Home » Android » Cara Mengatasi HP Panas

Cara Mengatasi HP Panas

Bagaimana cara mengatasi HP panas? Permasalahan yang sering dialami para pengguna ponsel sekaligus yang bisa memperpendek umur ponsel kita yaitu ponsel cepat panas.

Selain kita tidak nyaman saat menggenggam ponsel yang panas, juga hal tersebut bisa merusak ponsel. Untuk mencegahnya, ada beberapa faktor dan solusi mengatasi hp yang cepat panas di bawah ini!

Faktor Penyebab HP Cepat Panas

Sebelum kita membahas cara mengatasi Hp panas, ada beberapa penyebab yang membuat Hp Kalian mudah panas, diantaranya :

1. Terlalu Lama Bermain Game

Salah satu faktor penyebab utama ponsel Kalian cepat panas ialah jika Kalian terlalu lama bermain game. Bermain game yang berat seperti halnya PUBG bisa membuat kinerja pada GPU ponsel Kalian bekerja keras.

Sebab idealnya, Kalian cukup bermain selama 1-2 jam saja. Lalu sebaiknya istirahatkan ponsel Kalian agar panasnya menjadi berkurang. Selain itu, hal tersebut juga berguna agar baterai ponsel Kalian lebih awet.

2. Terlalu Lama Menonton Aplikasi Streaming

Tidak hanya bermain game, menggunakan aplikasi streaming terlalu lama juga bisa memicu timbulnya panas di ponsel Kalian. Streaming memerlukan koneksi internet, selain itu hal tersebut juga memerlukan daya baterai yang besar.

Kalian bisa mengingat lagi, berapa jal Kalian menghabiskan waktu untuk menonton Youtube ataupun menonton Netflix yang menyediakan berbagai judul film atau video berkualitas.

3. Pengaturan Ponsel yang Bekum Optimal

Kalian bisa cek terlebih dahulu, apakah pengaturan di ponsel Kalian sudah optimal ataukah belum. Mungkin saja ada pengaturan di ponsel yang membuat Hp Kalian lebih cepat panas.

Misalnya saja, tingkat kecerahan pada layar yang sangat terang, atau widget terlu banyak memakai live wallpaper sehinga baterai ponsel menjadi boros, atau faktor lainnya.

4. Banyak Aplikasi yang Dijalankan Secara Bersamaan

Kalian juga harus mengecek apa saja aplikasi yang Kalian jalankan secara bersamaan. Dengan semakin banyaknya Kalian membuka atau menjalankan aplikasi tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan ponsel Kalian menjadi cepat panas.

5. Update Aplikasi

Aplikasi dengan bug biasanya berpotensi menyebabkan Ponsel cepat panas, mengingat prosesornya kurang optimal. Maka dari itu, Kalian harus rajin meng-update aplikasi sebab dengan rutin meng-update-nya, maka bug pada aplikasi biasanya sudah diperbaiki pihak pengembang itu sendiri.

6. HP di Sadap

Seperti yang sudah kami tuliskan tentang cara cek hp disadap, ponsel yang mendadak cepat panas adalah salah satu penyebabnya. Karena kinerja ponsel akan terus bekerja sekalipun kita tidak menggunakannya. Padahal, HP kita sedang dipantau pengguna lain dengan cara penyadapan.

Itulah beberapa faktor penyebab yang memicu Hp cepat panas. Untuk mengatasinya, Kalian bisa mencoba tutorial cara mengatasi Hp panas yang akan Kami bagikan di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Panas

Cara Mengatasi HP Panas

Mengatasi HP Cepat Panas

Jika Kalian sudah mengetahui faktor pemicunya, kini saatnya Kalian mengetahui solusi untuk mengatasi Hp panas, diantaranya sebagai berikut :

1. Pakai Charger Original

Menggunakan charger original merupakan salah satu solusi utama untuk mengatasi Hp yang panas. Namun jika charger original Kalian rusak, sebaiknya usahakan membeli charger original lain di counter tempat Kalian membeli ponsel atau secara online.

Memakai sembarang charger justru bisa membahayakan baaterai beserta ponsel Kalian, bahkan bisa membuat ponsel Kalian lebih cepat panas.

Maka dari itu, biasakan untuk selalu memakai charger asli. Jadi jika rusak, langsung beli lagi charger original yang baru.

2. Matikan GPS dan Bluetooth

Kedua fitur tersebut memang jarang diperhatikan. Tidak sedikit pengguna ponsel yang membiarkan GPS dan bluetooth tetap aktif padahal sedan tidak digunakan.

Namun faktanya, fitur-fitur yang masih menyala ini bisa membuat Hp mudah panas. Jadi, sebagai solusinya pastikan Kalian mematikan kedua fitur tersebut jika sedang tidak dibutuhkan.

3. Cek Pemakaian Wifi

Para pengguna juga seringkali mengaktifkan Wifi terutama bagi yang sering mengemis kuota. Tapi justru mengaktifkan Wifi dalam jangka waktu yang lama bisa membuat ponsel cepat panas.

Sebagai solusinya, supaya Wifi Kalian tidak “on” terus menerus, Kalian bisa memakai aplikasi Wifi Sleeper atau Smart Wifi.

4. Istirahatkan Ponsel Sejenak dari Streaming maupun Game Online

Meskipun Kalian tidak melakukan multitasking, tetapi hanya bermain game atau live streaming game saja.

Akan tetapi, baik itu gaming maupun streaming pada kenyataannya keduanya justru membuat ponsel cepat panas apabila dilakukan terus-terusan atau secara non stop.

5. Kurangi Multi-Tasking

Spesifikasi ponsel yang semakin canggih selalu menawarkan performa yang handal untuk multi-tasking.

Walaupun demikian, Kalian tetap perlu membatasi aktivitas agar suhu ponsel Kalian tidak meningkat ketika melakukan beberapa aktivitas sekaligus.

Dengan banyaknya aplikasi yang aktif secara bersamaan, ditambah lagi dengan aplikasi background tetap berjalan, bisa membuat ponsel lebih cepat panas.

Cara mengatasi Hp panas akibat aktivitas yang terlalu banyak di ponsel ini, bisa menggunakan aplikasi Hibernaor. Perangkat lunak yang satu ini sudah terbukti ampuh mengatasi ponsel yang cepat panas.

6. Coba Cek Kondisi Baterai

Jika Kalian merasa tidak melakukan aktivitas apapun atau tidak memaksakan ponsel untuk melakukan aktivitas berat, namun tetap saja ponsel Kalian cepat panas, maka sebaiknya periksakan kondisi baterai di ponsel Kalian.

Umur penggunaan baterai yang lama dengan kondisinya yang mulai usang, bisa menjadi fator penyebab ponsel Kalian cepat panas. Maka dari itu, Kalian harus segera menggantinya dengan baterai yang baru.

7. Lepas Cover Pelindung yang Terlalu Tebal

Pastikan Kalian untuk tidak menutupi HP Kalian menggunakan cover / case hp yang sangat tebal. Pemakaian cover silikon berwarna yang terlalu tebal memang baik untuk menjaga dan melindungi ponsel terhadap goresan.

Akan tetapi, cover pelindung yang tebal justru bisa menutup sirkulasi udara yang masuk sehingga membuat ponsel lebih cepat panas.

Itulah 7 cara mengatasi Hp panas dengan mengetahui penyebabnya. Sehingga Kalian bisa mencegah ponsel dari kerusakan akibat overheating. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *