Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

By On Saturday, October 5th, 2019 Categories : Samsung

Pabrikan elektronik Samsung masih tetap sama dan selalu meluncurkan produk terbarunya. Kali ini, mereka sukses luncurkan smartphone android bertajuk Galaxy M30s ke pasaran gadget. Seperti biasa kami akan mencari dan mengulas perihal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30s yang mana nantinya dapat anda jadikan sebagai bahan acuan ketika hendak membelinya.

Samsung Galaxy M30s

Samsung Galaxy M30s

Samsung Galaxy M30S ini tengah sukses meluncur pada September 2019 lalu dan berbarengan dengan Galaxy M10S yang kami ulas sebelumnya. Jika ingin membandingkan dengan versi M10S kamu bisa cek postingan kami sebelumnya lur.

Apakah kamu tertarik akan kehadiran Galaxy M30S ini? Samsung menghadirkan varian warna pada Galaxy M30S miliknya dengan tiga pilihan warna yakni Opal Black, Sapphire Blue, dan Pearl White. Jika diperhatikan, warna-warna tersebut hampir mirip dengan Realme XT dan Vivo V9. Bisa dibilang serupa tapi tak sama ya lur. Karena tentunya perbedaan terletak pada bentukan desain bodinya.

Galaxy M30S buatan Samsung ini membawa spek yang amat gahar dibanding tipe sebelumnya yaitu M10S. Fiturnya pun semakin lengkap, dan tentunya membawa keunggulan dan kelemahan di berbagai aspek tersendiri. Sebelum menuju ke pembahasan lebih lanjut, mari kita simak spek singkat m30s terlebih dahulu lur.

Samsung Galaxy M30s

Samsung Galaxy M30s

Spesifikasi Samsung Galaxy M30S

Rilis : September 2019
Ukuran Layar: 6.4 inci
Tipe Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen 16M colors
Chipset: Exynos 9611 (10nm)
CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU: Mali-G72 MP3
OS: Android 9.0 (Pie); One UI
Internal: 64GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM
Eksternal: microSD, up to 1 TB (dedicated slot)
Kamera Utama: (Triple)

  • 48 MP, f/2.0, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
  • 5 MP, f/2.2, depth sensor
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70S

Kamera Depan: 16 MP, f/2.0
Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh battery (Fast battery charging 15W)

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Biar tidak penasaran lagi lur, apa saja sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M30S ini? Akan langsung kami bahas pada paragraf selanjutnya dibawah ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M30S:

Kelebihan Samsung Galaxy M30S

Sehubungan dengan gaharnya spesifikasi dari Galaxy M30S, membawai tingkat keunggulan tersendiri di beberapa bidang. Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy M30S:

1. Baterai Super Besar Fast Charging

Kelebihan dari Samsung Galaxy M30S yang pertama adalah penggunaan baterai yang amat besar kapasitasnya hingga 6000 mAh. Menariknya, kapasitas baterai yang sedemikian besar tersebut mendukung fitur Fast battery charging 15W yang mana dapat melakukan pengisian daya baterai dengan super cepat. Sehingga, kamu tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan baterai penuh.

2. Fingerprint Ready!

Adanya peletakan fitur fingerprint (sidik jari) pun menjadi kelebihan Samsung Galaxy M30s lur. Sensor sidik jari yang ada di ponsel besutan Samsung satu ini letaknya pada bagian belakang bodi. Peletakan sensor fingerprint yang bisa dibilang ‘ngumpet’ dibalik bodi ini pun jadi keunggulan tersendiri buat M30S ini. Karena, selain tidak terlihat juga tidak akan banyak yang mengetahuinya.

3. Support USB Type-C

Penggunaan USB Type-C ini sangat menjadi kelebihan tersendiri untuk Samsung Galaxy M30S. Selain dapat membolak-balikkan kabel saat mencharge/mengisi daya baterai, juga sangat mumpuni dalam transfer data yang begitu cepat. Lagi, USB Tipe-C ini didesain sangat ramping sehingga dapat menjadi jalur input/output data, jalur charging baterai, dan jalur penghubung display ke monitor lain.

4. Terdapat Fitur FM Radio

Memang tidak begitu penting, namun ini menjadi kelebihan juga untuk Samsung Galaxy M30S. Adanya pembenaman fitur Radio didalam Galaxy M30S menjadi daya tarik tersendiri terlebih untuk pecinta radio. Jadi, kamu dapat mendengarkan radio kapan saja di ponsel androidmu.

5. Speaker Memakai Dolby Atmos

Tak perlu ragu akan kualitas suara yang dihasilkan oleh Galaxy M30S, karena salah satu kelebihannya yaitu sudah didukung dengan kualitas audio dari Dolby Digital yang juga dapat disebut dengan Dolby Atmos.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M10S

Untuk dapat menikmati suara yang menggelegar dari fitur Dolby Atmos, kamu harus menggunakan earphone/headset untuk dapat mendengarkannya via audio ataupun video.

Kamu juga dapat merasakan sensasi nonton film bioskop hanya dengan ponsel Galaxy M30S.

6. Mendukung Dunia Fotografi yang Begitu Epik

Yang paling menarik dan menjadi kelebihan Samsung Galaxy M30S ini adalah terletak pada bagian kamera yang digunakannya.

Galaxy M30S dibawai dengan triple camera pada bagian kamera belakang dengan masing-masing resolusinya adalah 48 MP (untuk kamera wide), 8 MP (untuk ultrawide), dan 5 MP (menjadi depth sensor). Ketiga kamera utama tersebut akan bekerjasama dengan didukung pula adanya fitur LED flash, panorama, dan HDR. Nah, untuk perekaman video kamu bisa atur kualitas ukurannya 2160p@30fps atau 1080p@30fps.

Kamera Samsung Galaxy M30s Versi Bokeh | https://i.gadgets360cdn.com

Tangkapan Kamera Siang Hari Samsung Galaxy M30s | https://gadgets.ndtv.com

Tangkapan Kamera Low Loght Samsung Galaxy M30s

Sementara bagian kamera depan pun tetap jadi daya tarik yang mempesona. Didapati kamera selfie beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 yang mampu mendukungmu untuk eksis dengan berbagai macam gaya. Terlebih, kamera depan ini juga sudah didukung dengan fitur HDR, dimana akan menghasilkan gambar yang setara dengan kamera DSLR. Bagaimana untuk settingan video kamera depan? Dapat diatur hingga 1080p@30fps. Keren banget kan lur?

7. Loker Penyimpanan Luas dan Lega

Kami suka sesuatu yang lega! 😀 ini mengarah pada kelebihan Samsung Galaxy M30S yang terdapat pada ruang memori internal dan eksternalnya lur.

Salah satu yang membuat Galaxy M30S unggul adalah penggunaan memori internal yang berkapasitas hingga 128GB. Jika kamu membeli Samsung Galaxy M30S nanti akan diberikan dua macam pilihan memori yang digunakannya. Yang pertama adalah internal 64GB dengan RAM berkapasitas 4GB, yang kedua internal 128GB dengan 6GB RAM. Tentu kedua pilihan ini juga disesuaikan dengan harga jualnya yang variatif.

Jika belum puas dengan sedemikian lega memori internalnya, kamu pun diperbolehkan untuk menambahkan eksternal memory yang berkapasitas hingga 1 TB lho. Mau nyimpen apa sih memori yang sedemikian gede itu? 😀

8. Dapur Pacu yang Handal

Sekarang kita kupas dalemannya, bahwa Galaxy M30S ini dibawai dengan chipset Exynos 9611 (10nm) yang sangat istimewa. Selain itu, Samsung pun membawakan ‘otak’ pada M30S ini Octa-core yang punyai kecepatan 4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53. Nah, dukungannya pakai sistem operasi Android 9.0 (Pie); One UI. Semakin lengkap lagi dengan pengolah gambar Mali-G72 MP3, sungguh jadi perpaduan yang sempurna untuk segala kebutuhan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab 3V

9. Layar Super AMOLED yang Amat Jernih

Samsung Galaxy M30s

Yang selanjutnya, kelebihan Samsung Galaxy M30S terletak pada tipe layar yang digunakannya. Samsung membekali Galaxy M30S dengan layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan 16 juta warna yang tentu akan membuat tampilan begitu jernih dan tajam. Resolusi yang dipakainya 1080 x 2400 pixels dan memiliki tingkat kerapatan ~411 ppi density.

Kelebihan Samsung Galaxy M30S Lainnya:

  • Support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Material bodi memakai Front glass, plastic body
  • Bluetooth 5.0
  • Wi-Fi Direct dan Hotspot

Kekurangan Samsung Galaxy M30S

Sementara untuk kelemahan yang menonjol dan sekaligus menjadi kekurangan Samsung Galaxy M30S adalah sebagai berikut:

1. Harga Cukup Mahal

Sungguh sangat disayangkan bahwa adanya penawaran harga yang cukup mahal menjadikan kelemahan untuk sebuah ponsel berkelas besutan Samsung ini. Samsung Galaxy M30S dibanderol dengan harga kisaran Rp. 3.799.000. Sungguh harga yang fantastis untuk sebuah ponsel yang berspesifikasi luar biasa dari Samsung.

2. Baterai Tanam Tidak Dapat Dilepas

Lagi dan lagi yang tidak kami sukai dari sebuah ponsel android terbaru yakni adanya baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Samsung Galaxy M30S pun memakai sebuah baterai Non-removable yang tidak dapat dilepas begitu saja. Ini justru akan menyulitkan kamu ketika terjadi kerusakan pada lubang charger dan hendak mengisi daya baterai.

3. Layar Lebar

Yang juga menjadi kelemahan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M30S ini adalah adanya layar yang begitu besar yakni berukuran 6.4 inci. Hal ini tentu akan menjadikan kita sedikit kerepotan ketika hendak membawanya kemanapun. Butuh ruang yang cukup luas untuk dapat membawa ponsel ini kemana saja.

Apakah Samsung Galaxy M30S Cocok Dibeli?

Mengusung sekian gaharnya spesifikasi dan fitur yang dipunyainya, menjadikan ponsel ini sangat pantas untuk dimiliki. Ini juga menyesuaikan dengan budget dana yang kamu punya dan kebutuhanmu. Jika kamu suka dunia fotografi atau mungkin gaming sekalipun, Galaxy M30S ini sangat bisa kamu andalkan.

Cukup sekian saja ya ulasan kami mengenai berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30S yang bisa disampaikan buat kamu. Selebihnya terserah padamu mau tetap memilih M30S untuk jadi kepunyaanmu, atau masih ingin membandingkannya dengan ponsel lain?

Topik Terkait:

  • kelebihan m30s
Bagikan ke:
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s | kangreview | 4.5