Home » Daftar » Cara Mendaftarkan Grab Food

Cara Mendaftarkan Grab Food

Apakah kamu saat ini tengah mencari cara daftar grabfood merchant prioritas? Ingin tau cara cepat daftar grabfood? Bagaimana cara mendaftarkan grab food pilihan?

Sejak diluncurkan dalam versi beta pada 2016, Grab food telah berekspansi dari satu negara dan 2 kota menjadi 6 negara dan 221 kota.  Grab food mengalami pertumbuhan pesat pada awal tahun 2019.

Hal tersebut didukung dengan pertumbuhan pesat dari kota-kota besar di Indonesia seperti  Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang , Yogyakarta, yang mengalami pertumbuhan nilai penjualan 4 kali lipat.

Pertumbuhan Grab food di Indonesia yang pesat dapat dikaitkan dengan kehadiran merchant restoran dan berbagai pilihan makanan yang dikenal masyarakat.

Pada 2019 saja, jumlah mitra Grab food meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang memberikan konsumen lebih banyak pilihan makanan untuk disantap.

Bagi kamu pemilik usaha, kamu bisa bergabung menjadi merchant melalui cara mendaftarkan Grab food berikut ini. Kepraktisan menjadi salah satu alasan mengapa omzet rumah makan meningkat.

Kini orang tidak perlu berjalan untuk membeli makan, hanya berbekal ponsel pintar, mereka bisa pesan, bayar, dan menunggu hingga makanan datang ke rumah. Grab food merupakan platform yang bisa memenuhi kebutuhan era digital ini.

Pengguna Grab food sudah mencapai jutaan orang. Dengan mengikuti cara mendaftarkan Grab food dan menjadi mitra, kamu berpotensi untuk menjaring konsumen dengan jangkauan lebih luas.

Misalnya, selama ini hanya orang terdekat restoran saja yang membeli makananmu, setelah bergabung menjadi mitra, orang dari kecamatan sebelah juga bisa mengetahui dan menikmati makanan yang kamu jual. Grab food juga akan mempromosikan restoranmu, karena foto makanan restoranmu pasti  terpampang di aplikasi.

Apalagi jika reputasi yang diberikan konsumen tinggi, restoranmu akan menjadi semakin terkenal. Kamu juga tidak perlu mengantar makanan, karena para driver yang akan mengantarkannya sesuai pesanan aplikasi.

Bergabung menjadi mitra Grab food juga akan meningkatkan pendapatanmu, diktup dari detik.com, sebanyak 80 persen UMKM yang merupakan mitra Grab food mengalami peningkatan omzet sebesar 30 persen.

Agar restoran atau warung makan kamu ada di aplikasi Grab food, tentunya kamu perlu melakukan cara mendaftarkan Grab food berikut ini.  Sebelum melakukan pendaftaran, lengkapi terlebih dahulu dokumen dan informasi sebagai syarat bergabung menjadi mitra.

Cara Mendaftarkan Grab Food

Cara Mendaftarkan Grab Food

Mendaftarkan Grab Food

Cara mendaftarkan Grab Food untuk resto sendiri maupun resto orang lain sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, kita tidak perlu repot untuk mendatangi kantor Grab. Hanya dari rumah pun bisa mendaftarkan resto ke Grab Food via online. Bagaimana panduan lengkapnya? Simak penjelasan detail berikut ini.

1. Mendaftarkan Grab Food Lewat Website

Tahap awal yang harus kita lakukan sebelum bisa bergabung menjadi mitra Grab Food, adalah dengan melakukan pendaftaran melalui website Grab yang disediakan untuk daftar Grab Food.

Cara bergabung dengan Grab Food tidak dapat dilakukan melalui aplikasi, melainkan harus daftar melalui link website yang disediakan untuk daftar Grab Food. Kunjungi atau buka website pendaftaran Grab Food disini: https://www.grab.com/id/merchant/food/.

