Home » Cara Cek » Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Saat belanja barang di Shopee, tidak jarang kita temukan beberapa barang atau produk langsung dikirim dari China ataupun Korea. Pengiriman barang dari luar negeri tersebut biasanya memakai ekspedisi Standard Express. Pertanyaannya, bagaimana sih cara cek resi standard express Shopee tersebut?

Walaupun jasa ekspedisi Standard Express sudah terpercaya, tapi tidak jarang pembeli merasa penasaran sudah sampai dimana produk yang mereka beli. Jadi, jika Kalian ingin melacak keberadaan produk yang telah dibeli bisa langsung tracking jasa ekspedisi tersebut menggunakan  nomor resi yang sudah diberikan pihak Shopee.

Proses Pengiriman Barang dari China

Saat Kalian ingin membeli barang di shopee dari luar negeri, Shopee bisa menjadi alternatif marketplace yang Kalian pilih. Kemudian langsung saja browsing produk yang Kalian inginkan di aplikasi Shopee. Tapi perlu diingat ya lur, tidak semua barang yang dibeli dari luar negeri ini bisa di kredit. Semisal kamu ingin Kredit HP di Shopee, maka disarankan untuk memilih produk dari seller yang ada di Indonesia ya lur.

Di sana ada banyak sekali pilihan produk yang dijual dari seller / penjual di shopee yang berbeda. Kalian tinggal pilih saja produk yang Kalian butuhkan dengan harga sesuai budget. Sesudah Kalian melakukan pembayaran lalu dikonfirmasi oleh pihak Shopee, pihak seller pun langsung mengemas barang yang akan dikirimkan.

Nah, jika ternyata barang yang dikirim dari China, Kalian akan langsung menerima nomor resi pengiriman yang dapat digunakan untuk pengecekan nomor resi dari Standard Express.

Perlu Kalian ketahui, untuk melakukan cara cek resi Standard Express Shopee biasanya bisa dilakukan di situs Bea Cukainya langsung. Termasuk pengiriman barang dari China maupun Korea.

Walaupun demikian, Kalian tidak dapat melakukan pengecekan apabila barang tersebut belum sampai di Indonesia. Biasanya waktu pengiriman barang dari luar negeri (China) memerlukan waktu selama 2-3 hari untuk sampai ke Indonesia. Berbeda dengan layanan gratis ongkir di shopee yang mana bisa kamu track dengan nomor resi jasa ekspedisi pengiriman barang.

Jadi, Kalian baru bisa melakukan pengecekan nomor resi tersebut setelah beberapa hari atau saat barang tiba di Indonesia. Namun apabila Kalian merasa barang yang dikirimkan beresiko, sebaiknya hubungi pihak Customer Service dari toko online yang ada di Shopee tersebut.

Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Cek Resi Standard Express Shopee

Khususnya bagi Kalian yang baru kali pertama memesan barang dari luar negeri, dan merasa khawatir akan kondisi barang tersebut. Walaupun memang barang yang Kalian pesan pastinya tetap akan sampai, hanya saja waktunya yang tidak bisa kita tentukan sendiri.

Terutama apabila pengiriman barang dilakukan dari China, Kalian tentu tidak dapat melacaknya dengan cara manual. Adapun yang bisa Kalian lakukan ialah melacak pengiriman barang via Shopee. Berikut ada 2 cara cek resi Standard Express Shopee yang bisa dipilih, diantaranya :

Cek Resi Standard Express Lewat Bea Cukai

Jika Kalian ingin langsung melacak barang lewat bea cukai, berikut tutorial yang harus Kalian ikuti :

  • Langkah pertama yaitu buka situs resmi Direktoran Jendaral Bea dan Cukai.
  • Lalu buka halaman tracking di situs tersebut.
  • Cek nomor resi Standard Express dengan memasukkan resi yang Kalian dapatkan dari Shopee. Ketikkan di kolom yang telah tersedia.
  • Di kolom selanjutnya, Kalian bida langsung mengisi keycode untuk melanjutkan tracking barang kiriman, kemudian submit.
  • Apabila barang yang Kalian pesan sudah tiba di Indonesia, biasanya akan langsung terlihat informasi notifikasi berupa penerima dan pengirim. Namun untuk mengecek kelengkapan informasi tersebut, Kalian harus pilih tombo bertuliskan “See Details”.
  • Selanjutnya cek di bagian History Status. Namun jika ternyata tidak ditampilkan data apapun, ini artinya barang atau produk yang Kalian pesan belum tiba di Indonesia.
  • Langkah berikutnya Kalian akan ditampilkan proses yang sudah dilewati barang pesanan Kalian di Bea Cukai.
  • Apabila statusnya ialah “Barang Keluar Gudang” ini artinya barang Kalian sudah disampaikan ke jasa ekspedisi JNE untuk dikirimkan segera ke alamat tujuan.

Cek Resi Standard Express Lewat Situs Cek Resi

Kalian juga bisa melakukan cara cek resi Standard Express Shopee menggunakan situs cek resi. Untuk cara-caranya hampir mirip dengan cek resi di Bea Cukai, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama kunjungi situs resmi Cek Resi
  • Lalu Kalian bisa memasukkan nomor resi pengiriman di kolom yang telah disediakan
  • Selanjutnya pilih “Cek Resi” maka Kalian akan mendapatkan informasi mengenai status pengiriman barang yang Kalian pesan di Shopee untuk pengiriman dari luar negeri.

Cek Resi Standard Express di JNE

Nah, untuk cara ini sebenarnya jika barang yang Kalian pesan sudah sampai di Indonesia dan ada keterangan bertuliskan “Barang Keluar Gudang” Ketika Kalian mengecek nomor resi pengiriman Standar Express. Lalu, tertera status pengiriman di Aplikasi Shopee sudah diteruskan ke JNE.

Adapun untuk melacak pengiriman barang Standar Express Shopee, berikut ini :

  • Kalian bisa cek aplikasi Shopee, selanjutnya akan terdapat status pengiriman pada aplikasinya. Kalian juga dapat melihat resi pengiriman JNE yang tertera.
  • Setelah itu, lacak pengiriman barang di situs JNE menggunakan nomor resi yang terdapat di aplikasi Shopee sebelumnya.
  • Jika sudah memasukkan resi di kolom tersedia di situs resmi JNE-nya, Kalian bisa inputkan kode Captcha kemudian pilih “Search”.
  • Selanjutnya, Kalian akan mendapatkan informasi tentang pengiriman barang tersebut. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkapnya, Kalian bisa mentap nomor AWB.
  • Cek pada tabel History, lalu Kalian pun akan mendapatkan informasi tentang lokasi keberadaan barang yang dipesan. Jika ada status bertuliskan “Delivered to..” ini artinya barang yang Kalian pesan seharusnya sudah sampai.

Itulah tutorial cara cek resi Standard Express Shopee yang bisa Kalian ikuti. Lalu, bagaimana jika ternyata saat melakukan pengecekan ternyata ada tulisan “Data Tidak Ditemukan”?

Kalian juga harus tahu bahwa resi pengiriman baru bisa dilacak sesudah baran dikirim penjual setidaknya setelah 1 sampai 3 harian.

Akan tetapi, jika dalam waktu beberapa hari Kalian tidak bisa melakukan pelacakan, baru bisa mengajukan komplain baik ke pihak Shopee, seller, maupun ke Standard Express.