Home » BRI » Cara Membuat Rekening BRI

Cara Membuat Rekening BRI

Apakah kamu tengah mencari panduan cara membuat rekening BRI online untuk pelajar dan mahasiswa? Apa saja sih syarat buka rekening BRI Simpedes & Britama di tahun ini? Bisakah kita daftar rekening BRI via online?

Kamu ingin membuka rekening baru? Ya, memiliki rekening lebih dari satu tampaknya kini sudah menjadi kebutuhan. Selain menabung, kamu bisa memanfaatkan rekening ataupun tabungan untuk kepentingan lain.

Punya lebih dari satu rekening bisa membantu kamu dalam mengelola finasial, seperti berinvestasi, menabung, berbisnis, hingga berdonasi. Membuat rekening BRI bisa menjadi pilihan kamu, lho. Namun sebelum membuka rekening BRI, kamu perlu menyimak informasi di bawah ini!

Apa Persyaratan Membuat Rekening BRI?

Sebelum melangkah ke bank untuk membuat rekening, kamu harus tahu apa saja syarat-syarat yang perlu dipersiapkan, sebagai berikut:

  • Identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor dan NPWP
  • Usia minimal 17 tahun, syarat ini berlaku bagi kamu yang juga ingin membuka rekening ATM
  • Setoran awal minimum merupakan sejumlah uang tunai yang wajib disetorkan di awal, nominalnya tergantung jenis rekening yang kamu pilih.
  • Setoran selanjutnya minimal sejumlah Rp 10.000,-

Berapa Saldo Awal Buka Rekening BRI?

Setoran awal minimum saat buka rekening BRI wajib kamu setorkan sebagai syarat utama. Adapun nominal yang harus kamu siapkan ialah sebesar Rp 250.000,- bagi kamu yang memilih Kartu Classic dan sebesar Rp 500.000,- untuk Kartu Gold. Selanjutnya, kamu diwajibkan menyetor setoran selanjutnya sebesar minimal Rp 10.000,- saja. Cukup terjangkau, bukan?

Bagaimana Cara Membuka Rekening BRI Online?

Tahukah kamu, kini BRI memberikan solusi bagi kamu yang tidak punya waktu membuat rekening BRI secara langsung di bank. Kamu bisa membuka rekening secara online melalui aplikasi BRImo. Simak caranya berikut ini:

  • Siapkan syarat mendaftar seperti KTP, NPWP, dan tanda tangan
  • Pastikan aplikasi BRImo sudah terpasang di smartphone kamu
  • Pilih opsi “Daftar” pada halaman awal
  • Lengkapi data diri seperti yang diinstruksikan di aplikasi
  • Lengkapi dan klik setuju pada syarat dan ketentuan yang disajikan
  • Ikuti langkah-langkahnya hingga akhir dan lengkapi secara cermat

Dimana Tempat Membuat ATM BRI?

Bagi kamu yang ingin membuat ATM BRI secara langsung, kamu dapat mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat. Setelah tiba di BRI terdekat, mintalah pada satpam untuk diarahkan ke bagian Customer Service guna membuat rekening BRI.

Di sana, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir dan menyerahkan syarat-syarat kelengkapan untuk membuka rekening ataupun membuat ATM BRI.

Cara Membuat Rekening BRI

Cara Membuat Rekening BRI

Membuka Rekening BRI Baru

Jika kamu ingin tau lebih lanjut bagaimana langkah-langkah membuka/membuat rekening BRI baru, bisa mengikuti panduan lengkap yang telah kami rangkum dalam beberapa tahapan berikut.

1. Siapkan Berkas Persyaratan

Tahap awal sebelum membikin rekening BRI beserta kartu ATM BRI adalah persiapkan dulu semua berkas persyaratan yang telah disebutkan diatas. Pastikan tidak ada yang tertinggal saat kita sampai di kantor cabang BRI.

2. Kunjungi Bank BRI

Nah, setelah semua persyaratan dipersiapkan dengan lengkap dan telah dipastikan tidak ada yang tertinggal. Sekarang tiba saatnya kita untuk membuat/membuka rekening BRI baru.

Bawalah semua berkas persyaratan, masukkan wadah stopmap atau tas agar tidak ribet saat membawanya. Lalu, datangilah kantor cabang bank BRI yang terdekat dengan lokasimu saat ini.

3. Datangi Customer Service

Sesampainya di Bank BRI, kemudian kita akan ditanya oleh satpam/petugas mengenai apa keperluan kita. Sampaikan saja bahwa kamu ingin membuat/membikin/membuka rekening BRI baru. Tahap selanjutnya kamu akan langsung diberikan nomor antrian dengan tujuan customer service.

Antrilah dengan sabar sesuai nomor urutmu, hingga nomor antrianmu dipanggil. Sembari menunggu, kamu bisa membaca pamflet yang telah disediakan BRI di stand yang disediakan.

Setelah antrianmu dipanggil, hampiri serta datangilah customer service sesuai nomor yang dipanggil tadi. Kemudian kamu akan langsung disambut ramah oleh customer service yang bertugas di kantor BRI.

Sampaikan saja bahwa kamu ingin membuka rekening BRI baru.

4. Isi Formulir

Selanjutnya, kamu akan diberikan sebuah formulir pendaftaran yang harus diisikan. Sembari mengisi form pendaftaran, customer service yang bertugas akan meminta, mengecek, dan melakukan validasi berkas persyaratan kamu.

Setelah form pendaftaran terisi dengan lengkap, serahkan form tersebut kepada customer service.

Kamu akan diberikan pilihan ingin membuka rekening BRI jenis apa. Customer Service BRI akan memberikanmu beberapa jenis rekening BRI dan menjelaskannya satu per satu plus minusnya. Jika kurang jelas, bisa tanyakan kembali apa saja manfaatnya kepada customer service.

Setelah kamu memilih jenis rekening BRI, ikuti arahan yang diberikan selanjutnya untuk bikin rekening BRI baru.

5. Buku Rekening & Kartu ATM BRI Siap Dipakai

Setelah semua prosesnya selesai, maka customer service akan memberikanmu buku tabungan rekening BRI dan kartu ATM BRI yang dapat dipakai bertransaksi. Belum selesai sampai disitu, masih ada tahap akhir yaitu kita diharuskan untuk melakukan perubahan PIN ATM untuk dapat mulai digunakan.

Selow, saat proses pergantian PIN biasanya kita masih dapat bantuan dan dipandu oleh customer service. Sekalian mengajari cara menggunakan mesin ATM kepadamu.

Proses pembuatan rekening BRI baru sudah selesai. Kamu bisa langsung pulang atau mencoba datang ke mesin ATM BRI untuk test drive kartu ATM BRI yang baru kamu miliki. Baik cek saldo, atau coba transfer ke rekening teman/keluarga.

Demikianlah panduan lengkap mengenai cara membuat rekening BRI dengan beberapa tahapan mudah yang sengaja kami hadirkan untuk kamu yang ingin membuka rekening baru. Terakhir, jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs! 😉