Home » Android » Cara Mengembalikan Foto yang Hilang

Cara Mengembalikan Foto yang Hilang

Cara mengembalikan foto yang hilang mungkin akan dibutuhkan bagi sejumlah orang. Hal tersebut karena beberapa dari mereka seringkali menghapus foto-foto lama yang membuat mereka menyesal karena kenangan yang tidak bisa diulang kembali. Foto mantan misalnya.

Sebenarnya foto yang dihapus tidak langsung hilang dari perangkat maupun PC. Karena terdapat folder yang akan menampung foto yang dihapus.

Tetapi jika pengguna membersihkan memori lebih dari sekali atau menghapus recycle bin, mungkin file akan hilang secara permanen.

Untuk itu, cara ini berlaku jika pengguna belum menghapus Recycle Bin atau menghapus secara permanen. Berikut ini adalah cara mudah melakukannya.

Cara Mengembalikan Foto yang Hilang

Cara Mengembalikan Foto yang Hilang

Mengembalikan Foto yang Hilang

Untuk mengembalikan foto yang hilang baik di HP maupun PC, bisa dilakukan dengan beberapa metode sederhana yang mudah untuk dilakukan. Kami mempunyai beberapa metode pilihan yang bisa dicoba, diantaranya:

Mengembalikan Foto yang Hilang dengan Aplikasi Dumpster

Cara mengembalikan foto yang hilang pertama adalah menggunakan bantuan aplikasi dumster.  Aplikasi pengembali foto ini mendapat rating yang cukup baik. caranya

1. Instal Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah download aplikasi dumster di Google Play Store perangkat pengguna.

2. Pilih Deep Recovery

Kemudian buka aplikasi dan pilih ikon berupa tiga garis yang berada pada bar sebelah kiri atas. selanjutnya pilih “deep scan recovery”

3. Pilih File yang Akan Dikembalikan

Setelahnya, aplikasi akan memunculkan semua foto yang pernah terhapus dari perangkat android. Pilih foto yang akan dikembalikan.

4. Klik Restore to Gallery

Jika sudah menentukan foto yang akan dikembalikan, klik restore to gallery. Foto secara otomatis akan muncul pada galeri perangkat.

Mengembalikan Foto yang Hilang Menggunakan Google Photos

Google Photos merupakan aplikasi bawaan Google dengan fungsinya memanajemen file berupa foto dan video. Aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah menyimpan foto dan video hingga ribuan.  Caranya:

1. Buka Aplikasi Google Photos

Langkah pertama yakni buka aplikasi Google Photos yang berada pada handphone pengguna. Kemudian klik icon tiga garis yang berada pada bar sebelah kiri atas.

2. Pilih Trash

Selanjutnya, pilih opsi trash. Pengguna akan menemukan seluruh foto yang pernah tersimpan di smartphone.

3. Pilih Foto yang Akan dikembalikan

Langkah selanjutnya, pilihlah beberapa foto yang akan dikembalikan dengan melakukan tap.

4. Klik Restore

Jika sudah memilih foto yang akan dikembalikan, pilih ikon berupa tiga titik yang berada pada sebelah kanan atas layar, selanjutnya klik restore. Secara otomatis foto akan kembali ke galeri utama.

Periksa Recycle Bin Pada PC atau Laptop

Untuk cara mengembalikan foto yang hilang di PC atau laptop, pengguna bisa memeriksa Recycle Bin terlebih dahulu. Tempat ini merupakan pembuangan sementara file yang pernah dihapus sebelumnya. Caranya:

1. Klik Start dan Masuk ke Menu Setting

Langkah pertama yakni klik tombol start dan temukan menu setting pada layar PC maupun laptop pengguna.

2. Pilih Menu Dekstop Icon

Selanjutnya pada menu setting, klik personalization dan pilih themes. Di halaman selanjutya, carilah dan pilih menu dekstop icon setting pada sebelah kanan layar.

3. Pastikan Checkbox Recycle Bin Tercentang

Langkah ini jangan sampai terlewat ya. Pastikan checkbox recycle bin sudah dicentang. Jika sudah, klik OK. Dengan ini, recycle bin akan muncul di layar dekstop pengguna.

4. Klik Kanan dan Pilih Restore

Kemudian untuk mengembalikan foto atau folder yang telah terhapus, klik kanan pada nama file kemudian pilih restore. Pengguna bisa memilih lebih dari satu file dengan kombinasi tombol ctrl dan klik kiri pada setiap nama file yang akan dikembalikan.

Nah, itu dia beberapa cara mengembalikan foto yang hilang di hp maupun PC. Semoga dapat membantu pembaca untuk mengembalikan data penting yang hilang. Jika bermanfaat kamu bisa share/bagikan artikel ini ke semua teman-teman kamu di sosial media ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *