Home » Download » Cara Mengambil Video di Status WA

Cara Mengambil Video di Status WA

Bagaimana cara mengambil video di status WA? Sebenernya tidak sulit, Kalian bahkan bisa melakukannya tanpa menggunakan tambahan aplikasi.

Whatsapp adalah aplikasi perpesanan yang kini sangat populer dengan pengguna mencapai 1 miliar lebih. Bahkan setelah Facebook mengakuisisi aplikasi ini, WhatsApp telah menjadi aplikasi multifungsi yang menarik perhatian.

Kini fitur andalan yang dihadirkan WhatsApp ialah para pengguna bisa update status yang terletak di tab bagian tengah dan bersebelahan dengan layanan Calls dan Chats.

Umumnya status tersebut bisa berbentuk foto, video ataupun kata-kata yang menarik. Status WhatsApp ini berisi konten yang singkat dan biasanya akan hilang setelah 24 jam dari waktu penayangan status, Namun jika mungkin kamu ingin menghapusnya lebih awal kamu juga bisa Menghapus Status Whatsapp sebelum 24 Jam, seperti yang pernah kami tulis sebelumnya.

Selain itu, Kalian juga bisa meng-update status berupa video dengan durasi maksimal 30 detik saja.

Tips Membuat Status Video Panjang Lebih dari 30 Detik di Whatsapp

Sebelum kita membahas tentang cara menyimpan video di status WhatsApp, Kami akan membagikan beberapa tips terlebih dahulu bagi Kalian yang ingin memposting status video WA dengan durasi lebih panjang dari 30 detik. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tutorialnya di bawah ini!

  1. Pertama-tama, Kalian bisa buka aplikasi PlayStore di perangkat android, lalu ketikkan di kotak pencarian. Kemudian cari aplikasi bernama “Video Splitter“.
  2. Setelah itu, download dan install aplikasi tersebut.
  3. Sesudah diinstall di ponsel Kalian, sekarang Kalian bisa membuka aplikasi “Video Splitter“. Aplikasi ini pun biasanya langsung meminta perizinan bagi penggunanya untuk mengakses media, file dan foto di perangkat Kalian. Kalian bisa pilih “Izinkan“.
  4. Selanjutnya pilih postingan video yang akan dipajang di status dengan durasinya 30 detik lebih. Caranya yaitu dengan menekan gambar video, yangt erletak di samping bawah paling kiri.
  5. Lalu Kalian pun akan dihadapkan oleh pilihan lokasi tempat penyimpanan video tersebut. Kalian bisa pilih salah satunya. Lalu tekan “Oke“.
  6. Sesudah memilih video yang ingin diposting, Kalian bis apilih ikon bergambar gunting yang fungsinya untuk membagikan postingan video ke dalam beberapa bagian. Selanjutnya, ada pertanyaan yang isinya apakah Kalian ingin membagi sebagian atau keseluruhan video? Kalian bisa pilih di sebelag kiri, terdapat garis tiga yang bertuliskan “Split Video” di bawahnya. Pilih “Split Video” tadi.
  7. Lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Kemudian video tersebut pun akan dibagi secara default selama 30 detikan. Sebelahnya terdapat keterangan, dimana video tersebut nantinya akan dibagi ke dalam beberapa bagian.
  8. Proses split pun selesai. Selanjutnya Kalian bisa pilih “WhatsApp” kemudian pilih lagi “Status Saya“.

Cara Mengambil Video di Status WA

Cara Mengambil Video di Status WA

Mengambil (Download) Video di Status WA

Bagaimana Cara Mengambil Video di Status WA?

Saat Kalian melihat status WhatsApp dari kontak di ponsel, Kalian seringkali berkeinginan untuk mengunduh dan Menyimpan status WA Orang Lain. Bagi status yang berbentuk gambar mungkin Kalian bisa langsung melakukan screenshot saja lalu kemudian di crop.

Lalu, bagaimana jika status tersebut berbentuk video atau gambar bergerak? Tentu saja Kalian memerlukan cara lain agar Kalian bisa menyimpannya. Nah, cara mengambil video di status WA yang Kami bagikan di bawah juga berguna untuk menyimpan status WA berbentuk gambar tanpa harus melakukan screenshot.

Tapi sebelum masuk ke poin utamanya, kita juga mau kasih tau nih kalau kamu juga bisa Merekam Video Call di Whatsapp  seperti yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Ada beberapa pilihan cara untuk mengunduh dan menyimpan status WA. Berikut ini ulasannya :

Mengambil Video di Status WhatsApp Menggunakan Aplikasi Bawaan

WhatsApp sebenarnya menyimpan file atau media dari status-status yang ada di kontak ponsel Kalian, tapi file tersebut biasanya akan terhapus secara otomatis setelah 24 jam. dengan kata lain, Kalian harus meng-copy atau memindahkan status WA tersebut sementara, kemudian pindahkan  ke lokasi yang Kalian inginkan.

Bagaimana caranya? Kalian memerlukan aplikasi bawaan ponsel bernama File Manager agar status di WhatsApp dapat disimpan.

Untungnya, sebagian besar smartphone saat ini telah dibekali File Manager sebagai aplikasi bawaan mereka. Umumnya, aplikasi ini bernama File Manager atau File pada menu.  Adapun cara menggunakan File Manager ini ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, Kalian bisa membuka platform WhatsApp terlebih dahulu.
  • Baru Kemudian Kalian bisa melihat tab pada menu status yang terdapat di halaman utama.
  • Lalu, Kalian bisa langsung mencari dan pilih status video teman Kalian yang ingin disimpan.
  • Jika sudah dapat, selanjutnya Kalian bisa keluar aplikasi WhatsApp, lalu buka aplikasi bawaan File Manager.
  • Di dalam aplikasi File Manager ini, Kalian bisa memilih folder aplikasi WhatsApp.
  • Di halaman WhatsApp, Kalian bisa pilih folder “Media”.
  • Lalu pilih lagi folder bertuliskan “Status”.
  • Selanjutnya video status WA teman Kalian pun bisa langsung dipilih lalu diputar.

Cara ini sebenarnya sangat mudah, Kalian pun tidak harus mengunduh aplikasi tambahan. Sebagian orang memang belum mengetahui trik ini karena memang prosesnya cukup panjang. Tapi, tidak ada salahnya jika trik ini Kalian coba!

Mengambil Video di Status WhatsApp dengan Story Saver for WhatsApp

Untuk bisa menyimpan status video WhatsApp dengan cara yang satu ini, Kalian memerlukan aplikasi “Story Saver for WhatsApp”. Jadi Kalian harus download aplikasi ini terlebih dahulu di perangkat ponsel pintar Kalian. Untuk menggunakannya, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama download aplikasi “Story Saver for WhatsApp” di PlayStre atau AppStore kemudian install.
  • Jika sudah diinstall, Kalian bisa lanjutkan membuka aplikasi “Story Saver for WhatsApp”. Dengan aplikasi ini, Kalian dapat melihat kumpulan status yang diposting oleh seluruh pengguna WA yang ada di kontak Kalian.
  • Selanjutnya pilih status video yang akan Kalian simpan.
  • Kemudian muncul 2 jendela baru berisi pilihan Share dan Save. Kalian bisa tekan Save jika ingin menyimpan status ke galeri, atau bisa tekan Share jika ingin membagikan status ke media sosial yang lainnya.
  • Lalu status yang sudah Kalian simpan tersebut, langsung tersimpan otomatis pada galeri ponsel Kalian.
  • Selanjutnya Kalian pun dapat meihat, mem-posting ulang atau mengedit status yang sudah tersimpan pada galeri ponsel Kalian.

Jika terjadi Download Tertunda di Playstore, cobalah untuk Memperbarui Play Store di Android mu, dan periksa Layanan Google Play nya juga ya.

Itulah 2 pilihan cara mengambil video di status WhatsApp Kalian dengan mudah. Kalian bisa memilih cara-cara di atas sesuai kemudahannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu di semua sosial media ya bangs !