Kamu bisa membuka website tersebut melalui browser smartphone atau komputer milikmu untuk daftar GrabFood.

2. Isikan Formulir Pendaftaran Online

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengisi semua formulir online yang tersedia di website tersebut.

Pastikan semua form terisi mulai dari Nama Bisnis/Resto, Alamat Bisnis/Resto, Kota, Nama Depan, Nama Belakang, Nomor Handphone, Alamat Email, dan Jumlah Pembeli Setiap Hari.

Isikan catatan atau pertanyaan tambahan jika ada. Klik kotak captcha yang menyatakan kamu bukan robot. Lanjutkan dengan meng-klik tombol DAFTAR.

3. Cek Email untuk Registrasi

Setelah kamu mengisi semua form online yang disediakan oleh website Grab, selanjutnya Grab akan mengirimkan kamu sebuah email yang digunakan untuk registrasi dan melanjutkan proses pendaftaran.

Buka saja Email kamu, cek bagian kotak masuk dari Grab Food. Buka email tersebut, baca dan temukan link verifikasi yang disediakan kemudian klik.

Lalu, kamu akan diarahkan ke halaman pengisian formulir tahap lanjut.

4. Upload Informasi Toko

Untuk menjadi Partner GrabFood, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan dan lengkapi. Berikut merupakan dokumen dan informasi yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar menjadi partner GrabFood:

  • Informasi Restoran
    Nama restoran: Sesuaikan dengan nama restoran di Banner restoran.
  • Alamat restoran (disertai nomor titik koordinat di peta):

Pastikan tertera nama dan nomor jalan yang jelas, disertai dengan patokan terdekat, seperti : (di sebelah Kantor Pos Tebet, di depan Rumah Sakit Jakarta, dll.)
Sertakan Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, dan kode pos.
Apabila restoran terletak di dalam mall, sertakan nomor lantai dan unit.

  • Nomor telepon restoran.
  • Email restoran.
    Gunakan domain @gmail.com
  • Foto Tampak Luar Restoran

Pastikan terdapat tulisan nama Resto kamu (di spanduk, stiker, atau kertas).
Foto gerobak/pedagang kecil/menggunakan sepeda motor tetap tidak diizinkan kecuali terdapat tenda atau kursi untuk makan di tempat dan tempat memang sudah pasti ditentukan.
Untuk home industri/toko rumahan, harus melampirkan foto owner dengan Banner yang ada di depan rumah.
Jika rumah pemilik resto, dapat melampirkan nama resto di atas kertas dan diletakan di depan rumah, tidak boleh hasil edit.mceclip4.png

  • Foto Tampak Dalam Restoran

Pastikan terlihat kasir, atau meja makan, atau dapur.
Tidak wajib memperlihatkan aktivitas di dalam restoran.Inside_Pict.PNG
Untuk home industri/toko rumahan wajib memperlihatkan foto owner dengan produk makanan yang dijual di dalam dapur. Dengan ketentuan wajah harus sama dengan foto di KTP, dan pastikan wajah owner serta produk makanan menghadap ke kamera dan terlihat jelas.
Terdapat 3 kriteria home industri/toko rumahan, yaitu menjual produk makanan hanya di dalam rumah, hanya melayani take away dan tidak memiliki fasilitas untuk pelanggan dine-in, serta tidak memiliki etalase/gerobak/kios yang dapat menampilkan produk makanan yang dijual.

  • Foto Logo Restoran (Jika ada).
  • Informasi Pemilik
  • Foto KTP (yang masih berlaku)

Pastikan nama dan nomor KTP jelas dan lengkap.
Dapat mempergunakan Non E-KTP dan pastikan belum expired.
Tidak dapat mempergunakan resi sebagai pengganti KTP.
KTP harus jelas, tidak rusak (jika KTP cacat/rusak, silakan menguasakan kepemilikan kepada keluarga atau kerabat).
KTP tidak boleh terpotong.
KTP tidak boleh hasil fotokopian atau scan.
Pastikan informasi personal di KTP harus jelas dan lengkap, tidak tertutup apapun.
Foto KTP dapat diterima apabila telah terdeteksi di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/.
Untuk WNA, dapat menggunakan passport, dan pastikan tidak dalam bentuk fotokopi atau hasil scan.

