Home » Backup » Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang banyak digunakan. Sebagai pengguna, pernahkan mengalami pesan yang terhapus secara sengaja mapun tidak. Cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang berikut ini mungkin akan sangat berguna.

Whatsapp sendiri memang terbukti menjadi aplikasi gratis dan jarang sekali terjadi gangguan. Aplikasi ini juga memberikan banyak sekali manfaat baik untuk kebutuhan komunikasi atau bisnis.

Tetapi saat obrolan terhapus secara tidak sengaja, pengguna mungkin akan merasa kebingungan. Apalagi jika pesan itu penting.

Tak perlu khawatir, artikel ini akan mengulas bagaimana cara mengembalikan chat WA yang terhapus.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Ada banyak cara mengembalikan chat Whatsapp yang hilang, kami juga tengah menemukan dan merangkum beberapa metode pilihan yang mudah untuk dicoba. Diantaranya yakni:

Mengembalikan Chat Whatsapp dengan Fitur Chat Backup

Cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang pertama yakni melalui fitur mencadangkan pesan atau backup. Berikut langkahnya

1. Buka Aplikasi Whatsaap

Langkah pertama yakni buka aplikasi whatsapp yang sudah terinstal pada smartphone pengguna

2. Masuk Pengaturan Akun

Selanjutnya pilih ikon titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas aplikasi whatsapp. Kemudian masuk ke setting atau pengaturan akun

3. Klik Menu Chat

Setelah masuk ke setting, pengguna akan diarahkan ke menu chat. Terdapat beberapa opsi pada menu chat, pilihlah chat backup.

4. Tentukan Akun Backup Whatsapp

Pada chat backup terdapat kolom backup. Pengguna hanya perlu memilih menu backup. Tetapi pastikan sudah memasukkan akun google drive di kolom account. Di menu ini pengguna bisa melakukan backup pesan dan video lama dan baru dengan menu include  video.

5. Proses Backup Dimulai

Kemudian setelah melakukan backup chat Whatsapp, aplikasi akan mengunggah data dari whatsapp ke google drive secara otomatis. Tetapi pada proses ini, jika foto dan video belum diunduh terlebih dahulu, maka proses backup mungkin tidak berhasil.

6. Chat Whatsapp Berhasil di Restore

Selanjutnya pengguna perlu menginstal whatsapp pada perangkat yang baru atau hapus aplikasi lama dan lakukan unduhan kembali. Kemudian pengguna akan mendapatkan notifikasi restore, klik restore dan secara otomatis aplikasi akan mengunduh data dari ponsel yang lama.

Jika tidak berhasil mungkin pengguna tidak menggunakan akun google yang sama dengan aplikasi. Atau menggunakan nomor handphone yang berbeda.

Mengembalikan Chat Whatsapp dengan Folder Backup

Aplikasi whatsapp akan melakukan pencadangan secara teratur biasanya dalam satu minggu. Tetapi pengguna perlu membuat folder terlebih dahulu untuk bisa mendapatkannya.

Caranya buka Whatsapp lalu masuk ke Pengaturan, kemudian pilih obrolan dan cadangan, klik Cadangkan Obrolan.

Jika berhasil, maka hasil backup akan menjadi mgstore.db.crypt8 pada folder / whatsapp / database. Selanjutnya ikuti langkah berikut ini

1. Uninstall Whatsapp

Langkah pertama yakni hapus aplikasi atau uninstall whatsapp dari perangkat.

2. Buat Backup

Selanjutnya, pengguna perlu membuat backup di folder yang sudah ada dan tersimpan pada whatsapp / database.

3. Ubah Nama File

Kemudian ubah nama file yang awalnya bernama mgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt8 dan gantilah nama menjadi db.crypt8.

4. Instal Ulang dan Berhasil

Setelah itu, lakukan instal ulang whatsapp pada smartphone. Saat membuka aplikasi pertama kali akan muncul pesan pulihkan, klik pulihkan. Tunggu sesaat dan pesan yang lama akan muncul kembali.

Mengembalikan Chat Whatsapp dengan Google Drive

Cara ini sangat mudah dilakukan. Tetapi syaratnya pengguna sudah melakukan pencadangan pesan di google drive. Jika tidak, maka cara ini tidak akan berhasil.

1. Uninstal Whatsapp dan Lakukan Penginstalan Ulang

Sama seperti cara kedua, pengguna perlu mencopot aplikasi terlebih dahulu kemudian lakukan penginstalan ulang.

2. Pulihkan dari Google Drive

Saat memasuki aplikasi pertama kali, pengguna akan menemukan notifikasi pulihkan, klik pulihkan dari google dive. Tunggu sampai proses selesai dan obrolan yang hilang akan kembali.

Nah, itu dia beberapa cara mengembalikan chat whatsapp yang hilang. sebaiknya rutin lakukan pencadangan pesan agar beberapa file yang terhapus bisa dengan mudah dipulihkan. Semoga bermanfaat ya bangs.

Jangan lupa untuk bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu di seluruh sosmed kepunyaanmu agar semakin membawa manfaat baik untuk kita semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *