Home » BRI » Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Sebenarnya cara mengaktifkan Internet Banking BRI tidaklah sulit, asalkan ada kemauan untuk melakukan registrasi dan aktivasi layanan Internet Banking BRI itu sendiri. Padahal jika Kalian mengaktifkan layanan IB BRI ini, Kalian akan mendapatkan banyak kemudahan dalam bertransaksi perbankan.

Dengan melakukan Registrasi Internet Banking BRI, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain itu, IB BRI membuat para nasabah dapat menghemat banyak waktu. Jadi, alian tidak perlu repot-repot lagi mencari kantor cabang BRI atau ATM terdekat untuk melakukan transfer atau pembayaran.

Jika kamu pengguna baru Bank BRI, kamu bisa mendapatkan informasi lanjut soal Internet Banking BRI pada saat Membuka Rekening BRI ataupun Membuat ATM BRI di kantor cabang BRI terdekat.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai layanan Internet Banking BRI. Terutama kini hampir seluruh bank, tidak terkecuali BRI telah menyediakan fasilitas Internet Banking. Dengan begitu, Kalian cukup mendaftarkan layanan ini saja untuk bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja.

Dengan adanya Internet Banking BRI, kalian bisa dengan mudah Mengecek Saldo Rekening BRI, Transfer ke antar atau sesama bank, Cek Mutasi BRI, dan masih banyak lagi.

Cara mengaktifkan Internet Banking BRI sebenarnya gampang, namun tidak sedikit orang yang kebingungan bagaimana cara registrasinya. Bagi Kalian yang termasuk nasabah bank BRI, berikut Kami ulas cara daftar dan aktivasi layanan Internet Banking BRI, di bawah ini!

Cara Registrasi Layanan Internet Banking BRI

Layanan IB BRI itu sendiri sebenarnya dapat diakses seharian alias 24 jam tanpa batas, sehingga Kalian bisa memanfaatkan layanan ini dengan leluasa, asalkan Kalian memiliki kuota dan akses internet.

Sebelum mendatangi kantor cabang BRI untuk melakukan registrasi, Kalian harus mempersiapkan beberapa persyaratan yang perlu di bawa berikut ini :

  1. Bawa kartu identitas diri berupa passport atau KTP.
  2. Sertakan buku rekening tabungan BRI Kalian, baik itu BritAma atau Simpedes/Junio, pastikan nomor rekening tersebut masih aktif.
  3. Persiapkan nomor ponsel untuk verifikasi pendaftaran layanan internet banking BRI. Pastikan Kalian menggunakan kartu SIM dari provider yang telah bekerjasama dengan pihak bank BRI, mulai dari Telkomsel, Telkom Flexy, Bakri Telecom, Mobile-8 dan Indosat.
  4. Lalu siapkan akun email Kalian yang aktif sebagai akun untuk menerima notifikasi atau pemberitahuan layanan Internet Banking BRI.

Jika semua persyaratan tersebut di atas sudah Kalian persiapkan, Kalian pun dapat mengikuti cara daftar internet banking BRI melalui kantor cabang BRI atau HP Android. Bagi Kalian yang ingin melakukan registrasi untuk pertama kali, dapat dilakukan lewat ATM Bank BRI terlebih dahulu.

Namun pastikan Kalian memasukkan kartu dan nomor PIN ATM dengan tepat, selanjutnya pilih layanan Internet Banking saat registrasi. Selanjutnya, Klaian bisa menginputkan password yang baru untuk dapat mengakses layanan ini. Setelah itu, Klaian akan mendapatkan User ID.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Daftar dan Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Ada beberapa tahapan yang digunakan untuk melakukan registrasi layanan IB BRI lewat ATM BRI terdekat, diantaranya :

  • Pertama-tama, kunjungi ATM BRI yang lokasinya terdekat dari rumah Kalian, lalu masukkan kartu ATM di mesin ATM dengan benar dan masukkan PIN ATM Kalian.
  • Kemudian di layar mesin ATM, Kalian bisa pilih menu bertuliskan “Transaksi Lain”, setelah itu pilih “Lainnya”.
  • Selanjutnya pilih “Menu Registrasi” dan pastikan Kalian memilih layanan “Internet Banking”.
  • Kemudian inputkan PIN yang akan dijadikan sebagai password layanan Internet Banking BRI lainnya.
  • Lalu inputkan kembali PIN internet banking yang telah dii input sebelumnya.
  • Selanjutnya, akan muncul pemberitahuan jika pendaftaran Internet Banking BRI sukses dilakukan dan Klaian pun akan ditampilkan user ID untuk melakukan login.
  • Selanjutnya Kalian akan mendapatkan struk yang didalamnya berisi user id di mesin ATM.
  • Setelah berhasil, Kalian tinggal melakukan aktivasi layanan internet banking BRI.
  • Lakukan aktivasi dengan mengakses situs ib.bri.co.id. Kalian juga dapat melakukannya dengan cara memasang Mobile BRI.

Namun sebenarnya lebih mudah lagi jika Kalian melakukan aktivasi di kantor cabang BRI melalui layanan Customer Service. Jadi, pastikan Kalian menyempatkan waktu untuk mengaktivasi layanan ini langsung di CS Bank BRI.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Internet Banking BRI?

Tidak hanya digunakan untuk transaksi saja, ada beberapa manfaat yang dapat Kalian peroleh dengan menggunakan layanan Internet Banking BRI. Adapun manfaat tersebut diantaranya :

  1. Kalian bisa melakukan pengecekan informasi saldo rekening tabungan, deposito serta DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).
  2. Kalian dapat melakukan transaksi mutasi rekening.
  3. Kalian dapat melakukan transfer atau pengiriman uang ke sesama pengguna BRI, RTGS, dan transfer antar bank.
  4. Kalian dapat melakukan multipayment, diantaranya seperti pembayaran kartu kredit, telepon, maupun listrik.
  5. Dapat melakukan pembelian uang elektronik dan pengisian pulsa.
  6. Dapat berkomunikasi dan sharing dengan pihak Customer Service BRI melalui Inbox IB BRI.

Setiap Kalian melakukan transaksi, selanjutnya akan dikirimi SMS berisi mToken. Dimana pengiriman SMS tersebut akan dikenakan biaya lewat pemotongan pulsa Hp.

Internet Banking BRI Dapat Melayani Pembukaan Deposito

Tak hanya bisa merasakan semua manfaat layanan perbankan di atas, Kalian juga dapat membuka deposito melalui internet banking BRI. Adapun langkah-langkahnya, berikut ini :

  • Pertama-tama pilih opsi “Pelayanan Nasabah”.
  • Kemudian pilih opsi “Pembukaan Deposito”, setelah itu baca dengan cermat persyaratan dan ketentuannya.
  • Kalian bisa menandai pernyataan bertuliskan “Setuju”, kemudian pilih menu “Buka Rekening”.
  • Selanjutnya masukkan jumlah nominal dana yang ingin Kalian masukkan pada “Jumlah Pokok”.
  • Lalu pilih lamanya waktu sesuai keinginan pada kotak Jangka Waktu lalu tentukan perpanjangan pada opsi “Perpanjangan”.
  • Setelah itu, masukkan password layanan IB Banking Kalian.
  • Lalu masukkan mToken yang telah dikirimkan via SMS.

Itulah beberapa tutorial cara mengaktifkan internet banking BRI dan buka deposito lewat internet banking BRI.

Jika nomor ponsel yang Kalian pakai untuk terima SMS mToken BRI diganti, Kalian harus menghubungi pihak call center Bank BRI untuk menghapus nomor ponsel yangt elah diganti tersebut. Kemudian Kalian bisa mendaftarkan mToken langsung di kantor cabang BRI memakai nomor baru.

Demikianlah ulasan lengkap perihal cara mengaktifkan Internet Banking BRI dengan panduan langkah mudah yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya bangs. 😉