Cara Menabung di Bank BRI

Apakah kamu saat ini tengah mencari tata cara menabung di bank bri melalui teller? Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan bank tertua di Indonesia dengan nasabah terbanyak. Sampai dengan Maret 2018 saja, nasabah BRI mencapai 50 juta. BRI menawarkan banyak keunggulan untuk nasabahnya, sehingga tidak heran jika BRI banyak dipilih masyarakat.

BRI menjadi bank pemerintah terbesar di Indonesia. hal tersebut membuat masyarakat memilih menjadi nasabah BRI karena bank pemerintah akan menjamin keamanan bagi nasabahnya. Keuntungan selanjutnya yakni jasa bank yang lengkap. Kamu bisa memilih berbagai jenis jasa sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jasa yang ditawarkan oleh BRI antara lain jasa bisnis, jasa keuangan, jasa kelembagaan, jasa e-banking dan jasa treasury.

Sebagai bank pemerintah terbesar, BRI juga memiliki banyak kantor cabang dan ATM yang bisa dengan mudah ditemukan.

Hal ini akan membuat nasabah dimudakan untuk melakukan berbagai transaksi. Selain di kantor cabang, mesin ATM BRI juga mudah dijumpai di pusat kota, minimarket, pom bensin, dan tempat strategis lainnya.

Pada jasa keuangan, saat ini ada 11 jenis tabungan BRI yang dilengkapi denganfitur dan kelebihan masing-masing. Kegunaannya pun berbeda. Jadi jika ingin melakukan cara menabung di bank BRI, sementara kamu belum memiliki rekening, buatlah rekening BRI terlebih dahulu dengan datang ke cabang  BRI terdekat.  Jangan sampai salah pilih jenis rekening tabungan.

Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Jenis tabungan BRI yang ditawarkan antara lain Simpedes, biasanya tabungan ini menyasar masyarakat daerah atau desa, Simpedes TKI, Britama, Britama bisnis, Britama X, Britama Rencana, Britama Valas, Tabungan Haji, Tabungan BRI Junio, BRI Simpel dan BRI Tabunganku.

Jika kamu sudah memiliki Rekening BRI dan ingin menabung, terdapat beberapa cara menabung di bank BRI baik lewat teller maupun lewat ATM setor tunai. Bagi kamu yang tidak ingin ribet, menabung bisa kamu lakukan melalui ATM setor tunai.

Tetapi kamu perlu merapihkan uang dan pastikan tidak ada yang terlipat dan tersteples. Uang yang robek dan disolasi juga akan ditolak oleh mesin ATM. Untuk mengetahui cara menabung di bank BRI secara lengkap,  simak artikel dibawah ini.

Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung di Bank BRI
Menabung di Bank BRI

Memiliki rekening dan ATM BRI bukanlah hal yang sulit untuk dijalankan, bagi yang mungkin tengah kebingungan bagaimana cara menabung di Bank BRI bisa menyimak beberapa tahapan langkah sederhana berikut ini.

Menabung di Bank BRI Lewat Teller

Terkhusus bagi kamu yang telah memiliki rekening ATM BRI kemudian ingin menambah tabungan, maka dibawah ini kami berikan panduan mudahnya bagaimana cara menabung di bank BRI. Metode pertama, kamu bisa memanfaatkan bantuan Teller Bank BRI yang sedang bertugas saat itu. Adapun langkah-langkah yang harus diikuti sebagai berikut.

1. Siapkan Buku Tabungan + ATM BRI

Sebelum menabung, pastikan dulu kamu tak lupa membawa kartu ATM BRI beserta buku tabungannya. Yang mana nantinya akan dipakai untuk print/mencetak riwayat tabungan terakhir yang telah kamu lakukan.

2. Siapkan Sejumlah Uang yang Akan Ditabung

Tentunya, tidak lupa juga dengan uang bukan? Sudah terpikirkan olehmu berapakah jumlah uang yang hendak kamu tabungkan nantinya? Berapapun jumlahnya, pastikan uang tersebut telah kamu persiapkan untuk dibawa dan jangan lupa simpan pada tempat yang sangat aman.

Jika jumlahnya banyak, kamu bisa memakai tas yang cukup besar agar tak terlalu tampak bahwa kamu sedang membawa uang. Hal ini berguna untuk mencegah dan mengantisipasi kejahatan yang tak diinginkan.

Sudah punya tas yang besar untuk simpan uang kan? Jika belum punya, kamu juga bisa menaruh uang ke barang penyimpanan apapun yang bisa di beli di Shopee.

3. Datangi Kantor BRI Terdekat

Setelah buku tabungan, kartu ATM BRI, dan sejumlah uang telah dipersiapkan selanjutnya kamu bisa langsung membawanya ke kantor BRI terdekat. Datangilah kantor pusat BRI maupun kantor cabang yang terdekat dari lokasimu saat ini.

Sesampainya di kantor BRI, kamu bisa parkir kendaraanmu terlebih dahulu. Kemudian masuklah ke kantor BRI dan langsung datangi Teller BRI yang tengah bertugas. Jangan lupa harus antri terlebih dahulu sesuai urutan ya.

4. Serahkan Uang Ke Teller BRI yang Bertugas

Jangan khawatir, Teller yang tengah bertugas saat itu akan membantumu untuk menabung di bank BRI. Sesampainya didepan Teller, akan ada mbak-mbak atau mas-mas yang akan bertanya padamu tentang keperluanmu. Sampaikan saja bahwa kamu ingin menabung di bank BRI.

Kemudian, kamu akan dimintai buku rekening BRI beserta sejumlah uang yang hendak kamu tabung. Tenang saja, petugas teller BRI baik dan ramah semuanya. Jika kamu bingung, tanya apapun perihal layanan BRI ke teller juga pasti akan dijawab olehnya. 🙂

5. Cek Buku Rekening BRI Kembali

Tahap akhir, setelah teller selesai memproses uangmu untuk ditabung maka dia akan mengembalikan buku tabungan beserta kartu ATM BRI kamu. Nah, disini kamu bisa mengecek kembali buku tabungan rekening BRI kamu. Akan ada tulisan (print) yang tercetak di buku tabunganmu. Dan tulisan tersebut berisi transaksi riwayat keuanganmu yang terbaru.

Menabung di Bank BRI Lewat ATM

Metode selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan mesin ATM BRI untuk menabung. Adapun cara menabung di bank BRI lewat mesin ATM bisa dilakukan dengan langkah berikut.

1. Siapkan Uang + Kartu ATM

Berbeda dengan menabung di bank BRI melalui teller, untuk menabung melalui mesin ATM BRI ini hanya diperlukan sejumlah uang yang akan ditabung beserta kartu ATM BRI saja.

Jadi, tak perlu ribet harus persiapkan buku tabungan. Namun kamu tetap perlu kantong yang cukup besar untuk membawa sejumlah uangmu ke mesin ATM. Jangan sampai terlihat siapapun bahwa kamu tengah membawa uang yang begitu banyaknya untuk menghindari kemungkinan kejahatan yang tak diinginkan.

2. Datangi ATM Setor Tunai

Meski sama-sama mesin ATM, namun perlu diketahui bahwa untuk dapat menabung di bank BRI melalui ATM ini harus menggunakan mesin ATM khusus. Artinya, tak semua mesin ATM BRI bisa digunakan untuk menabung. Hanya ATM setor tunai saja yang dapat dipakai menabung.

Datangi mesin ATM BRI Setor Tunai, ATM jenis ini biasanya hanya ada di kantor pusat BRI. Jadi tetap saja kamu harus mendatangi kantor BRI untuk menabung. Bedanya, kamu tak perlu antri.

3. Masukkan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM

Setelah kamu menemukan mesin ATM setor tunai BRI, langsung saja parkir kendaraanmu dan masuklah. Masukkan kartu ATM BRI kamu ke mesin lalu dibarengi dengan memasukkan PIN ATM kamu.

4. Masukkan Uang Ke Mesin ATM

Setelah kamu memasukkan kartu ATM beserta PIN, pilih saja menu Setor Tunai » Ke Rekening Sendiri. Mesin ATM tersebut akan membuka ruang untuk meletakkan sejumlah uang. Masukkan uangmu ditempat yang disediakan. Jangan lupa uang yang kamu masukkan harus rapi, tak boleh tertekuk sedikitpun ya. Setelah semua uang dimasukkan, mesin ATM akan kembali menutup otomatis dan memunculkan perintah menu di layar. Pilih saja Setor ke Rekening Sendiri.

Baca panduan Cara Setor Tunai BRI untuk lebih detail bagaimana tahapan menabung di Bank BRI melalui mesin ATM.

Lewat Bantuan Teman/Keluarga

Metode untuk dapat menabung di bank BRI selanjutnya bisa dilakukan melalui bantuan Teman/Keluarga. Lho kok bisa? Jadi, intinya adalah kamu menyiapkan sejumlah uang. Kemudian meminta bantuan teman/keluarga kamu untuk mentransfer saldo BRI mereka ke kamu sesuai jumlah uang yang kamu persiapkan saat itu.

Yak, cukup disini saja ulasan mengenai bagaimana cara menabung di bank BRI dengan berbagai metode lengkap. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu ya bangs. 😉

Nurna N
Junior Writer yang selalu semangat n ceriaa ^_^