Home » Mengembalikan » Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Bagi para pengguna Whatsapp, cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus berikut ini mungkin akan sangat berguna. Karena file hilang dapat terjadi pada siapa saja dengan beragam penyebab.

Seperti misalnya kerusakan pada SD card, update OS smartphone, flash ulang atau pengguna sendiri yang menghapus file tersebut dengan sengaja.

Jika pengguna mengalami hal tersebut, artikel ini memberikan solusi untuk mengatasinya. Mengembalikan file yang terhapus merupakan salah satu fitur terbaik yang dimiliki whatsapp. Selain itu Whatsapp juga bisa mengembalikan file yang terhapus.

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus Melalui Fitur Restore File

Whatsapp sendiri memang sudah memahami berbagai permasalahan para penggunanya, salah satunya file yang terhapus. Karena itu aplikasi ini memiliki sistem backup otomatis yang rutin bekerja.

Untuk mengembalikan file yang terhapus berikut caranya

1. Uninstal Aplikasi dan Instal Kembali

Pertama, pengguna perlu mencopot aplikasi whatsapp yang terpasang pada smartphone. Kemudian lakukan penginstalan kembali aplikasi ini kemudian buka. Pengguna akan menemukan proses awal di halaman whatsapp, klik “agree dan continue”

2. Lakukan Registrasi

Langkah selanjutnya yakni lakukan verifikasi nomor telepon. Masukan nonor hp yang digunakan pada akun whatsapp lama. Jika sudah, pilih next. Selanjutnya akan muncul pop up konfirmasi no hp, pilih OK.

3. Verifikasi Nomor

Selanjutnya pihak whatsapp akan mengirim kode OTP ke nomor pengguna yang didaftarkan. Masukkan kode tersebut ke aplikasi whatsapp.

4. Restore File

Jika verifikasi sudah selesai, whatsapp akan mengenali apakah smartphone pengguna tersimpan file backup. Jika ada, akan muncul halaman “Restore Backup”. Pilih “Restore”

5. Tunggu Proses

Tunggulah sampai proses restore selesai. Kemudian klik next untuk melanjutkan cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus.

6. Selesai

Kemudian whatsapp akan menampilkan nama dan foto profil pengguna. Klik next. Terakhir, tunggulah sampai proses restore loading selesai dan pengguna akan masuk ke chat room dimana semua file termasuk chat, foto, video dan sebagainya akan kembali ke whatsapp pengguna.

Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus Melalui Google Drive

Cara ini hanya bisa dilakukan jika pengguna menggunakan nomor hp yang sama dengan akun google dan telah membuat cadangan. Untuk memulihkan file dan juga restore chat whatsapp. Caranya

1. Uninstal dan Instal Kembali

Langkah ini sama seperti pada cara nomor 1 diatas yakni pengguna perlu mencopot pemasangan whatsapp kemudian instal kembali.

2. Pulihkan

Selanjutnya verifikasi nomor hp dengan kode otp yang diberikan whatsapp. Lalu pengguna akan menemukan pop up restore atau pulihkan. Ketuk pulihkan untuk memulihkan file dari Google druve

3. Selesai

Tunggu sampai proses pemulihan selesai. Kemudian lanjut dan file lama yang hilang akan ditampilkan setelah proses inisialisasi selesai.

Menggunakan Cadangan Lokal

Cara ini dipakai jika pengguna tidak mencadangkan file di Google Drive. Jika ingin menggunakan cadangan lokal, pengguna perlu memindahkan semua file ke telepon yang baru baik menggunakan komputer, kartu SD atau file exproler.

Tetapi ada beberapa catatan dalam penggunaan cadangan lokal. Seperti telepon hanya menyimpan file yang dibuat selama tujuh hari saja. cadangan lokal juga dibuat otomatiis pada jam 02 dini hari dan tersimpan pada file smatphone.

Jika data tidak ditemukan pada folder/sdcard/whatsapp, pengguna mungkin bisa menemukannya di folder penyimpanan utama atau telepon. Caranya

1. Unduh Aplikasi Manajer File

Pertama pengguna wajib mengunduh aplikasi manajer file. Kemudian buka whatsapp/database

2. Ganti Nama File

Selanjutnya, ganti nama cadangan yang akan dipulihkan dari mgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12 dengan nama mgstore.db.crypt12. Jangan mengubah ekstensi crypt. Mungkin saja cadangan lama akan menggunakan protokol lawas seperti crypt9 atau crypt10.

3. Uninstal Whatsapp

Kemudian pengguna perlu mencopot pemasangan whatsapp dan pasang ulang kembali. Klik pulihkan jika diminta. File dan percakapan yang hilang akan kembali muncul.

Yang punya hubungan:

Nah, itu dia beberapa cara mengembalikan file whatsapp yang terhapus. Sebaiknya lakukan pencadangan secara rutin di Google Drive agar pengguna dapat secara mudah menemukan file yang hilang atau terhapus. Semoga bermanfaat.