  • Foto Selfie dengan KTP (foto diri Anda dengan memegang KTP)

Foto selfie dengan KTP asli dan pastikan jelas.
KTP harus terbaca secara jelas dan tulisan tidak terbalik.
KTP tidak boleh menutupi sebagian wajah, wajah harus terlihat secara jelas tanpa tertutup apapun.
Merchant yang berbentuk badan hukum (PT) tidak perlu melampirkan foto selfie.
Selfie dengan membelakangi cahaya masih dapat diterima asalkan nomor KTP terlihat jelas.
Untuk WNA lakukan foto selfie dengan passport asli.

  • Foto NPWP
    NPWP boleh dalam bentuk fotokopi.
  • Informasi Bank
  • Foto Buku Tabungan atau Tampilan E-Banking

Pastikan nomor rekening kamu terlihat jelas.
Jika pemilik Tabungan atau Rekening berbeda dengan Penanggung. Jawab Utama, kamu harus melampirkan Surat Kuasa, yang bisa di unduh di link : https://ufile.io/h5zd0

  • Informasi Menu
  • Foto Daftar Menu
    Lengkap dengan Harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab.
  • Foto Makanan

Sesuai dengan menu.
Foto makanan bisa lebih dari satu.
Makin banyak foto makanan makin menarik bagi pemesan.

5. Tanda Tangan Kontrak Kerja Sama

Setelah semua formulir persyaratan GrabFood dipastikan terisi, tahap selanjutnya adalah melakukan proses penandatanganan kontrak kerjasama.

Buka inbox email, dan temukan email dengan subject (Tanda tanganilah perjanjian kerjasama GrabFood). Buka email tersebut, lalu tandatanganilah sesuai petunjuk yang diberikan.

6. Verifikasi Outlet Grab Food

Setelh menandatangani kontrak kerjasama, buka email lagi untuk melanjutkan proses verifikasi Outlet. Buka inbox email lagi, dan temukan email dengan subject (GrabFood – Verifikasi Email Anda).

Klik link verifikasi yang diberikan dalam waktu 72 jam. Jika kamu gagal untuk meng-klik link verifikasi dalam 72 jam, status kamu akan gagal diverifikasi, dan dianjurkan untuk menghubungi tim telesales GrabFood untuk mengirimkan email verifikasi outlet lagi.

7. Proses Verifikasi OVO

Ovo dipakai untuk transaksi penjualan, Setelah semua data telah lengkap dan berhasil diverifikasi, kamu akan memasuki tahap proses oleh tim OVO.

Tim OVO akan menghubungi kamu untuk verifikasi informasi. Setelah semua data berhasil divalidasi, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Tim OVO.

Tim OVO akan meminta verifikasi nama kamu, restoran kamu, dan alamat restoran kamu. Setelah semua data berhasil divalidasi, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Tim OVO.

8. Aktivasi Grab Food + Training

Setelah semua data lengkap dan berhasil divalidasi oleh tim Grab Food, maka email berisikan bahan training tentang berjualan menggunakan aplikasi GrabFood dan tautan aplikasi GrabFood akan dikirimkan ke kamu.

Kemudian kamu juga dapat mendownloadnya untuk dipelajari mendalam. Kamu pun akan mendapatkan informasi tentang pengaktifan akun GrabFood Merchant.

Demikianlah panduan lengkap dan mudah mengenai cara mendaftarkan Grab Food untuk resto atau outlet pribadi maupun orang lain. Jika masih bingung kamu bisa tuliskan komentar dibawah ya. Jangan lupa untuk bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu bangs. 😉