Home » BTN » Cara Cek Saldo BTN

Cara Cek Saldo BTN

Para nasabah biasanya hanya mengetahui cara cek saldo BTN lewat kantor cabang bank BTN saja, padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bank BTN sendiri menawarkan kemudahan layanan transaksi perbankan, lewat berbagai macam pilihan cara. Sehingga Kalian bisa mengecek saldo kapan pun dan dimana pun.

Selain menyediakan layanan pengecekan saldo lewat pencetakan buku rekening tabungan langsung di kantor cabang beserta layanan ATM, bank BTN juga telah menyediakan layanan pengecekan saldo scara online guna mempermudah para nasabah melakukan transaksi keuangan sesuai kebutuhan. Tentunya ini berguna banget sebelum kalian Mengambil Uang di ATM BTN lur.

Cara Cek Saldo BTN

Cara Cek Saldo BTN

Cek Saldo BTN

Bagaimana cara cek saldo BTN?

Untuk pengecekan saldo bank BTN, Kami akan bagikan cara-caranya di bawah ini mulai dari memanfaatkan layanan ATM Bank BTN juga melalui layanan online. Adapun ulasannya, sebagai berikut.

Cek Saldo BTN Via ATM

Bagi Kalian yang ingin melakukan pengecekan saldo bank BTN via ATM, ada beberapa langkah yang harus Kalian lakukan, diantaranya sebagai berikut :

  • Masukkan kartu ATM BTN Kalian kemudian pilih layanan transaksi bahasa Indonesia.
  • Lalu inputkan 6 digit angka nomor PIN ATM bank BTN.
  • Pilih opsi “Transaksi Lainnya”.
  • Kemudian pilih opsi “Informasi Saldo”.
  • Lalu kemudian di tipe rekening, Kalian bisa pilih menu “Tabungan” lalu tunggu sampai muncul informasi nomor kartu ATM BTN, dan saldonya.

Cara ini sangat mudah, karena Kalian tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Jadi setelah membuka rekening tabungan BTN dan mendapatkan kartu ATM, Kalian bisa langsung melakukan pengecekan saldo di mesin ATM.

Cek Saldo BTN Via SMS Banking

Bagi para nasabah yang sudah terbiasa memakai perangkat ponsel untuk melakukan berbagai aktivitas, bank BTN juga menawarkan layanan SMS banking yang bisa diandalkan untuk berbagai macam transaksi keuangan,  salah satunya untuk mengecek saldo tabungan BNI.

Namun untuk menggunakan layanan SMS Banking ini, Kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di mesin ATM bank BTN terdekat. Adapun cara registrasinya, sebagai berikut :

  • Masukkan kartu ATM BTN di mesin ATM BTN terdekat.
  • Kemudian ketikkan nomor PIN ATM Kalian.
  • Selanjutnya pilih layanan “SMS Banking”.
  • Lalu pilih opsi “Pendaftaran SMS Banking”.
  • Kemudian pilih lagi “Persetujuan Pendaftaran” dan ketikkan nomor ponsel Kalian yang masih aktif untuk mengakses layanan SMS Banking.
  • Lalu ketikkan PIN untuk mengakses SMS Banking.
  • Selanjutnya di struk akan tercetak user ID beserta PIN SMS Banking. Kalian bisa menyimpan struk tersebut dengan baik.
  • Sedangkan kode aktivasi sendiri akan dikirimkan langsung ke nomor Hp yang sudah didaftarkan.

Sampai tahapan ini,  Kalian pun sudah berhasil melakukan registrasi. Jika sudah terverifikasi dengan berhasil, layanan SMS banking dapat digunakan untuk melakukan banyak transaksi perbankan non tunai, salah satunya pengecekan saldo Bank BTN. Adapun caranya, sebagai berikut :

  • Pertama-tama kirimkan SMS dengan format ketik : Cek(spasi)Saldo(spasi)BTN kemudian kirimkan ke nomor 3555.
  • Kalian juga bisa memakai kode USSD di nomor *141*15#.

Cek Saldo BTN via Internet Banking

Bank BTN pun kini menawarkan fasilitas Internet Banking untuk para nasabahnya. Fitur ini dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk para nasabah yang sering online, sehingga nyaman menggunakan layanan internet. Dan jangan salah lur, Internet Banking juga sekarang udah tersedia di beberapa bank lain, seperti Internet Banking BRI, Internet Banking BCA, Internet Banking BNI, dan juga Internet Banking Mandiri.

Internet Banking bisa dipakai untuk melakukan transaksi perbankan non tunai, salah satunya untuk pengecekan saldo tabungan bank BTN. Bagi Kalian yang ingin menggunakan layanan ini, harus melakukan pendaftaran di mesin ATM BTN lebih dahulu, berikut ulasannya :

  • Masukkan kartu ATM seperti biasa ke mesin ATM BTN, kemudian ketikkan PIN ATM Kalian.
  • Pilih layanan “Internet Banking”, lalu selanjutnya pilih “Pendaftaran Internet Banking”.
  • Lalu pilih opsi “Persetujuan Pendaftaran”, setelah itu dilanjut dengan menginputkan PIN layanan Internet Banking.
  • Selanjutnya ketikan nomor Hp Kalian.
  • Setelah itu, dari mesin ATM akan keluar struk berisi user ID beserta PIN Internet Banking, Kalian bisa menyimpan struk tersebut jika Kalian lupa dengan PIN dan User ID Internet Banking.
  • Selamat, Kalian pun berhasil mendaftar layanan Internet Banking.

Langkah berikutnya, Kalian harus mengunduh aplikasi i-Banking BTN terlebih dahulu di internetbanking.btn.co.id. Apabila aplikasi i-Banking ini sudah terunduh di ponsel Kalian, selanjutnya tinggal aktivasi memakai user ID beserta PIN yang sudah tertera dalam struk ATM tadi.

Jika Kalian sudah berhasil masuk atau login, maka nasabah bisa mengakses layanan Internet Banking sesuai kebutuhan, termasuk untuk pengecekan saldo tabungan bank BTN.

Apabila jaringan internet Kalian lancar, cara ini menjadi sangat mudah dan cepat tanpa menghabiskan banyak waktu. Jadi pastikan Sinyal Internet kalian tuh aman terkendali.

Cek Saldo BTN Via Customer Service

Cara yang satu ini juga sangat ampuh bagi Kalian yang tidak memiliki banyak waktu, tapi mempunyai pulsa reguler di ponsel yang cukup banyak.

Mengingat cara-cara di atas mungkin mengharuskan Kalian untuk melakukan registrasi layanan terlebih dahulu, jadi cara ini bisa menjadi opsi terakhir.

Kaian hanya perlu menghubungi pihak Customer Service bank BTN di layanan 1500 286. Kalian bisa menghubunginya kapan saja, karena layanan CS ini tersedia sampai 24 jam.

Kalian akan dimintai identitas diri dan keterangan, lalu petugas pun akan memberitahukan jumlah saldo bank BTN Kalian. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Walaupun BTN menawarkan banyak cara cek saldo BTN, tentu saja Kalian harus tetap menjaga data pribadi rekening tabungan Kalian.

Untuk meminimalisir pengeluaran sekaligus meningkatkan nilai tabungan, pastikan Kalian selalu menyisihkan uang dari total penghasilan yang Kalian miliki. Sehinga tabungan Kalian pun tetap terisi dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.