Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

  • Whatsapp

Bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS? Meskipun kini sudah tersedia fitur Internet Banking BRI, tidak sedikit nasabah bank masih memakai layanan SMS Banking, karena cenderung lebih aman dan lebih mudah. Layanan SMS Banking sendiri bisa menjadi alternatif saat Kalian kehabisan kuota internet dan masih tersedia pulsa regular.

Kita ketahui bahwa SMS Banking menawarkan banyak pilihan transaksi perbankan. Kalian hanya perlu mengetikkan SMS dengan format-format khusus saja untuk melakukan transaksi keuangan. Bank BRI termasuk salah satu perusahaan perbankan yang telah menyediakan fitur SMS Banking.

Read More

Selain itu, cara daftar sms banking pun terbilang cukup mudah, dan bisa dilakukan melalui ATM atapun Bank BRI terdekat.

Layanan SMS Banking BRI

Jika Kalian merupakan nasabah bank BRI, Kalian bisa melakukan berbagai maca transaksi seperti pengecekan saldo, pengisian ulang pulsa, transfer uang ke sesama bank BRI ataupun beda ban, hingga layanan pembelian token listrik.

Bagaimana cara bertransaksi lewat layanan SMS Banking? Caranya sebenarnyacukup simpel, sebab yang dibutuhkan ialah hanya format tertentu saja sesuai transaksi yang akan dilakukan, kemudian kirimkan pesan yang sudah Kalian ketik ke nomor yang sudah disediakan pihak bank. Di samping itu, Kalian juga dapat memakai SMS Toolkit yang sudah disediakan lewat beberapa pilihan menu di tiap-tiap provider kartu SIM.

Kalian juga harus tahu bahwa menu yang tersedia pada layanan SMS Banking di setiap providernya berbeda, jadi sebaiknya cari tahu tentang informasi mengenai SMS Toolkit terlebih dahulu dari provider kartu SIM yang Kalian gunakan.

Daftar Isi

Cara Daftar Layanan SMS Banking BRI

Sebelum dapat menggunakan layanan SMS Banking BRI untuk melakukan cek saldo, kalian diharuskan untuk mendaftarkan layanan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Simak panduan berikut ini.

Daftar Layanan SMS Banking BRI di Bank

Selain itu, untuk menggunakan layanan SMS Banking BRI Kalian harus melakukan registrasi SMS Banking ke bank guna mendapatkan password sebagai kunci untuk mengakses fitur SMS Banking itu sendiri. Jika sudah Membuka Rekening BRI dan menjadi Nasabah Bank BRI, Kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara daftar SMS Banking BRI di kantor bank BRI :

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat di tempat Kalian tinggal.
  • Ambil antrian ke meja Customer Service.
  • Selanjutnya jika nomor antrian Kalian sudah terpanggil, langsung ke meja CS lalu tanyakan perihal pendaftaran SMS Banking BRI.
  • Kemudian Customer Service BRI pun akan meminta buku tabungan, KTP, kartu ATM BRI, dan nomor ponsel yang masih aktif.
  • Selanjutnya Kalian akan langsung didaftarkan ke layanan SMS Banking sekaligus melakukan aktivasi. Jika sudah berhasil, Kalian kini bisa menggunakan fitur SMS Banking untuk melakukan transaksi perbankan.

Perlu diketahui bahwa dengan mendaftarkan layanan SMS Banking di kantor cabang BRI, maka Kalian bisa langsung mendapatkan kemudahan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, tidak hanya sekedar cara cek saldo BRI di SMS saja. Seperti bisa melakukan transfer uang, pengecekan saldo, dan pembayaran tagihan.

Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM

Sebelum membahas cara cek saldo BRI lewat SMS, Kami juga akan membagikan cara pendaftaran SMS Banking BRI melalui ATM. Cara yang satu ini, bisa Kalian lakukan jika tidak memiliki banyak waktu untuk mendaftarkan layanan SMS Banking di kantor cabang BRI. Namun tetap saja, untuk melakukan aktivasi Kalian harus tetap ke kantor cabang BRI. Berikut caranya :

  • Pergi ke ATM BRI
  • Masukkan ATM BRI Kalian ke mesin ATM, lalu ketikkan nomor PIN ATM.
  • Pilih layanan “Transaksi Lainnya”, kemudian pilih “Lainnya.
  • Selanjutnya pilih menu “Registrasi” dan langsung pilih layanan “Mobile Banking”.
  • Lalu inputkan nomor HP, dan ketik PIN layanan SMS Banking.
  • Selanjutnya konfirmasi PIN dan registrasi pun berhasil.
Terkait:  Cara Cek HP Asus

Sementara untuk melakukan aktivasi layanan SMS Banking, Kalian bisa pergi ke kantor cabang BRI saat waktu luang. Untuk cara-caranya sendiri, bisa mengikuti cara daftar layanan SMS Banking BRI di Bank seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS
Cek Saldo BRI Lewat SMS

Cara cek saldo BRI lewat SMS sebenarnya sangat mudah, jika Kalian sudah terdaftar layanan SMS Banking, cukup mengikuti langkah di bawah ini :

  1. Ketikkan SMS dengan format : SALDO(spasi)PIN lalu kirimkan ke nomor 3300.
  2. Selanjutnya Kalian akan mendapatkan balasan tentang informasi saldo rekening BRI yang Kalian miliki.

Bagaimana, sangat mudah kan mengikuti cara cek saldo BRI lewat SMS di atas?

Jumlah Biaya Cek Saldo atau Transaksi Perbankan Lewat SMS Banking BRI

Selain mengetahui cara cek saldo BRI lewat SMS, Kalian juga perlu mengetahui besarnya biaya SMS yang dikenakan. Jadi sebelum melakukan transaksi, Kalian harus memiliki pulsa reguler yang cukup. Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bertransaksi lewat SMS Banking BRI?

  • Telkomsel

Bagi pengguna Telkomsel, biaya yang dikenakan untuk mengirimkan SMS banking ialah Rp. 350,- sedangkan untuk terima SMS dari 3300 atau layanan BRI ialah Rp. 500.

Untuk kartu AS sendiri biaya yang dikenakan untuk pengiriman SMS Banking sebesar Rp. 300,- saja, sedangkan biaya terima SMS layanan perbankan BRI ialah Rp. 550.

Bagi pengguna karu Halo, Kalian akan dikenakan biaya kirim SMS layanan perbankan sebesar Rp. 250,- sementara untuk terima SMS akan dikenakan biaya Rp. 500.

  • XL

Bagi pengguna XL Prabayar, Kalian akan dikenakan biaya kirim SMS untuk transaksi perbankan BRI ialah Rp. 350, sementara untuk penerimaan SMS dari bank BRI sendiri Rp. 500.

Terkait:  Cara Daftar SMS Banking BRI

Adapun untuk pengguna XL Pascabayar, biaya kirim SMS yang dibebankan ialah Rp. 250,- dan biaya penerimaan SMS sebesar Rp. 500.

Itulah ulasan mengenai cara cek saldo BRI lewat SMS beserta biaya yang dibebankan untuk menggunakan layanan SMS Banking. Pengecekan saldo rekening bank BRI lewat SMS banking bisa dikatakan cukup aman dan mudah, sebab semua data yang dikirimkan dapat dihapus langsung, sehingga rekening Kalian pun tetap aman.

Related posts