Home » Cara Cek » Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Bagaimana cara mengecek akreditasi Kampus? Untuk mengecek akreditasi Kampus atau perguruan tinggi sebenarnya bisa dilakukan baik secara online lewat BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) ataupun secara langsung.

Dengan website BAN PT, Kalian bisa mengecek status akreditasi perguruan tinggi maupun program studi secara online dengan mudah.

Status akreditasi dari Prodi (Program Studi) seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik itu Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, Institut, Universitas, baik swasta maupun negeri dapat dicek secara langsung beserta batas expired status akreditasinya. Dengan demikian kita bisa mengetahui informasi akreditasi Kampus yang sedang dicari.

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi dan BAN PT?

Akreditasi Kampus secara resmi biasanya disebut juga sebagai akreditas institusi. Sedangkan akreditasi Prodi ialah sertifikat bukti jika sebuah jurusan sudah terakreditasi.

Menurut definisinya sendiri, akreditasi kampus adalah bentuk pengakuan kualitas dan mutu yang berasal dari pihak luar atau eksternal mengenai input, pemrosesan hingga hasil suatu manajemen atau sistem mutu pendidikan dalam sebuah perguruan tinggi maupun program studi.

Adapun pengakuan tersebut berdasarkan pada beberapa kriteria sebagai tolak ukur dari dimensi mutu pada pendidikan tinggi yang sudah disepakati oleh tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Di samping itu, kualitas pendidikan tinggi pun harus dilihat sesuai konsep dari multi-dimensi.

Sementara lembaga resmi dari negara yang bertanggungjawab untuk menerbitkan sekaligus menilai akreditasi sebuah institusi perguruan tinggi dan prodi ialah BAN-PT.

Menurut amanat Undang-Undang No.12 Tahun 2012 mengenai Pendidikan Tinggi, Permentistekdikti nomor 32/2016 dan Permentistekdikti nomor 44/2015 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, BAN-PT memperoleh peran utama dalam upaya meningkatkan sekaligus menjaga mutu pendidikan perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

Bentar deh, kamu punya iPhone? atau sedang ingin beli iPhone? Pastikan cek kondisinya, baca panduan cara cek iPhone asli agar kamu semakin yakin.

Adapun tugas-tugas dari BAN-PT sendiri meliputi penilaian serta menentukan akreditasi peruruan tinggi dan Prodi (program studi) kampus itu sendiri.

Tujuan Akreditasi Kampus oleh BAN-PT dan Kriterianya

Akreditasi adalah sebuah bentuk jaminan mutu pendidikan tinggi eksternal, yakni proses yang biasanya digunakan oleh institusi yang berwenang untuk memberikan pengakuan secara formal bahwa sebuah institusi tersebut memiliki kemampuan melakukan aktivitas tertentu.

Sehingga, akreditasi ini melindungi seluruh masyarakat terhadap aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab.

Adapun ciri akreditasi yang dilakukan BAN PT ialah penilaian yang biasaya dilakukan pakar sejawat berasal dari luar lembaga terkait lalu dilakukan dengan cara voluntir terhadap kampus yang menyelenggarakan sebuah program studi.

Aktivitas tersebut diawali dengan cara melakukan evaluasi diri dari komponen-komponen yang menyertainya, mulai dari input atau masukan, lalu proses, hingga produk/hasil perguruan tinggi tersebut. Baru kemudian laporannya dikirimkan ke pihak lembaga asesor.

Punya ponsel Samsung kan? Cobain cara cek HP Samsung untuk memastikan ponselmu asli atau bukan.

Sementara penilaian proses akreditasi yang dilakukan mempunyai tujuan ganda, diantaranya :

  • Menginformasikan kinerja Kampus kepada masyarakat.
  • Mengemukakan berbagai langkah pembinaan untuk ditempuh khususnya oleh lembaga perguruan tinggi dengan pemerintah, dan partisipasi masyarakat.

Peringkat akreditasi yang diakui pemerintah terhadap perguruan tinggi biasanya berdasarkan hasil akreditasi kampus yang dilaksanakan BAN PT itu sendiri, dengan melakukan serangkaian akreditasi meliputi, akreditasi Prodi dan lembaga.

Beberapa kriteria penilaian dalam akreditasi lembaga/institusi terdiri dari :

  1. Izin dari penyelenggaraan lembaga pendidikan tinggi.
  2. Kelayakan dan persyaratan penyelenggaraan dari pendidikan tinggi.
  3. Kinerja kampus/perguruan tinggi.
  4. Relevansi pelaksanaan program pendidikan dan pembangunan.
  5. Efisiensi pengelolaan institusi perguruan tinggi.

Sementara kriteria penilaian pada akreditasi prodi, terdiri dari :

  1. Identitas prodi terkait.
  2. Izin penyelenggaraan atas program studi.
  3. Kesesuaian penyelengaraan prodi dengan aturan perundang-undangan.
  4. Sarana prasarana.
  5. Relevansi penyelenggaraan dari program studi.
  6. Produktivitas prodi.
  7. Efisiensi penyelenggaraan produ.
  8. Mutu lulusan.

Adapun klasifikasi bagi semua kriteria di atas ditentukan berdasarkan 3 aspek utama, yaitu relevansi berbobot 25%, efisiensi 25% dan mutu berbobot 50%.

Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Mengecek Akreditasi Kampus

Lalu, Bagaimana Cara Mengecek Akreditasi Kampus?

Jika Kalian ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke kampus atau perguruan tinggi tertentu. Kalian harus mengetahui status akreditasi kampus tempat Kalian menuntut ilmu, melalui tutorial di bawah ini  :

  1. Pertama-tama akses situs resmi BAN-PT melalui link berikut www.banpt.or.id
  2. Jika Kalian ingin mengecek status akreditasi kampus atau universitas maupun program studi, bisa scroll ke bawah di menu “Direktori” kemudian pilih opsi “Institusi”, lalu jika Kalian ingin mengecek akreditasi prodi, bisa pilih opsi “Program Studi”.
  3. Selanjutnya ktik nama kampus atau institusi yang ingin Kalian cek status akreditasi institusinya di kolom yang telah tersedia, jika sudah biasanya akan ditampilkan data-data berupa peringkat akreditasi, tahun SK, no SK, informasi masa kadaluwarsa, berikut wilayahnya.
  4. Jika Kalian ingin mengecek status akreditasi program studinya, biasanya akan muncul data-data berbentuk kolom dengan opsi kampus, strata wilayah, program studi, tahun SK, waktu kadaluawrsa, peringkat, no.SK dan wilayah.

Informasi yang tertera di laman resmi BAN-PT online sudah mencakup semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan status sudah diakui, namun jika data gagal ditampilkan di browser, coba untuk mengecek ulang nama kampus atau refresh browser yang kamu gunakan.

Ini penting sekali bagi kampus maupun mahasiswa itu sendiri yang akan mendaftar ke kampus pilihan mereka.

Pengguna Shopee? Baca dulu Cara Cek Resi Standard Express Shopee untuk tambah wawasan.

Pemerintah melalui lembaga Kemenristekdikti telah memberlakukan penerapan penomoran ijazah nasional yang kevalidan datanya dapat dicek secara online.

Itulah ulasan mengenai cara mengecek akreditasi kampus dan program studi yang bisa Kalian coba praktekkan untuk mengetahui status akreditasi perguruan tinggi pilihan Kalian.

Ini penting sekali bagi Kalian yang baru saja lulus SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Kalian perlu tahu bahwa kualitas lulusan beserta akreditasi lembaga dan program studi, sebagian besar bergantung dari kualitas para dosen pengajarnya.

Dimana para dosen tersebut memiliki pernana besar untuk menentukan peringkat akreditasi serta dapat menjamin para lulusan berkualitas, dan juga menjadi tolak ukur sebuah perusahaan ketika calon karyawan mengirim lamaran lewat email untuk bekerja di perusahaan mereka.