah-langkahnya terlebih dahulu. Ada beberapa langkah & tahapan yang harus kamu ketahui sebelum membuat rekening BNI, diantaranya yaitu:

1. Siapkan dan Lengkapi Berkas Persyaratan

Pertama, setelah kamu menentukan jenis rekening BNI yang ingin diambil maka selanjutnya kamu harus melengkapi semua berkas persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening BNI baru.

Terkait:  Cara Berlangganan di Ruang Guru dengan Mudah

Ketahui juga apa saja manfaatnya dan keuntungan jenis rekening BNI yang kamu pilih, agar semakin mantap dengan pilihanmu.

2. Datangi Kantor BNI

Setelah kamu melengkapi berkas persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening BNI, selanjutnya kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang BNI terdekat dari rumahmu.

Kamu bisa order Gojek untuk mengantarkan ke Bank BNI, namun jika dirasa terlalu lama kamu bisa cancel pesanan Gojek dan meminta keluargamu untuk mengantarkan.

Atau jika kamu suka travelling, bisa juga datang ke Bank BNI sendiri sembari jalan-jalan menikmati indahnya jalanan sekitar rumahmu.

3. Ambil Nomor Antrian

Sesampainya kamu di Bank BNI, masuklah dan kamu akan langsung disambut oleh petugas (satpam) dan ditanya keperluanmu. Sampaikan saja bahwa kamu hendak membuat/membuka rekening BNI baru.

Selanjutnya kamu akan langsung diberikan nomor antrian beserta formulir pendaftaran untuk membuat rekening BNI baru. Tunggulah hingga nomor antrianmu dipanggil, sembari menunggu kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang telah dipegang sebisanya. Jika ada bagian formulir yang belum paham, nanti bisa ditanyakan ke petugas (customer service).

4. Datangi Customer Service

Setelah nomor antrianmu dipanggil, tibalah saat mendebarkan dalam hidupmu untuk menjumpai mbak/mas customer service ganteng dan cantik. Hampiri nomor customer service sesuai arahan. Lalu kamu akan disambut dengan ramah petugas Customer Service, dan ditanya keperluanmu kembali.

Sampaikan saja keperluanmu untuk membuka rekening BNI baru, sembari serahkan form pendaftaran yang sudah diisi tadi. Oya, satu lagi nanti kamu akan dimintai berkas persyaratan yang tentunya telah kamu bawa dari rumah.

Apa langkah selanjutnya? Tetaplah stay di Customer Service, tunggu arahan yang diberikan selanjutnya. Ikuti saja arahan customer service, dan kamu akan dibantu dalam membuka rekening BNI baru hingga selesai.

Setelah semua proses selesai, kamu akan diberikan sebuah buku tabungan beserta kartu ATM sesuai jenis rekening BNI yang kamu pilih.

Demikianlah langkah-langkah beserta prosedur membuka rekening BNI baru. Cara membuat rekening BNI baru ini bisa kamu pakai kapanpun sewaktu-waktu diperlukan, jadi kamu bisa bookmark halaman ini dan bagikan/share ke teman-teman kamu yang belum tau ya! 😉

Related posts