Cara Cek Saldo e Toll

  • Whatsapp

Banyak orang yang mengeluhkan sulitnya cara cek saldo e Toll. Tapi bagi Kalian pengguna smartphone yang dilengkapi fitur NFC, mudah sekali mengecek saldo e-toll.

NFC sendiri ialah kependekan dari Nier Field Communication. Akan tetapi, pada kenyataanya hanya beberapa orang saja yang smartphone-nya dilengkapi fitur yang satu ini. Sebagai solusinya, Kalian bisa menggunakan cara pengecekan saldo e-Toll tanpa smartphone berfitur NFC.

Sebenarnya cara pengecekan saldo e-money sendiri sangat dipengaruhi bank penerbit atau lembaga keuangan yang menerbitkan uang elektronik ini.

Sekarang ini untuk pengecekan sekaligus top up saldo dari Flazz yang telah diterbitkan bank BCA sendiri, yang mana kamu bisa melakukannya di ATM BCA yang mana bisa juga nih lur buat sekalian Mengambil Uang di ATM BCA.

Sementara untuk jenis e money yang diterbitkan bank BUMN, diantaranya seperti e-toll card yang dikeluarkan bank Mandiri, Bank BNI dengan Tap Cash-nya, Bank BRI dengan Brizzi-nya dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan cara online menggunakan fitur NFC. Tapi lur, pastiin dulu kalian udah Cek Saldo Brizzi sebelum mengisi e-toll card ya.

Akan tetapi, berikut Kami akan bagikan cara cek saldo e toll baik bagi pengguna ponsel berfitur NFC maupun tanpa menggunakan ponsel berfitur NFC :

Cara Cek Saldo e Toll

Cara Cek Saldo e Toll
Cek Saldo e Toll

Cek Saldo e Toll di Mesin ATM

Beberapa mesin ATM menawarkan layanan pengecekan saldo e Toll berlogo khusus. Menariknya, Kalian bisa melakukan pengecekan saldo secara langsung tanpa perlu membawa serta kartu ATM Mandiri. Berikut langkah-langkah :

  • Kunjungi ATM Mandiri terdekat.
  • Lalu di mesin ATM, Kalian bisa tekan tombol berwarna hijau.
  • Selanjutnya tempelkan kartu e-toll Kalian di bagian yang berlogo khusus e-money yang berwarna kuning.
  • Lalu dilanjutkan kembali dengan memilih opsi “Informasi Saldo”.
  • Setelah itu, mesin ATM pun akan langsung menyertakan informasi sisa saldo e-toll pada layar mesin ATM.
Terkait:  Cara Bermain Saham

Selain melakukan pengecekan saldo, Kalian juga dapat menambah saldo atau topup hingga update saldo. Biasanya update saldo ini dibutuhkan sesudah Kalian melakukan topup melalui fitur NFC via Mandiri Online atau e-commerce tertentu.

Cek Saldo e Toll via Mandiri Online dan Internet Banking

Jika Kalian kesulitan mendapatkan ATM yang berlogo e-money, Kalian dapat menggunakan layanan Internet Banking  Bank Mandiri untuk pengecekan saldo e-Toll. Kalian bisa simak cara cek saldo e Toll di bawah ini :

  • Buka situs resmi ib.mandiri.co.id pada ponsel atau PC Kalian terlebih dahulu.
  • Kemudian login ke akun Kalian, dan jangan lupa masukkan password-nya. Setelah itu, pilih opsi “Uang Elektronik”
  • Setelah itu, lanjutkan memilih layanan “Mandiri e-Money”. Lalu pilih menu “Informasi Saldo”.
  • Lalu inputkan 16 digit nomot pada kartu e-toll Kalian, tepatnya pada bagian depan kartu e-Toll.
  • Selanjutnya langsung saja pilih “Kirim” lalu Kalian pun akan mendapatkan informasi saldo kartu e-Toll Kalian di layar ponsel.

Kalau belum buat Mandiri Online, gak usah khawatir lur, tinggal lihat artikel Cara Daftar Mandiri Online, kemudian Aktivasi Mandiri Online deh biar bisa digunakan untuk Cek Saldo e-Toll, ataupun Top Up e-Toll.

Cek Saldo e Tol di Minimarket

Cara lainnya yang bisa Kalian gunakan untuk mengecek saldo e-Toll Mandiri ialah dengan pergi ke minimarket. Baik itu Indomaret atau Alfamaret. Mereka biasanya memiliki mesin EDC untuk pengecekan saldo e-toll. Caranya sangat mudah, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, datang terlebih dahulu ke minimarket terdekat dari rumah Kalian yang difasilitasi mesin EDC.
  • Selanjutnya kunjungi kasir minimarket tersebut untuk meminta mereka mengecek saldo kartu e-toll Kalian.
  • Lalu, pihak minimarket pun akan langsung memberitahukan saldo e-toll Kalian.
Terkait:  Biaya Admin Top Up ShopeePay Di Indomaret

Selain melakukan pengecekan saldo, di minimarket Kalian juga dapat melakukan top up untuk berbagai macam produk e-money, seperti Tap Cash, E-Monet, Flazz, Brizzi, E-Toll, dan lainnya.

Namun jika Kalian ingin melakukan top up saldo e-money di minimarket, biasanya akan dikenakan tarif sebesar Rp. 1000 – Rp. 2.000 untuk tiap kali transaksi topup saldo.

Mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri Terdekat

Jika kebetulan lokasi rumah Kalian dekat dengan kantor cabang atau gerai Bank Mandiri, Kalian bisa melakukan pengecekan saldo e-toll langsung di Customer Service atau teller Bank Mandiri.

E-toll bekerjasama dengan perusahaan perbankan Bank Mandiri, sehingga Kalian dapat melakukan pengecekan saldo e-toll ini di bank Mandiri. Adapun caranya, ialah sebagai berikut :

  • Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat
  • Setelah itu, Kalian bisa meminta bantuan satpam untuk diarahkan ke bagian pengecekan saldo, apakah di teller atau di Customer Service. Biasanya mereka juga akan langsung mengambilkan nomor antrian jika memungkinkan.
  • Selanjutnya Kalian akan diarahkan langsung ke meja Customer Service Bank Mandiri jika nomor antrian Kalian sudah terpanggil.
  • Lalu pihak Customer Service Bank Mandiri pun langsung melakukan pengecekan saldo e-toll Kalian.

Cara ini sebenarnya bisa dikatakan mirip seperti ketika berkunjung ke minimarket sebab Bank Mandiri pun akan melakukan pengecekan saldo memakai mesin EDC. Kekurangan cara ini ialah Kalian harus bersabar sebab bisa saja antrean di bank Mandiri cukup panjang.

Cek Saldo e Toll Menggunakan Aplikasi

Bagi Kalian yang memiliki ponsel dengan fitur NFC, maka Kalian bisa mencoba cara yang satu ini. Bagi pengguna e toll dari bank Mandiri, Kalian bisa mengunduh dan menginstall aplikasi Mandiri e-Money Info.

Aplikasi ini juga melayani pengisian ulang atau top up saldo e-toll. Lewat aplikasi ini Kalian bisa mengetahui berbagai cabang ban Mandiri, minimarket dan ATM untuk mengisi ulang saldo kartu e-money.

Untuk dapat mengecek saldo e-toll lewat aplikasi yang satu ini, Kalian cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Jika Kalian sudah mengunduh aplikasi Mandiri e-Money Info, kemudian install aplikasi tersebut di ponsel Kalian.
  • Kalian tidak perlu melakukan registrasi maupun aktivasi, sebab aplikasi ini dapat digunakan secara langsung.
  • Pastikan Kalian juga mengaktifkan fitur NFC.
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan tempelkan kartu e-toll Kalian untuk dilakukan pengecekan saldonya.
Terkait:  Biaya Admin ATM BRI

Nah, itulah cara cek saldo e Toll Mandiri yang bisa dilakukan, baik menggunakan ponsel dengan fitur NFC ataupun tidak. Semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs!

Related posts