Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Bagaimana cara mengatasi baterai kembung? Ingin tau cara memperbaiki baterai kembung dengan ditusuk? Seiring pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini, baterai pun kini ikut dikembangkan.

Walaupun demikian, tidak mengurangi permasalahan yang kerap terjadi pada baterai ponsel. Baterai bisa dikatakan sebagai salah satu elemen terpenting bagi sebuah perangkat seluler.

Saat kinerja atau performa ponsel menurun, maka kita mulai kerepotan sebab Hp menjadi sering ngedrop, padahal baterai baru saja dicas, tapi ponsel harus mati akibat kehabisan daya baterai.

Namun sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi baterai kembung pada ponsel, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab kerusakan pada baterai HP.

Penyebab Baterai Ponsel Rusak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja baterai menjadi berkurang atau bahkan rusak. Biasanya disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk para penggunanya, sebagai berikut :

1. Memakai Charger yang Tidak Sesuai

Saat pengisian ulang baterai, sebainya pakai charger ponsel yang peruntukannya sesuai. Meskipun adaptor menuju lubang pengisian baterai bentuknya sama, namun antara merek charger yang satu dan yang lainnya berbeda. Terutama dalam hal penyaluran dayanya itu sendiri.

Memakai charger yang kurang tepat dan tidak cocok bisa membuat pengisian daya baterai menjadi tidak maksimal, karena tidak sesuai spesifikasi ponsel ataupun daya listrik yang dibutuhkan bisa saja terlalu over. Imbasnya bisa merusak baterai ponsel Kalian.

2. Overcharging

Kebiasaan melakukan pengisia daya baterai berlebihan bisa mengurangi usia pemakaian baterai itu sendiri. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengguna ponsel seringkali melakukan pengisian ulang baterai ponsel dari malam hari sampai pagi hari.

Terkait:  Cara Membuka Play Store

3. Penggunaan Berlebihan

Salah satu faktor penyebab baterai ponsel menjadi rusak ialah pemakaian baterai yang berlebihan. Tidak jarang pemilik ponsel bermain game atau menonton live streaming video di ponsel dalam waktu yang lama, sehingga membuat ponsel  mengalami overheating atau panas berlebihan. Hal ini justru bisa memicu timbulnya kerusakan pada baterai ponsel Kalian.

4. Penggunaan Powerbank yang Kurang Mumpuni

Pemakaian fitur-fitur pada smartphone bisa menyebabkan konsumsi pemakaian daya baterai menjadi sangat besar. Maka dari itu, Powerbank adalah sebuah perangkat atau alat yang paling sering dibawa kemanapun.

Sehingga pengisian ulang daya baterai ponel dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan membawa powerbank.

Akan tetapi dengan banyaknya jenis dan  merk powerbank di pasaran, tidak jarang kita memilih powerbank yang berharga murah tanpa mempertimbangkan kualitasnya. Padahal powerbank yang berkualitas rendah bisa membuat baterai ponsel mudah rusak.

Itulah beberapa faktor penyebab baterai ponsel menjadi kembung dan rusak, sehingga bisa mengurangi kinerja baterai Hp itu sendiri.

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara Mengatasi Baterai Kembung
Mengatasi Baterai Kembung

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Kembung Pada Ponsel?

Jika baterai ponsel Kalian mengalami kembung, ada beberapa trik cara mengatasi baterai kembung yang bisa Kalian lakukan di bawah ini. Ini dia penjelasannya :

1. Copot Baterai Pada Ponsel

Untuk mengempiskan baterai ponsel yang kembung atau menggelembung sebenarnya sangat praktis tanpa memerlukan peralatan khusus. Kalian hanya memerlukan obeng saja.

Namun ada pula ponsel yang memungkinkan Kalian bisa membuka casing bagian belakang ponsel tanpa obeng, jadi Kalian tidak memerlukan obeng.

Silahkan copot baterai ponsel dengan membuka casing belakang Hp Kalian sampai baterainya dapat dijangkau. Sesudah itu, Kalian bisa mencopot baterainya dengan mudah.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Panas

2. Masukkan Freezer

Penyebab baterai menggelembung biasanya disebabkan oleh kelebihan gas yang ada di dalam wadah. Adapun terciptanya gas tersebut sebagai hasil reaksi kimia antara elektrolit dan elektroda.

Menurut penjelasan tersebut, solusi yang dapat Kalian lakukan dalam mengatasi masalah ini ialah dengan cara menusuk-nusukkan baterai ponsel Kalian menggunakan jarum. Sedangkan solusi kedua yaitu dengan menyimpan baterai ponsel beberapa saat ke dalam freezer lemari es.

Namun untuk memastikan baterai Hp Kalian tetap aman saat di dalam freezer, bungkus baterai memakai plastik.

3. Ambil Baterai Kemudian Keringkan

Sesudah melewati 24 jam, Kalian bisa langsung mengambil baterai ponsel kembali. Lalu keringkan baterai ponsel tersebut, caranya biarkan di tempat yang teduh, bisa juga disimpan di depan kipas angin. Ingat, jangan langsung mengeringkan baterai ponsel di bawah terik sinar matahari secara langsung, sebab bisa berbahaya!

4. Pasang Lagi Baterai Ponsel Kalian

Sesudah baterai Hp benar-benar kering, Kalian bisa masukkan baterai ke dalam ponsel. pastikan ditutup casing belakang ponsel dengan benar dan jangan sampai ada sela yang terbuka.

Dari sini, Kalian akan menyadari bahwa ukuran baterai sudah normal kembali, karena lebih mudah memasukkannya ke dalam ponsel.

Itulah cara mengatasi baterai kembung pada ponsel. Nah, supaya baterai ponsel Kalian tidak mudah kembung ada beberapa cara melakukan perawatan baterai supaya tidak kembung di bawah ini!

Cara Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Kembung

Berikut beberapa cara yang bisa Kalian lakukan supaya baterai ponsel tetap berfungsi dengan baik dan tidak kembung :

1. Pakai Charger Bawaan Pabrikan Ponsel Kalian

Dengan memakai charger bawaan ponsel asli, tentu kebutuhan dan kondisi penggunaan baterai tersebut sudah sesuai. Jika Kalian terpaksa membeli charger bukan bawaan produsen Hp secara langsung, pastikan chargeryang Kalian beli mempunyai spesifikasi sesuai dengan charger bawaan ponsel. Apabila daya yang dihasilkan pada charger tersebut berbeda dari daya yang bisa ditanggung baterai, biasanya baterai bisa menggelembung dan panas.

Terkait:  Cara Usir Semut

2. Pastikan daya baterai tetap di rentang 50-90%

Daya baterai biasanya akan bekerja dengan optimal di rentang persentasi tersebut. Sebab ketika melakuka pengisian daya baterai, pastikan dayanya tidak sampai 0% lalu usahakan untuk tidak menyentuh angka 100%. Jika Kalian bisa menjaga rentang daya baterai tersebut bisa meminimalisir potensi baterai akan menggelembung.

3. Simpan Baterai di Suhu Ruang

Jangan pernah menyimpan baterai pada area yang terlalu dingin atau panas. Hal tersebut tidak hanya bisa membuat baterai menjadi kembung saja, tetapi juga dapat mempermpendek usia pemakaian baterai.

Dari sini, Kalian tentu sudah paham kan bagaimana cara mengatasai baterai kembung dan cara merawatnya dengan baik agar baterai tetap dapat digunakan secara maksimal! So, jika dirasa artikel ini sangat bermanfaat kalian bisa bagikan/share artikel ini ke teman-teman di semua sosmed ya bangs.

Similar Posts