Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Cara Menarik Pesan di WhatsApp
Menarik Pesan WhatsApp

Apakah kamu sudah tau cara menarik pesan di whatsapp untuk android maupun web? Bagaimanakah cara menghapus pesan wa yang sudah lama dan telah dibaca?

Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang diperuntukan bagi pengguna smartphone. Fugsinya sama seperti SMS reguler biasa, tetapi Whatsapp tidak menggunakan pulsa melainkan internet. Whatsapp didirikan pada 24 Februari 2009. Tetapi pada tahun 2014, Whatsapp resmi diakuisisi oleh facebook.

Melalui Whatsapp, kamu bisa mengirim teks, foto, audio, file, serta gambar dan file lain ke pengguna lainnya, kamu juga bisa membuat story, melakukan panggilan telepon dan video call.

Bagi pengguna Whatsapp, mungkin kamu pernah mengalami salah kirim pesan. Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan hal ini. Tetapi bisa berakibat fatal jika dalam kondisi tertentu.

Misalnya, kamu mengirim pesan ke dosen atau atasan kamu dimana seharusnya kamu kirim ke teman kamu. Untungnya, hal tersebut sekarang sudah bisa teratasi melalui fitur delete for eveyone.

Sebelum melakukan cara menarik pesan di Whatsapp, pastikan Whatsapp kamu sudah diupdate ke versi terbaru melalui Google Play Store maupun App Store.

Kenapa tidak bisa menarik pesan di WhatsApp?

Fitur menarik pesan di Whatsapp dibatasi dan hanya dapat dilakukan jika pesan tersebut terkirim kurang dari 1 jam 8 menit 16 detik sejak kamu mengirim pesan.

Jika sudah melebihi 1 jam 8 menit 16 detik , pesan tidak bisa ditarik, dan tidak ada pilihan delete for everyone , hanya ada pilihan delete for me saja. Jadi, hanya bisa dihapus di aplikasi kamu, tetapi masih ada di aplikasi lawan chat kamu.

Terkait:  Cara Scan Barcode di Hp Oppo

Kenapa tidak ada pilihan delete for everyone di WA?

Cara menarik pesan di Whatsapp dengan fitur delete for eveyone hanya bisa dilakukan sebelum  1 jam 8 menit 16 detik menit sesudah kamu mengirim pesan. Jika melebihi jangka waktu tersebut, kamu tidak bisa menarik pesan yang sudah dikirim.

Berapa lama pesan di WA bisa dihapus? Durasi penghapusan pesan oleh si pengirim yakni 1 jam 8 menit 16 detik.

Bagaimana cara menarik pesan di WA?

Cara menarik pesan di Whatsapp bisa kamu lakukan dengan menekan dan menahan pesan hingga muncul beberapa pilihan di bar atas. Kemudian klik ikon hapus yang berbentuk tong sampah. Nantinya akan muncul pilihan delete vor everyone atau hapus untuk semua orang.

Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Cara Menarik Pesan di WhatsApp
Menarik Pesan WhatsApp

Cara menarik pesan di Whatsapp yang telah salah kirim sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, hanya saja kamu harus tau bahwa untuk menarik pesan chat harus dilakukan sebelum 7 menit pesan dikirim. Artinya, setelah 7 menit kamu tidak dapat menarik pesan chat WA. Namun, jika kamu simak artikel ini hingga akhir akan kami berikan tips menarik pesan yang lebih dari 7 menit juga.

Adapun cara menarik pesan di Whatsapp bisa dilakukan melalui beberapa metode yang dapat disimak pada paragraf berikut.

1. Menarik Pesan di WhatsApp Android

Metode pertama, kita bisa menarik pesan di Whatsapp android selama kurang dari 7 menit setelah pengiriman pesan. Simak panduan tarik pesan di Whatsapp android berikut ini untuk lebih jelasnya.

  • Buka dan jalankan aplikasi Whatsapp di android kamu.
  • Tentukan bagian pesan yang akan ditarik (dihapus) baik chat pribadi maupun chat grup.
  • Buka salah satu chat, pilih pesan yang ingin ditarik (dihapus). Tekan dan tahan pesan tersebut hingga muncul beberapa pilihan. Akan ada dua pilihan yakni “Hapus untuk saya” dan “Hapus untuk semua orang”.
  • Pilih saja Hapus untuk semua orang.
  • Dalam waktu beberapa detik (pastikan terhubung internet) maka pesan tersebut akan berubah menjadi Anda telah menghapus pesan ini.
  • Jika muncul keterangan tersebut, berarti cara menarik pesan di Whatsapp android kamu telah berhasil dilakukan.
Terkait:  Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp dengan Mudah

2. Menarik Pesan di WhatsApp Web

Sekarang kita coba cara menarik pesan di Whatsapp Web, yang tentunya semudah menghapus pesan di WA android dan iPhone. Adapun langkah-langkah untuk tarik pesan di WA Web adalah sebagai berikut.

  • Buka browser di perangkatmu (smartphone maupun laptop/PC).
  • Kunjungi WA Web di alamat web.whatsapp.com
  • Buka salah satu jendela chat, tentukan salah satu pesan salah kirim yang ingin dihapus.
  • Arahkan kursor ke pesan yang ingin ditarik (hapus), akan muncul tombol panah kebawah. Klik tombol panah kebawah dipojok atas pesan.
  • Lalu akan ada beberapa pilihan diantaranya:
    Message info
    Reply
    Forward message
    Star message
    Delete message
  • Lanjutkan, pilih dan klik Delete message.
  • Akan muncul pilihan menu lagi, diantaranya:
    DELETE FOR ME
    CANCEL
    DELETE FOR EVERYONE
  • Pilih dan klik DELETE FOR EVERYONE. Kemudian lanjutkan dengan klik OK.
  • Setelah beberapa detik, pesan chat WA Web yang ditarik tersebut akan berubah menjadi You deleted this message.
  • Selamat, kamu telah berhasil menarik pesan di WA Web.

Kedua metode diatas, hanya dapat dilakukan saat kita menarik pesan belum melebihi batas waktu 7 menit. Yang artinya setelah 7 menit, kamu tidak akan dapat menarik pesan tersebut. Tapi tenang, kami ada tips khusus untuk hapus pesan WA yang sudah lebih dari 7 menit.

3. Menarik Pesan di WhatsApp Lebih dari 7 Menit

Cara menarik pesan Whatsapp yang telah terkirim dan terbaca selama lebih dari 7 menit bisa dilakukan dengan tips dan trik khusus yang akan diberikan berikut ini. Simak langkah-langkahnya:

  • Langkah awal, kamu harus matikan semua sambungan internet di android kamu baik jaringan data maupun jaringan WiFi yang kamu pakai.
  • Saat dipastikan android kamu telah offline (tak ada koneksi internet), langsung saja keluarkan aplikasi WhatsApp yang tengah berjalan. Pastikan aplikasi WA kamu berhenti, masuklah ke Pengaturan » Manager Aplikasi » WhatsApp » Force Close.
  • Lanjut, atur tanggal & waktu android kamu. Masuk ke Pengaturan » Tanggal & Waktu.
  • Ubah tanggal di smartphone menjadi 1 atau 2 hari sebelum pesan telah terlanjut terkirim.
  • Next, buka dan jalankan aplikasi WhatsApp lagi.
  • Buka salah satu jendela chat, dan pilih pesan yang ingin ditarik.
  • Tekan dan tahan pesan tersebut lalu pilih Hapus untuk semua orang.
  • Setelah dipastikan pesan tersebut benar-benar terhapus dan berubah keterangan menjadi “Anda telah menghapus pesan ini“, kamu bisa atur kembali tanggal & waktu smartphone android kamu ke waktu sekarang.
  • Selesai. Kamu bisa aktifkan kembali jaringan internet di ponsel androidmu.
Terkait:  Cara Backup WhatsApp iPhone

Cukup mudah bukan? Mulai sekarang kamu telah bisa menarik pesan Whatsapp dengan banyak metode yang cukup simple dan cepat.

Pada akhirnya, demikianlah ulasan singkat terkait dengan cara menarik pesan di WhatsApp android, web, dan lainnya dalam beragam metode termudah. Bagikan pengalamanmu melalui form komentar dibawah ini ya bangs dan jangan lupa bagikan juga artikel ini ke teman kamu. 😉

Cek Juga:

Related posts

Leave a Reply