Home » Cara Cek » Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu perusahaan bank terbesar yang ada di tanah air, dan sudah memiliki banyak nasabah. Untuk kemudahan dan kenyamanan nasabahnya, bank Mandiri telah menawarkan banyak pilihan layanan perbankan selain di ATM dan kantor cabang bank Mandiri, salah satunya ialah lewat layanan SMS Banking Mandiri. SMS Banking Mandiri menawarkan akses kemudahan untuk para nasabahnya saat melakukan berbagai aktivitas perbankan. Karena itu, Kami di sini akan membagikan informasi tentang cara cek saldo SMS Banking Mandiri.

Mengenal Layanan SMS Banking Mandiri

SMS Banking bank Mandiri adalah produk layanan dari bank Mandiri untuk nasabahnya. Setiap nasabah yang sudah membuka rekening mandiri mempunyai hak sama dalam memperoleh fasilitas layanan SMS Banking secara gratis. Layanan ini memberikan kenyamanan para nasabah untuk bertransaksi tanpa memakai jaringan internet.

Tapi buat kalian yang ingin melakukan transaksi lewat Internet, bisa baca artikel tentang Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online ataupun Mandiri Online seperti yang sudah kita ulas sebelumnya.

Ada banyak aktivitas perbankan yang bisa dilakukan lewat SMS Banking Mandiri ini, termasuk cek saldo, transfer, hingga pembayaran tagihan Kartu Kredit Mandiri.

Hal ini sudah pasti menjadi solusi paling tepat apabila Kalian kesulitan mengakses jaringan internet serta harus melakukan transaksi perbankan non tunai dalam keadaan darurat.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan layanan SMS Banking Mandiri ini, para nasabah harus mempunyai pulsa reguler yang cukup.

Bank Mandiri mempunyai kode USSD yang digunakan saat mengakses layanan SMS Banking. Umumnya, biaya yang dibebankan pada para nasabah bervariasi, tergantung pada provider jaringan yang Kalian pakai.

Cara daftar layanan SMS Banking Mandiri itu sendiri bisa dilakukan saat Kalian pertama kali membuka buku rekening tabungan atau bisa saja saat Kalian benar-benar membutuhkannya.

Akan tetapi, sangat disarankan agar Kalian mengaktifkannya saat membuka buku rekening tabungan bank Mandiri agar Kalian tidak perlu lagi mengurus ke bank.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri Via ATM

Bagi nasabah yang ingin melakukan registrasi layanan SMS Banking di ATM, Kalian bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Pertama-tama siapkan kartu ATM Mandiri Kalian, lalu kunjungi ATM bank Mandiri terdekat.
  2. Kemudian masukkan kartu ATM seperti biasanyake mesin ATM diiringi dengan nomor PIN ATM Kalian.
  3. Di menu utama, Kalian bisa pilih opsi “Transaksi Lainnya”.
  4. Lalu pilih layanan “Pendaftaran e-Banking”, selanjutnya pilih “SMS Banking” dan masuk ke “Pendaftaran SMS Banking”.
  5. Setelah itu Kalian bisa memasukkan nomor ponsel aktif yang dipakai untuk registrasi layanan SMS Banking.Pastikan pulsa Kalian mencukupi dan nomor HP Kalian masih aktif.
  6. Setelah itu inputkan PIN SMS Banking yang Kalian buat. Hindari memakai PIN berdasarkan tanggal lahir atau sejenisnya, sebab rawan pembobolan.
  7. Kemudian masukkan tanggal lahir sesuai KTP dengan benar, lalu pilih “Next”.
  8. Tunggu sampai beberapa saat hingga ada pemberitahuan kode OTP dari bank Mandiri lewat SMS masuk.
  9. Setelah itu inputkan kode OTP tadi di halaman yang tersedia.
  10. Proses registrasi melalui ATM Bank Mandiri pun selesai. Kalian cukup langsung memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia saja. Agar Kalian bisa mengaktifkan fitur perbankan secara lengkap, Kalian harus pergi ke Bank untuk meminta bantuan Customer Service agar mengaktifkannya.

Sementara itu, untuk pendaftaran SMS Banking via Bank Mandiri sendiri, Kalian harus menyertakan beberapa dokumen seperti buku tabungan, nomor ponsel, kartu ATM dan KTP. Kalian cukup mengambil antrian Customer Service di kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Jika Kalian sudah berhasil mendaftarkan layanan SMS Banking, selanjutnya Kalian tinggal menggunakan SMS Banking untuk pengecekan saldo. Adapun cara cek saldo SMS Banking Mandiri diantaranya sebagai berikut :

  1. Siapkan ponsel dan SIM Card Kalian yang sudah didaftarkan nomornya terlebih dahulu di bank atau di ATM Mandiri, sembari membuka buku tabungan Mandiri jika Kalian lupa nomor rekening bank Mandiri Kalian.
  2. Selanjutnya buka layanan SMS dengan mengetikkan format ketik : SAL (spasi) Kode Nomor Rekening (spasi) 4 digit terakhir dari nomor rekening Mandiri Kalian. Contoh : SAL 3 2345.
  3. Lalu kirimkan ke nomor 3355.
  4. Selanjutnya tunggu sampai ada balasan dari pihak bank Mandiri mengenai sisa saldo rekening Bank yang Kalian miliki.

Ini Yang Bisa Dilakukan Saat SMS Banking Mandiri Kalian Terblokir

Faktor utama fitur SMS Banking Kalian diblokir pihak bank Mandiri ialah dikarenakan salah memasukkan nomor PIN ATM hingga 3 kali berturut-turut.

Sebab hal tersebut biasanya dianggap pembobolan jika dilihat menurut sistem, sebab mencoba memasukkan nomor PIN yang tak sesuai dengan nomor PIN yang sebelumnya sudah dibuat.

Apabila SMS Banking Kalian terblokir sepihak olah bank Mandiri, ada 2 kemungkinan alasannya. Yang pertama dikarenakan ada pihak asing yang membobol layanan SMS Banking pelanggan bank Mandiri, yang kedua diakibatkan oleh kesalahan nasabah itu sendiri karena mereka lupa mencatat bahkan tidak mengingat PIN layanan SMS Banking.

Jika Kalian ingin mengktifkan layanan ini kembali, Kalilan wajib mengurusnya langsung ke kantor pusat atau kantor cabang bank Mandiri.

Datanglah ke kantor cabang bank Mandiri dengan mebawa serta dokumen yang dibutuhkan sama seperti saat Kalian melakukan aktivasi untuk pertama kali. Kalian bisa mengatakan ke Customer Service Mandiri jika SMS Banking Kalian sudah terblokir.

Biaya Layanan SMS Banking Mandiri

Biaya pengiriman SMS yang dikenakan kepada para nasabah umumnya berbeda-beda, tergantung dari tiap-tiap provider jaringan itu sendiri. Biasanya besar biaya yang dikenakan para nasabah saat melakukan SMS Banking, ialah sekitar Rp. 500 – Rp. 1000.

Bagi pengguna operator Telkomsel sendiri kisaran biayanya mulai dari RP. 500 sampai Rp. 600. Sedangkan biaya SMS Banking untuk operator Indosat dan XL sekitar Rp. 500 sampai Rp. 1000 bianya tergantung pada kode transaksi perbankan yang dilakukan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara cek saldo SMS Banking Mandiri dengan beberapa metode mudah yang bisa kita coba. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs.