Home » Android » Cara Memperbarui Layanan Google Play

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Sedang mencari cara mengatasi cara mengatasi “aplikasi ini tidak akan berjalan tanpa layanan google play”? Berarti ulasan cara memperbarui layanan Google Play berikut akan membantumu dalam update google play service.

Google play, dikutip dari wikipedia merupakan layanan distribusi digital yang dikembangkan oleh Google. Google Play berfungsi sebagai toko media digital yang menawarkan aplikasi, game, dan konten digital lain. Tanpa Google Play, pengguna tidak bisa mengunduh berbagai aplikasi yang diinginkan.

Play Store diluncurkan pada 2008 sebagai cara pengguna untuk mendowload aplikasi dan game pada android yang kala itu merupakan sistem baru.

Awalnya, aplikasi ini bernama Android Market. Toko menambahkan dukungan untuk aplikasi berbayar pada 2009 di Amerika Serikat dan Inggris.

Android Market Kemudian berkembang di pasar Internasional pada 2010.  Pada 2011, Android Market merilis Google Music. Beberapa toko yang dirilis Google tentu saja membuat para penguna binggung. Google akhirnya menggabungkan semua tokonya ke Google Play pada 2012.

Layanan Google Play ini memiliki peran yang cukup penting pada android. Hanya saja kamu kadang kebingungan karena tidak bisa memperbarui aplikasi tersebut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Biasanya notifikasi yang mengharuskan kamu memperbarui layanan Google Play dari sebuah game.

Melalui bantuan Google Play, permainan bisa disimpan dengan baik. Ketika layanan Google Play membutuhkan pembaruan, ponsel juga biasanya akan berhenti bekerja, sehingga mengharuskan kamu untuk segera memperbarui layanan Google Play.

Cara memperbarui layanan Google play berikut akan membantu kamu menggunakan ponsel dan bisa bermain game kembali dengan nyaman tanpa gangguan notifikasi ataupun proses Download Tertunda.

Layanan Google Play atau dalam bahasa Inggris disebut Google Play Services merupakan salah satu fitur background services atau aplikasi yang berjalan di latar belakang andoid.

Fungsinya yakni sebagai dukungan pada aplikasi-aplikasu yang memang membutuhkan dukungan fitur ciptaan Google. Misalnya Google Map, Google Play Game, dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut membutuhan layanan dukungan google.

Cara memperbarui layanan Google Play sangat mudah, salah satunya dengan mencentang fitur update otomatis yang terdapat pada setelan Google Play store.

Kamu juga bisa memanfaatkan file apk versi Google Play Store terbaru yang bisa kamu instal secara offline melalui pengunduhan aplikasi Google Play Store format apk dengan versi terbaru saat ini.

Selengkapnya, berikut ini cara memperbarui layanan Google Play yang penting untuk kamu ketahui.

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Memperbarui Layanan Google Play

Cara memperbarui layanan Google Play sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, bahkan kami telah merangkum beragam metode yang bisa dicoba. Sehingga akan lebih memudahkanmu untuk update layanan Google Play dan akan berfungsi normal seperti sediakala. Adapun beberapa metode yang bisa dicoba untuk perbarui layanan Google Play diantaranya:

Memperbarui Layanan Google Play Lewat Setting Google Play

Cara untuk dapat memperbarui layanan Google Play pertama yang dapat dipakai yakni bisa dengan pengaturan atau setting dari Playstore itu sendiri. Jadi, akan lebih mudah dan efisien untuk dicoba. Untuk mempraktekkannya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka kunci layar ponsel androidmu agar siap digunakan.
  • Untuk mengawali proses, buka dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  • Tekan icon strip tiga ≡ di pojok kiri atas.
  • Pilih Settings atau Pengaturan.
  • Selanjutnya, scroll kebawah cari dan temukan Versi Play Store atau Play Store version.
  • Jika ada pembaruan, Play Store akan memperbarui secara otomatis setelah dipencet. Tapi, jika aplikasi Play Store kamu sudah versi terbaru maka akan ada keterangan “Google Play Store is up to date”.

Memperbarui Layanan Google Play dengan Hapus Data / Clear Cache

Metode kedua, yang dapat dicoba untuk memperbarui layanan Google Play adalah dengan cara menghapus data aplikasi atau istilahnya clear cache. Untuk melakukannya kamu bisa masuk ke manajer aplikasi di setiap smartphone android. Jika bingung, simak panduan lengkapnya berikut ini.

  • Masuklah ke menu Pengaturan atau Setting. Kamu bisa scroll ke bawah panel notifikasi lalu pilih Setting dengan icon bunga atau roda gerigi. Atau, bisa juga klik aplikasi dilanjutkan dengan Setting.
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih Aplikasi / Aplikasi Manager / Aplikasi yang diinstal. Sesuaikan saja dengan smartphone kepunyaanmu saat ini. Karena di setiap android memiliki tampilan pengaturan yang berbeda. Tapi, umumnya sama saja.
  • Lalu cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  • Setelah ketemu, pilih Penyimpanan / Storage.
  • Lanjut, pencet Clear Storage / Hapus Data.
  • Tahap akhir, kamu bisa langsung Mulai ulang / Restart ponsel androidmu jika diperlukan, agar aplikasi Google Play dapat memperbarui layanan secara otomatis.

Memperbarui Layanan Google Play dengan Install APK Versi Terbaru

Selanjutnya, jika kedua metode diatas sudah dicoba dan masih belum berhasil maka ini adalah metode terakhir yang bisa kamu coba. Kamu dapat memperbarui layanan Google Play dengan melakukan instal manual APK versi terbaru. Untuk tahapannya sendiri ada tiga diantaranya:

1. Izinkan Akses

Sebelum menginstall aplikasi dari pihak ketiga, kamu harus berikan izin smartphone android untuk menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui. Caranya:

  • Masuklah ke menu Pengaturan atau Setting. Kamu bisa scroll ke bawah panel notifikasi lalu pilih Setting dengan icon bunga atau roda gerigi. Atau, bisa juga klik aplikasi dilanjutkan dengan Setting.
  • Selanjutnya bisa pilih Keamanan / Privasi.
  • Scroll kebawah, cari dan temukan Sumber tidak dikenal / Unknown sources.
  • Setelah ketemu, aktifkan fitur Sumber tidak dikenal / Unknown sources. Agar aplikasi dari luar Playstore dapat diinstal secara lancar.
  • Tahap akhir, konfirmasi pada pop up yang muncul.

Setting untuk Android 8.0 (Oreo) Keatas:

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih menu Aplikasi & pemberitahuan.
  • Lanjutkan dengan memilih Akses aplikasi khusus atau dalam bhs inggris berarti Special app access.
  • Next, pilih Instal aplikasi yang tidak dikenal.
  • Lalu pilih saja Chrome jika hendak mengunduh file APK dari browser Google Chrome.
  • Pada layar berikutnya, aktifkan toggle untuk Izinkan dari sumber ini.

2. Download APK Google Play Versi Anyar

Setelah pengaturan selesai, kamu bisa langsung mendownload file APK terbaru Google Play melalui website penyedia APK gratis APKPure, APKMirror, dan sejenisnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa download APK Google Play terbaru melalui link yang kami sediakan dibawah ini:

3. Install APK Google Play

Setelah file APK dari Google Play terdownload ke ponselmu, pastikan selalu mengingat lokasi penyimpanan pengunduhan untuk dapat menginstal dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Biasanya, secara default lokasi penyimpanan download ada di folder Storage/Internal/Download. Jika kamu telah merubah lokasi penyimpanan, maka kamu bisa cari lokasi penyimpanan file APK Google Play terunduh.
  • Setelah ketemu, kamu bisa klik pada nama file apk Google Play.
  • Lalu akan muncul pop up untuk menginstal aplikasi Google Play.
  • Tekan tombol Install dan tunggu proses instalasi selesai.
  • Setelah apk terinstall, Google Play Store kamu telah diperbarui secara otomatis dan dapat dibuka kembali secara normal.

Dan pada akhirnya, kami cukupkan sekian saja ulasan lengkap cara memperbarui layanan Google Play dengan beberapa metode pilihan yang mudah untuk dicoba. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-temanmu jika dirasa bermanfaat ya bangs. 😉 Jangan sungkan untuk berikan komentar jika terdapat link yang rusak atau tidak dapat diakses kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *