Home » BRI » Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Cara cek saldo SMS banking BRI adalah layanan perbankan yang dilakukan lewat SMS. Meskipun tergolong cara yang klasik, mengingat kini sudah ada layanan Mobile Banking dan Internet Banking, namun SMS Banking bisa dikatakan masih berguna bagi para nasabah terutama bagi yang tidak mempunyai pulsa kuota internet.

Apa Saja Keunggulan Cara Cek Saldo SMS Banking BRI?

Keunggulan utama layanan SMS Banking ialah jika Kalian berada di lokasi yang tak terjangkau jaringan internet untuk perangkat smartphone, maka solusinya ialah dengan memakai layanan SMS Banking. Selain itu, SMS Banking mempunyai proses lebih praktis daripada Mobile Banking dan Internet Banking. Alasannya, tahapan yang harus Kalian lakukan untuk menggunakan layanan ini sangat praktis.

Adapun aktivitas transaksi perbankan yang bisa dilakukan menggunakan SMS Banking ini ialah pengecekan saldo BRI, informasi kurs, mutasi rekening, pembelian pulsa, dan pembayaran tagihan. Dan biasanya SMS Banking ini digunakan para karyawan yang ingin mengecek Saldo Rekening, agar tidak perlu Mengecek Saldo di ATM BRI yang mungkin memakan waktu.

Perbedaan Layanan SMS Banking di Aplikasi Mobile BRI dengan Plain Text

Sesudah Kalian mendaftarkan layanan SMS Banking baik di Customer Service maupun di ATM BRI maka Kalian pun bisa langsung bertransaksi lewat layanan ini. Ada 2 sistem metode transaksinya. Yaitu yang pertama dengan menggunakan plain text atau SMS, sedangkan yang kedua memakai aplikasi SMS Banking yang sudah Kalian unduh dan install di perangkat ponsel.

Melakukan transaksi perbankan SMS Banking memakai aplikasi bisa dikatakan lebih mudah. Sesudah terpasang, Kalian cukup membuka aplikasi tersebut selanjutnya akan tersaji pilihan menu transaksi. Setelah itu, Kalian hanya perlu memillih jenis transaksi perbankan yang dibutuhkan dengan cara mengkliknya. Walaupun Kalian nasabah baru di bank BRI, pasti langsung bisa memakai layanan ini karena kemudahannya.

Namun sebaliknya, layanan SMS Banking memakai metode plain text sendiri memang cukup ribet. Kalian tidak bisa langsung klik saja, tetapi harus mengetikkan SMS sesuai dengan format yang sudah ditentukan oleh bank BRI. Jika Kalian salah saja mengetikkan format SMS tersebut, maka transaksi pun tidak akan terproses. Walaupun saldo rekening BRI tetap utuh dan aman, SMS Banking yang gagal tetap memangkas tarif biaya SMS.

Fitur dan Layanan SMS Banking BRI

Sebagai salah satu nasabah bank BRI, Kalian dapat memperoleh berbagai macam fasilitas di bawah ini sesudah mengaktifkan layanan SMS Banking, diantaranya :

  1. Layanan berupa informasi saldo tabungan hingga SMS info.
  2. Menawarkan layanan pembayaran tagihan telepon/Telkom, PLN, Matrix, Kartu Hallo, pembayaran Zakat YBM BRI, pembayaran tagihan Citibank, pembayaran DPLK, hingga pembayaran credit card BRI.
  3. Melayani transfer ke sesama BRI ataupun ke akun rekening bank lainnya. Melayani pembelian pulsa isi ulang dan SMS prepaid.

Kelebihan dan Kekurangan Layanan SMS Banking

Untuk kelebihan menggunakan cara cek saldo SMS Banking BRI, ialah sebagai berikut :

  1. Dengan memakai layanan SMS Banking, para nasabah dapat melakukan transaksi keuangan secara praktis dan mudah kapan pun dan dimana pun berada.
  2. Apabila dilihat dari segi keamanannya, melakukan transaksi perbankan memakai layanan SMS Banking lebih terjaga mengingat data-data dapat dihapus dengan mudah. Di samping itu, layanan SMS Banking juga terbebas dari yang namanya gangguan eksternal, baik itu koneksi internet yang buruk maupun mati lampu.

Selain kelebihan, layanan SMS Banking BRI juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

  1. Bisa dibilang kurang fleksibel, mengingat keterbatasan pengelolaan layanan transaksi keuangan, dengan demikian layanan ini tidak memungkinkan melakukan banyak transaksi keuangan sekaligus.
  2. Bagi Kalian yang jarang menyisakan pulsa reguler mungkin cukup berat menggunakan layanan SMS Banking BRI. Mengingat Kalian akan dibebankan biaya administrasi atau biaya tambahan saat melakukan transaksi SMS Banking.

Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Cek Saldo SMS Banking BRI

Selain Kalian harus menyediakan pulsa reguler minimal RP. 1.000, untuk menggunakan layanan SMS banking BRI ini supaya berhasil Kalian harus mengetikkan format SMS yang benar sesuai ketentuan. Jadi tidak boleh salah. Jika salah saja, meskipun hanya satu huruf bisa membuat transaksi perbankan Kalian gagal.

Kode format atau perintah layanan SMS banking BRI pada setiap transaksi memang berbeda-beda. Untuk pengecekan saldo, mutasi rekening, bayar PLN, isi ulang pulsa, transfer dan lainnya tidaklah sama. Makanya bisa dikatakan cukup ribet, tapi bisa menjadi pilihan Kalian bagi yang tidak ingin atau kesulitan menggunakan layanan Mobile Banking ataupun Internet Banking BRI.

Sebelum lanjut ke pembahasan cara cek saldo SMS Banking BRI, Kalian harus mendaftarkan layanan SMS Banking terlebih dahulu, baik di ATM maupun ke customer service kantor cabang BRI terdekat dari lokasi rumah Kalian.

Jika sudah melakukan registrasi dan aktivasi, selanjutnya Kalian bisa mengikuti cara cek saldo SMS Banking BRI di bawah ini :

  1. Pertama-tama buka menu SMS atau perpesanan di perangkat ponsel Kalian.
  2. Selanjutnya ketikkan format SMS berupa : SALDO (Spasi) nomor PIN SMS Banking BRI Kalian dan kirimkan ke 3300.
  3. Pastikan PIN harus tepat, jika lupa bahkan salah sampai lebih dari 3 kali dengan berturut-turut maka layanan SMS Bakning kalian akan terblokir.
  4. Jika sudah berhasil, akan ada balasan masuk dari pihak BRI mengenai informasi jumlah saldo tabungan bank BRI Kalian.

Pastikan nomor HP yang kalian gunakan sudah teraktivasi ya, kalau belum kalian bisa juga melakukan Registrasi Ulang Kartu SIM Card agar tidak terjadi kegagalan saat menggunakan SMS Banking BRI.

Biaya Layanan SMS Banking BRI

Mendaftarkan layanan yang satu ini sebenarnya tidak dikenakan biaya. Adapun biaya administrasi setiap bulannya bagi yang mengaktifkan layanan ini ataupun yang tidak akan tetap sama.

Hanya saja proses SMS Banking inilah yang membutuhkan biaya pengiriman. Biasanya tarif biaya SMS dihitung mulai dari RP. 250 – Rp. 1.000 menyesuaikan provider kartu SIM yang Kalian pakai.

Demikian ulasan mengenai cara cek saldo SMS Banking BRI beserta tarif yang dikenakan saat melakukan layanan ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *