Home » Memperkuat » Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Apakah kamu saat ini tengah mencari cara memperkuat sinyal telkomsel 4g? Apa saja aplikasi penguat sinyal telkomsel resmi? Bagaimana cara mempercepat koneksi internet telkomsel di hp android?

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. telkomsel dibentuk dari patungan modal dua BUMN yakni PT Telkom dan PT Indosat. pada 26 Mei 1995, Telkomsel meluncurkan layanan seluler GSM dengan layanan pascabayar yakni kartu Hallo.

Hal ini menjadikan Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menyediakan layanan GSM pascabayar. Indosat dan Telkom kemudian memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan kerjasama. Keduanya sepakat menukar saham dengan anak usaha masing-masing.

Telkomsel dikenal dengan sinyalnya yang baik dan kuat yang menjangkau daerah pelosok. Meski berada di pelosok dan sulit dilalui kendaraan, jaringan Telkomsel tetap moncer. Dimana sinyal operator lain sulit di dapat, telkomsel menjadi satu-satunya operator yang on fire 24 jam.

Memperkuat Sinyal Telkomsel

Setiap pengguna tentunya mengharapkan sinyal yang diterima lancar dan tanpa kendala. Tetapi mungkin kamu pernah atau sedang mengalami sinyal  Telkomsel yang hilang atau tidak stabil.

Hal tersebut pasti sangat mengganggu aktivitas berselancarmu di internet. Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperkuat sinyal Telkomsel agar selalu stabil.

Sebelum mengetahui cara memperkuat sinyal Telkomsel, tentunya kamu perlu tahu penyebab sinyal lemah. Sehingga diharapkan solusi yang diberikan bisa bermanfaat sesuai dengan permasalahan yang kamu alami. jangkauan sinyal yang dipancarkan terlalu jauh sehingga penyebab sinyal mudah hilang karena gangguan.

Solusinya bisa dengan menambah antena penguat yang bisa dipasang di luar rumah. Kamu juga bisa menggunakan stiker penguat sinyal. Ruangan yang kamu pakai juga berpengaruh terhadap ada tidaknya sinyal. Jika ruangan terlalu rapat dan kedap sinyal maka sinyal akan menjadi sering hilang.

Kamu perlu keluar menuju ruang yang lebih terbuka untuk mendapatkan sinyal. Kamu juga bisa memasang penguat sinyal.

Mungkin kamu pakai iPhone? Sudah tau Cara Download Video Youtube Di iPhone belum?

Cuaca juga menjadi salah satu penyebab mengapa sinyal Telkomsel kamu hilang atau tidak stabil. Ponsel mungkin tidak mampu menangkap sinyal dengan baik saat cuaca buruk atau struktur lokasi yang banyak penghalang sehingga sinyal tidak mampu menjangkau tempat kamu berada.

Ingin tahu lebih banyak cara memperkuat sinyal Telkomsel pada smartphone kamu? Silahkan lanjutkan membaca artikel dibawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara untuk memperkuat sinyal Telkomsel sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, hanya saja kita harus mengetahui beberapa hal kecil sebelum dapat melakukannya.

Kami telah merangkum bahwa ada beberapa metode yang dapat dipakai untuk memperkuat sinyal Telkomsel agar internetan semakin lancar tanpa ngelag. Adapun beragam metode yang dapat dipakai diantaranya yakni:

Memperkuat Sinyal Telkomsel Tanpa Aplikasi

Cara memperkuat sinyal Telkomsel pada metode pertama bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu untuk melakukan beberapa tips berikut ini, diantaranya:

1. Restart Ponsel

Jika sinyal Telkomsel yang kamu pakai sedang lemot alias lambat, tips untuk memperkuat sinyal Tekomsel yang pertama kali bisa kamu lakukan dengan me-restart ponsel yang tengah kamu pakai.

Cara restart ponsel sendiri berbeda-beda di setiap tipe handphone. Intinya, matikan ponsel kamu kemudian hidupkan/nyalakan kembali ponselmu untuk mendapatkan jaringan terbaik Telkomsel.

Kehilangan ponsel? Jangan panik, cobain Cara Melacak Handphone Oppo yang Hilang.

2. Upgrade Kartu 4G

Ketahui dahulu penyebabnya, apakah kartu Telkomsel yang kamu pakai saat ini masih mendukung jaringan dibawah 4G? Jika kartu Tsel yang kamu pakai belum mendukung jaringan 4G, maka segeralah berpindah untuk menggunakan kartu 4G Telkomsel.

Disini, kamu bisa request ke customer service Telkomsel untuk upgrade kartu Telkomsel ke 4G. Jika tak ingin repot menghabiskan waktu untuk menghubungi CS Telkomsel, kamu bisa beli kartu perdana Telkomsel 4G baru di counter HP terdekat yang menjual kartu perdana Telkomsel 4G. Atau, bisa juga melakukan pembelian kartu 4G Telkomsel melalui ecommerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

3. Refresh Data Internet

Tips selanjutnya jika sinyal Telkomsel kamu lemot, adalah dengan merefresh data internet yang saat ini aktif. Bagaimana caranya? Kamu bisa masuk ke panel notifikasi, lalu matikan jaringan data yang saat ini hidup atau aktif.

Kemudian setelah dipastikan keadaan mati, hidupkan atau aktifkan ulang jaringan data internet kamu untuk mendapatkan sinyal terbaik dari Telkomsel.

4. Atur Mode Jaringan

Jika jaringan internet Telkomsel yang kamu pakai saat ini lemot, bisa jadi karena mendapatkan sinyal yang naik turun. Tips dari kami, kamu bisa kunci jaringan ke mode 4G only. Jadi nantinya kamu akan aktif saat jaringan 4G saja yang tersedia.

Cara untuk mengunci jaringan internet sendiri berbeda-beda di setiap smartphone. Jadi, kamu bisa memperkirakan sendiri bagaimana memilih dan atur mode jaringan ke 4G only atau LTE only.

5. Pindah Tempat yang Lebih Terbuka dan Cukup Tinggi

Penyebab lain sinyal internet Telkomsel kamu lemah, biasanya dikarekan lokasi kamu berada di dataran rendah. Bisa jadi juga banyak penghalang sinyal disekitarmu.

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah dengan berpindah ke tempat lain yang lebih terbuka dan cukup tinggi agar mendapatkan sinyal terbaik Telkomsel tanpa adanya penghalang sinyal.

Cobain juga Cara Mengambil Video di Youtube agar makin tau!

6. Pakai Sticker Penguat Sinyal

Tips selanjutnya untuk memperkuat sinyal Telkomsel bisa dilakukan dengan menambah stiker penguat sinyal di ponsel kita.

Biasanya, sticker penguat sinyal ini terbuat dari bahan logam yang cukup tipis. Kegunaannya hampir sama dengan antena external ponsel.

Cara pakainya hanya dengan menempelkan sticker penguat sinyal tersebut ke bagian belakang ponsel yang kita gunakan.

Meski tak berefek banyak, namun dengan menempel sticker penguat sinyal di belakang bodi ponsel dipercaya dapat menguatkan sinyal jaringan Telkomsel.

7. Gunakan Aluminium Foil

Bagi sebagian orang, hidup didaerah pedesaan sudah menjadi hal yang dominan dengan adanya susah mendapatkan sinyal. Banyak yang (mungkin) belum tau bahwa cara mengatasi susah sinyal sebenarnya mudah dilakukan, kamu hanya perlu membuat antena penguat sinyal. Bagi yang belum bisa, akan kami berikan panduan mudahnya.

Untuk membuat antena penguat sinyal, kamu memerlukan 1 buah silet, 1 buah magnet ukuran sedang, dan 1 buah alumunium foil (bisa sisa bungkus rokot) atau sticker tambal panci.

Cara membuatnya pun mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Tempelkan magnet pada silet lalu gosokan bolak balik.
  • Pastikan silet sudah menjadi magnet (bila besi dapat menempel pada silet, berarti sudah jadi).
  • Letakan silet pada aluminium foil, lalu lipat dan pastikan silet terbungkus rapat.
  • Selanjutnya pasang silet pada bagian belakang baterai atau belakang casing handphone.

Untuk cara paling mudahnya, kamu hanya perlu menempelkan 1 lembar alumunium foil pada belakang baterai dan 1 lagi pada bagian belakang casing hp kamu.

Pengguna Whatsapp? Wajib tau Cara Mengambil Video di Status WA.

8. Hubungi Customer Service Telkomsel

Biasanya, dengan menghubungi dan komplain ke CS Telkomsel atas jaringan lemah yang kita dapatkan adalah cara terbaik yang bisa dilakukan. Namun tak cukup jitu untuk mendapatkan sinyal yang kuat, semua itu juga terpengaruh dengan area wilayah yang kita singgahi.

Meski demikian, kita tetap bisa komplain atas jaringan lemah yang didapat kepada customer service Telkomsel. Sampaikan keluhan susah sinyal ke CS Telkomsel di nomor: 188 untuk pengguna kartuHalo, simPATI, Kartu As dan Loop. Atau bisa juga ke email: cs@telkomsel.co.id.

9. Ganti Perangkat dan Provider

Jika masih juga belum bisa mendapatkan jaringan sinyal yang bagus dan stabil, kamu boleh melirik provider lain. Atau bisa juga dengan ganti perangkat ponsel baru yang lebih baik kualitasnya.

Namun, semua itu tentunya butuh budget tambahan yang cukup banyak bukan? Tenang, bagi yang minim budget solusinya adalah kamu masih bisa mendownload aplikasi tambahan penguat sinyal untuk smartphone android kamu.

Memperkuat Sinyal Telkomsel dengan Aplikasi

Metode terakhir untuk dapat memperkuat sinyal Telkomsel, kita bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didownload lewat Google Play secara gratis. Adapun beberapa aplikasi tambahan untuk memperkuat sinyal Telkomsel rekomendasi kami diantaranya yakni:

1. Network Signal Booster

2. Signal Guard

3. Network Signal Speed Booster

4. Network Signal Info

5. Network Signal Refresher Lite

Demikianlah ulasan lengkap perihal cara memperkuat sinyal Telkomsel dengan beragam metode pilihan termudah untuk kita semua. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman kamu dimanapun berada agar semakin bermanfaat bagi kita ya bangs. 😉