Cara Mengatur Jam Digital

Bagaimana cara mengatur jam tangan digital? Untuk mengubah pengaturan jam tangan digital, Kalian harus mengubah modusnya terlebih dahulu ke dalam time mode, sehingga memungkinkan Kalian bisa mengatur berbagai macam hal, mulai dari jam, hari, tanggal, dan masih banyak pengaturan lainya.

Saat jam tangan Kalian sudah dilakukan time mode, selanjutnya Kalian bisa menggunakan tombol untuk menyesuaikan setelan dan beralih opsi setelan. Jika sudah demikian, jam tangan pun sudah siap digunakan.

Cara Mengatur Jam Digital

Cara Mengatur Jam Digital
Mengatur Jam Tangan Digital

Ada banyak cara untuk mengatur jam digital dengan setelan yang disesuaikan kenyamanan masing-masing pemilik. Berikut ini beberapa pilihan metode setting jam tangan digital dengan mudah.

Cara Mengatur Jam Tangan Digital Beralih ke Time Mode

Untuk beralih ke time mode, ada beberapa tutorial yang harus Kalian ikuti di bawah ini :

1. Baca Buku Panduan Pengguna Apabila Kalian Mempunyai Jam yang Settingannya Rumit

Jika jam tangan digital Kalian lumayan kompleks bisa baca buku panduannya, tapi jika buku panduannya hilang Kalian bisa cari tutorialnya di internet. Caranya masukkan model dan merek jam di mesin pencari untuk menemukan digital book manualnya.

  • Jika buku panduannya sulit ditemukan, Kalian bisa menghubungi layanan customer service dari produsen jam tangan digital yang digunakan.
  • Untuk informasi merek dan model jam tangan biasanya terdapat pada bagian muka atau belakang jam tangan.
Terkait:  Cara Mengganti Nomor HP di Facebook

Nah, di era digital seperti ini, kamu juga bisa kok download buku di google book untuk mencari panduan tentang jam digital yang kamu miliki. Jadi, gak perlu bingung lagi kan kalau buku panduannya hilang, ataupun mencari link google drive yang mungkin membahas tentang panduan merek jam kamu.

2. Periksa Tombol Pada Jam Tangan Digital

Jam tangan digital biasanya memiliki banyak desain dan fitur yang melengkapinya. Pada jam tangan yang sederhana umumnya hanya memiliki 1-2 tombol saja, sementara jam tangan digital canggih biasanya sudah dilengkapi oleh banyak tombol.

Selain itu, biasanya tombol settingan jam tangan terletak di sisi kanan atau kiri muka jam. Kemudian Kalian bisa lakukan tutorial di bawah ini :

  • Meskipun jarang, beberapa jam tangan biasanya mempunyai tombol pengaturan pada bagian belakang jam atau lebih tepatnya dibalik cover jam. Dimana cover tersebut dapat dilepaskan memakai obeng kecil atau kuku jari.
  • Sebagian jam juga mempunyai tombol label. Adapun tombol yang terdapat pada jam tangan digital biasanya terdiri dari “Start”, “Light”, “Reset”, “Set”, dan “Mode”.
  • Kemungkinan besar Kalian akan menggunakan tombol “Set” dan atau “Mode”. Untuk “Mode” Kalian bisa mengganti modus ke dalam Stopwatch Mode, Time Mode, dan lain sebagainya. Sedangkan mode “Set” sendiri memungkinkan Kalian dapat menyetel waktu melalui Time Mode.

3. Pakai Pulpen Untuk Mengubah Modus Pada Model Melalui Tombol Tersembunyi

Pada jam tangan yang sederhana biasanya mempunyai satu tombol tersembunyi berukuran kecil untuk mengubah pengaturan.

Kalian bisa memakai pulpen untuk bisa menusuk area yang tersembunyi lalu mengubah modus pengaturan jam tangan. Selanjutnya ikuti cara-cara di bawah ini :

  • Saat ada di dalam modus setting waktu, setelan seperti jam, menit, tanggal, dan lain sebagainya mulai berkedip.
  • Jika pada jam tangan ada tombol tersembunyi beserta tombol lainnya, biasanya tombol tersembunyi berguna untuk mengganti modus, sementara tombol lainnya berguna untuk mengubah setelan.
  • Usahakan Kalian tidak menggunakan pensil saat menekan tombol yang tersembunyi. Jika bagian ujung pensil mengalami patah dan masuk ke dalam lubang, maka tombol pun bisa tersangkut, imbasnya tidak bisa disetel.
Terkait:  Cara Mengganti Password Instagram

4. Mengubah Jam Tangan Digital Bertombol Banyak ke Dalam Modus Time Mode

Jika jam tangan Kalian tidak melabeli fungsi tombolnya. Kalian bisa klik acak hingga menemukan tombol untuk mengganti modus.

