Home » BRI » Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara mengambil uang di ATM BRI tentunya sangat dicari olehmu terutama yang telah menjadi nasabah baru bank BRI bukan? Bagi mungkin yang baru saja memiliki kartu ATM BRI dan masih bingung bagaimana cara menggunakannya untuk bertransaksi keuangan, bisa simak artikel ini hingga akhir.

Walaupun uang virtual kini semakin banyak digunakan dan diproduksi beberapa vendor, namun keperluan uang tunai masih tetap tak dapat ditinggalkan.

Sebab uang digital, entah itu berbentuk QR code, stiker, kartu fisik dan lain sebagainya tidak bisa dipakai di setuap tempat. Sampai saat ini, tentu banyak dari Kalian yang masih belum dapat menggunakan uang digital untuk bertransaksi di pasar tradisional, bukan?

Dengan keterbatasan inilah, Kalian sebaiknya mempunyai cadangan dana tunai di dompet. Meskipun tidak banyak, setidaknya mencukupi kebutuhan Kalian sehari-hari, atau Kalian juga perlu menyisihkan sebagian untuk ditabungkan di bank.

Sebenarnya alasannya bukan hanya itu, Kalian juga harus mempertimbangkan keamanan jika harus menyimpan beberapa lembar uang terlebih uang berbentuk fisik.

Kemudahan Bertransaksi di BRI

Sebelum kita masuk ke cara mengambil uang di ATM BRI, melanjutkan pembahasan di atas kita tentu membutuhkan yang namanya bank.

Bagi Kalian nasabah BRI, tentu tidak perlu khawatir saat ingin menabung atau bahkan mencairkan uang menggunakan kartu ATM BRI. Sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar yang ada di Indonesia, BRI termasuk bank yang memiliki gerai ATM terbanyak bahkan tersebar hingga ke pelosok desa sekalipun.

Sampai saat ini, bahkan BRI masih bertahan di peringkat pertama dengan jumlah gerai ATM terbanyak di seluruh perbankan Indonesia.

Bahkan tak tanggung-tanggung, gerai ATM BRI pun sudah mencapai 15.000 unit. Selain di kota besar, Kalian akan mudah menemukan ATM BRI. Jadi, bisa membantu Kalian untuk mengikuti cara mengambil uang di ATM BRI.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Mengambil Uang di ATM BRI

Kalian tidak perlu khawatir, mengambil dana tunai di gerai ATM BRI juga sangat mudah dan cepat. Bahkan hanya membutuhkan waktu 2 menit saja, Kalian pun sudah bisa mengambil uang di ATM langsung ke dompet Kalian.

Para nasabah baru BRI juga tidak perlu khawatir, karena Kami akan membagikan tutorial mudahnya dan pastinya Kalian langsung bisa menghapal tahapan demi tahapan cara mengambil uang di BRI.

Langsung saja, simak tutorial cara menarik dana tunai di mesin ATM BRI berikut ini :

  • Kalian bisa cari ATM BRI yang terdekat, sebenarnya Kalian juga bisa mengambil uang di ATM selain BRI seperti ATM Mandiri, ATM BCA, BNI, dan lain sebagainya asalkan ada logo ATM Bersamanya, jadi bisa digunakan oleh semua jenis kartu ATM.
  • Selanjutnya, keluarkan kartu ATM BRI Kalian dari dompet dan masukkan ke mesin ATM secara langsung. Sebagai penjelasannya, tempat untuk menginputkan kartu ATM BRI sendiri berbentuk celah mendatar yang lebarnya seukuran kartu. Jadi biasanya terletak di samping tengah atau kanan mesin tergantung dari tipe atau merek ATM itu sendiri.
  • Sesudah kartu ATM masuk, Kalian pun akan diminta memilih opsi bahasa layanan transaksi, apakah bahasa Indonesia ataukah bahasa Inggris. Untuk urusan ini, tentu saja Kalian bisa memilih bahasa yang paling mudah dan nyaman.
  • Setelah memilih bahasa layanan, secara otomatis Kalian pun akan langsun ditampilkan tips bertransaksi dengan aman di ATM berikut layanan call center di layar ATM BRI. Kalian bisa pilih “Lanjutkan” atau “next.
  • Kemudian, layar ATM pun akan menunjukkan kotak untuk memasukkan nomor PIN ATM. Dimana PIN ini biasanya akan Kalian dapatkan setelah menerima produk kartu ATM BRI. Pastikan Kalian sudah memasukkan PIN dengan benar berupa 6 digit angka. Jangan salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, sebab secara otomatis membuat kartu ATM Kalian akan langsung terblokir.
  • Berikutnya Kalian pilih jumlah dana tunai yang ingin diambil. Biasanya layar mesin ATM menyediakan pilihan nominal pengambilan dana tunai BRI. Jumlah minimalnya sendiri bervariasi, ada yang Rp. 50 ribu ataupun yang Rp, 100 ribu. Biasanya tergantung pada pecahan yang telah diisi mesin ATM BRI/Bersama tersebut. Sementara angka-angka yang tertera lainya berbentuk kelipatan pecahan tersebut. Pilih nominal yang Kalian inginkan dan tekan tombol di sampingnya.
  • Jika jumlah nominal angka yang ingin diambil tidak tertera pada pilihan nominal yang ditawarkan. Maka Kalian dapat memilih opsi yang terletak di bagian paling bawah, yaitu “Transaksi Lain“. Kalian bisa pilih submenu bertuliskan “Penarikan Tunai“, kemudian secara otomatis Kalian akan diminta memasukkan nonimal jumlah dana yang akan ditarik. Masukkan nominal angkanya secara manual dengan cara menekan tombol yang tersedia. Jika sudah selesai, Kalian bisa pilih “Lanjutkan“.
  • Selanjutnya, sistem akan langsung memproses permintaan Kalian. Beberapa saat kemudian, mesin ATM langsung mengeluarkan uang yang Kalian tarik di ATM BRI.  Biasanya Kalian juga langsung menerima resi atau struk transaksi yang Kalian lakukan pada waktu itu. Namun sebagian mesin ATM hanya menampilkan jumlah sisa saldo di layar.
  • Bagaimana, caranya simpel kan?

Tips Aman Bertransaksi Keuangan di ATM BRI

Bagaimana Tips Aman Bertransaksi Keuangan di ATM BRI?

Bagi Kalian yang baru menggunakan ATM BRI, pastikan untuk tetap aman bertransaksi. Seperti kita ketahui, berbagai kejahatan dan modus cybercrime saat ini semakin mengincar dan mengintai siapapun tanpa  pandang bulu. Jadi Kalian harus benar-benar waspada melakukan transaksi di mesin ATM. Untuk menghindari aksi kejahatan, ada beberapa tips yang harus Kalian ikuti di bawah ini :

  1. Ganti PIN ATM dengan berkala, dengan pilihan kombinasi angka yang mudah Kalian ingat. Namun hindari memilih angka-angka tertentu yang mudah diakses para penjahat, seperti angka tanggal lahir Kalian maupun orang terdekat.
  2. Sebaiknya masukkan kartu ATM dengan benar sesuai arah atau posisi yang seharusnya. Biasanya, posisi yang benar saat memasukkan kartu ATM ialah pada bagian chip terletak di sebelah kanan. Selain itu, Kalian bisa mengikuti gambar ATM yang ditempelkan di mesin ATM sebagai panduan.
  3. Jangan langsung meninggalkan ATM, pastikan kartu ATM Kalian sudah diambil.
  4. Hafalkan nomor call center ATM BRi untuk berjaga-jaga jika Kalian mengalami kendala, seperti kartu ATM tertelan atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Jadi, selain mengikuti cara mengambil uang di ATM BRI Kalian juga harus mengetahui cara bertransaksi dengan aman di mesin ATM. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan.

Terakhir, jika kalian merasa artikel ini sangat bermanfaat silahkan bagikan/share ke semua sosial media kalian ya. Agar mereka yang belum paham, bisa segera mempelajari ulasan diatas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *