Cara Cek IMEI Samsung

  • Whatsapp

Banyak orang yang belum mengetahui cara cek IMEI Samsung yang dimilikinya. Padahal kode IMEI smartphone memiliki peranan yang sangat penting. Di negara-negara maju sendiri, jika ada ponsel yang dicuri atau hilang, kalian bisa melacak hp yang hilang lewat IMEI yang tertera.

Di samping itu, setiap ponsel mempunyai kode IMEI yang berbeda. Jadi, bisa dikatakan bahwa kode IMEI ini merupakan identitas yang unik. Selain itu, IMEI juga bisa menjadi cara mengecek HP Samsung asli atau tidak, dan juga mengecek HP Xiaomi untuk mengetahui kualitas nya.

Read More

Karena kode IMEI memiliki fungsi yang penting bagi sebuah ponsel, mari kita ulas lebih detail mengenai kode IMEI itu sendiri.

Pengertian Kode IMEI

International Mobile Equipment Identity atau kode IMEI, ialah identitas unik yang terdapat pada perangkat ponsel secara internasional. Dengan kata lain, setiap telepon seluler secara global, mempunyai identitas yang berbeda dan tiak akan sama antara satu dengan yang lain.

Karena memiliki penomoran unik, wajar jika kode IMEI serin dicantumkan saat melakukan pembelian ponsel tepatnya di nota pembelian, nota garansi, atau dus box.

Adapun ciri khas dari kode IMEI yang dapat kita lihat ialah berupa susunan angka yang terdiri atas 14-16 digit. Pada ponsel terbaru sendiri biasanya jumlah kode IMEI-nya sebanyak 16 digit.

Adapun fungsi utama kode IMEI itu sendiri ialah sebagai identifikasi ponsel. Selain itu, fungsi lain yang terpenting ialah untuk melakukan pemblokiran jarinan saat terjadi penyalahgunaan ponsel, jadi hampir sama dengan nomor akun rekening tabungan perbankan.

Dengan kata lain, jika ponsel kamu dicuri atau hilang, kamu dapat melaporkan segera kode IMEI ponsel tersebut langsung ke provider agar dilakukan pemblokiran.

Terkait:  Cara Cek Saldo ATM Mandiri

Sehingga si pencuri pun tidak dapat memakai ponsel kita. Tak hanya itu, kita juga dapat menyerahkan IMEI ponsel ke pihak kepolisian untuk dilakukan identifikasi serta melakukan tindak lanjut aksi pencurian dengan cara melacak kode IMEI tersebut.

Adapun kombinasi huruf dan angka yang terdapat dalam format IMEI biasanya mengacu sesuai format standar tahun 2004 lalu. Format tersebut biasanya berbentuk AA-BBBBBB-CCCCCC-D dengan sebutan TAC atau Type Allocation Code.

Untuk perangkat Samsung Galaxy sendiri (misal : Samsung Galaxy S7 Edge atau keluarga Galaxy lainnya), biasanya tercantum kode TAC35-853704. Adapun bagian C-nya itu sendiri mengidentifikasikan serial nomor perusahaan yang unik di tiap-tiap ponsel. Sementara pada bagian D atau digit terakhir berupa verifikasi kode IMEI Info provider Samsung.

Terpisah Dengan SIM Card

Semua kode IMEI pada ponsel sebenarnya tidak berhubungan dengan kartu SIM. Jadi walaupun kartu sim tidak terpasang atau dilepas, maka kode IMEI tersebut tetap melekat. Meskipun saat ponsel direset. Kode IMEI ponsel kita tidak akan  berubah dan tetap sama, karena berupa nomor unik yang berguna untuk pengidentifikasian ponsel.

Hanya saja, pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab biasanya memanfaatkan kelemahan-kelemahan pada IMEI code ini. Diantaranya dengan cara mengubah kode IMEI yang lama dengan kode yang baru. Biasanya oknum tindak kriminal mengganti kode yang telah terblokir memakai kode yang masih digunakan (aktif) supaya ponsel tersebut bisa digunakan kembali.

Hal inilah yang menimbulkan keresahan bagi pengguna ponsel. Adapun solusi praktis yang bisa kita coba sekarang ini yaitu sebaiknya jangan menyebarkan kode IMEI smartphone kita dengan mudah ke siapa pun, sebab kode IMEI tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh pihak-pihaj yang tak bertanggung jawab.

Terkait:  Harga Samsung Galaxy Fold Terbaru

Apa Saja Fungsi Kode IMEI Pada Ponsel?

Sebelum kita memasuki pembahasan pokok tentang cara cek IMEI Samsung, alangkah baiknya kamu mengetahui fungsi dari kode IMEI ponsel itu sendiri. Provider ponsel biasanya langsung menciptakan kode IMEI sesuai standar jenis TAC (Type Allocation Code). Adapun sederet angka-angka unik dengan format khusus ini, apabila dibaca akan menunjukkan model atau tipe ponsel hingga perusahaan pembuatanya.

Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung
Cek IMEI Samsung

Untuk memastikan ponsel Samsung kamu, apakah termasuk produk BM (black market) atau ori, sebaiknya kamu memastikan pengecekan kode IMEI terlebih dahulu.

Cara pengecekan kode IMEI provider Samsung itu sendiri sangatlah mudah. Kamu dapat melihatnya di dus book Samsung secara langsung atau bisa juga lewat menu pengaturan untuk melihat kode khusus. Berikut langkah cara cek IMEI Samsung, diantaranya :

Cek IMEI Ponsel Samsung Menggunakan Kode

Untuk mengecek IMEI Samsung yang asli kita bisa memanfaatkan kode khusus, sehingga akan tercantum informasi kode IMEI ponsel. Jika memakai ponsel Samsung yang memiliki dual sim card, biasanya akan tertera 2 nomor IMEI yang berbeda.

Caranya yaitu : Buka menu panggilan Telepon, kemudian tekan kode dial *#06#, selanjutnya tekan tombol Panggil/Calllalu secara otomatis nomor IMEI ponsel langsung tertera di layar ponsel.

Cara ini bisa digunakan untuk pengecekan kode IMEI semua jenis smartphone Samsung seperti Samsung Galaxy A70, Samsung Galaxy A6 Plus, dan Samsung Galaxy A71.

Cek Kode IMEI di Menu Setting

Cara cek IMEI Samsung selanjutnya ialah dengan melakukan pengecekan langsung ke menu pengaturan saja. Adapun langkah-langkahnya yaitu kita harus buka menu setting atau pengaturan di ponsel Samsung, kemudian pilih “About Phone”, lalu cari nomor kode IMEI dan nantinya akan langsung muncul 2 nomor IMEI ponsel berbeda jika kita memakai smartphone dual Sim Card.

Cek Kode IMEI di Dus Book Samsung

Penjualan hp Samsung berstatus black market saat ini memang sudah menjadi hal yang lumrah. Jika kita membeli ponsel rekondisi umumnya kode IMEI pada dusbook dengan yang tertera pada ponsel, akan berbeda.

Sebab Hp rekondisi sebenarnya Hp seken yang telah diperbaiki ulag supaya tampak seperti baru, dan rata-rata memakai dusbook yang palsu.

Jika ponsel Samsung yang kita beli adalah original, biasanya nomor IMEI ponsel yang tertera di belakang dusbook Samsung sama seperti yang tertera di ponsel. Sedangkan untuk mengecek kode IMEI Samsung pada ponselnya bisa menggunakan tutorial pada poin di atas.

Itulah beberapa tutorial cara cek IMEI Samsung yang bisa kita pilih. Dengan mengetahui kode IMEI, selain kita bisa mengecek apakah ponsel kamu termasuk BM (Black Market) atau original, juga bisa digunakan saat kehilangan ponsel kesayangan.

Related posts