Jam atau menit pada beberapa jam tangan digital biasanya  berkedip saat Kalian memasuki modus pengaturan waktu. Lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Umumnya hanya 1 unit saja yang  berkedip (tanggal, jam, menit) setiap kalinya. Selain itu, sebagian produk jam tangan biasanya menunjukkan cara dan opsi yang  berbeda, seperti melalui kotak atau garis bawah.
  • Jam tangan digital yang canggih biasanya menawarkan banyak fitur. Kalian bisa membiasakan diri menggunakan fitur-fitur canggih tersebut dengan cara menekan tombol lalu melihat dampaknya di layar jam.
  • Sebagian produk jam tanan bisa tidak mepunyai tombol modus, jadi kalian harus menekan “Set” terlebih dahulu.

5. Tekan “Set” untuk Memasuki Modus Time Mode Jika Memungkinkan

Apabila jam tangan Kalian hanya mempunyai tombol “Set” saja, Kalian cukup menekannya agar bisa masuk ke dalam modus setelan waktu.

Untuk jam tangan lainya, Kalian bisa masuk ke dalam  modus setelah waktu lalu tekan tombol “set” dan pengaturan pun selesai.

Cara Mengatur Jam Tangan Digital dengan Mengubah Setelan

Berikut cara setting jam tangan digital dengan melakukan perubahan setelan manual dengan beberapa metode paling mudah untuk dilakukan.

1. Ganti Menit Lewat Tombol “Lanjut”

Opsi yang bisa diubah pertama kali biasanya ialah pengaturan menit, dimana tombol ini akan berkedip saat dipilih.

Ketika angkanya berkedip, Kalian bisa tekan “lanjut” guna menambah waktu. Lalu tekan tombol dengan perlahan agar Kalian tidak melewatkan angka tertentu yang diinginkan.

  • Pada jam digital biasa kemungkinan hanya terdapat 2 tombol, yaitu tombol yang satu berguna untuk mengganti modus, sedangkan yang lainnya untuk menambah settingan satu unit setiap tekanan tombol.
  • Jam tangan digital kebanyakan akan mengulang settingan berdasarkan urutan dari urutan terbesar atau dari yang pertama menuju terakhir.
  • Jam yang  bertombol banyak umumnya menggunakan tombol “Adjust” (sesuaikan), “set” guna menambah setelah 1 unit dan “reset”.
Terkait:  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

2. Pengaturan Jam

Kalian bisa klik modus lagi untuk pemilihan jam. Jika sedang berkedip, itu artinya angka pada jam sedang dipilih. Jika sudah, tekan tombol “lanjut” saat ingin mengatur jam.

3. Ubah Pengaturan Lain Sesuai Kebutuhan

Urutan pilihan modus jam tangan biasanya, menit, jam tanggal, AM/PM lalu hari. Kalian bisa gulir pilihan setelah tersebut dengan cara memilih tombol modus, lalu ubah setelan atau setting-an yang dipilih lewat tombol “lanjut”.

4. Keluar Modus Setelan Kembali Lagi ke Modus Normal

Saat semua setelan jam sudah tepat, pilih tombol “set” guna menyelesaikan pegaturan untuk kembali lagi ke modus normal.

Namun jika jam Kalian tidak mempunyai tombol “Set”, pili tombol “Mode” hingga tidak ada lagi setelan yang disorot atau berkedip.

Itulah cara mengatur jam tangan digital dengan mudah tanpa repot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Jangan lupa bagikan dengan semua teman kamu di sosial media ya bangs. Agar kami juga akan selalu terus update tips dan trik menarik untukmu.

Cek Rekomendasi Lain:

Cara Menonaktifkan Akun Google
Cara Mengisi GoPay Lewat M BCA
Cara Mengisi Absen di Google Classroom
Cara Mengecek Iuran BPJS
Cara Mengisi Kuota AXIS

5/5 - (1 vote)

Related posts