Home » BRI » Cara Mengecek Saldo di ATM BRI

Cara Mengecek Saldo di ATM BRI

Cara mengecek saldo di ATM BRI masih menjadi solusi yang banyak dicari para nasabah. Mengingat kemudahan dan keamannya yang terjamin, sehingga wajar jika bertransaksi di ATM masih menjadi andalan sebagian besar nasabah perbankan.

Produk tabungan yang ditawarkan bank BRI sendiri meliputi tabungan BritAma dan Simpedes. Untuk membuat kartu ATM BRI sebenarnya sangat mudah.

Jika Kalian membuka salah satu rekening BRI di atas, secara otomatis Kalian akan memperoleh kartu ATM.

Nantinya kartu ATM ini bisa Kalian pakai untuk bertransaksi dengan mudah, kapan pun sesuai yang Kalian butuhkan.

Transaksi perbankan dapat dilakukan baik di mesin ATM bank BRI, jaringan ATM bersama, dan ATM bank lainnya, seperti mengecek saldo di ATM BRI, atau Setor Tunai di ATM. Walaupun demikian, jika Kalian bertransaksi selain di mesin ATM BRI harus mempersiapkan biaya administrasi.

Untuk biaya administrasi bertransaksi di mesin ATM biasanya langsung dipotong dari sisa saldo tabungan rekening bank Kalian.

Misalnya saja, saldo terakhir di tabungan Kalian awalnya Rp. 500.000. Jika Kalian melakukan transaksi transfer uang Rp. 200.000 sementara biaya transaksinya sebesar Rp. 5 ribu. Jadi, saldo terakhir Kalian di ATM sisanya tinggal Rp. 295.000 lagi.

Akan tetapi biasanya para nasabah hanya dapat melihat jumlah sisa saldo lewat invoice atau truk yang keluar dari slot mesin ATM.

Namun selang beberapa waktu Kalian lupa menyimpannya.  Maka dari itu, penting sekali melakukan cara mengecek saldo di ATM BRI untuk mengetahui jumlah sisa uang yang tersimpan di rekening tabungan.

Berapa Saldo Cek Tabungan di ATM BRI?

ATM BRI menyediakan berbagai macam fasilitas, diantaranya informasi rekening tabungan, registrasi layanan e-banking, penarikan tunai, transfer anter rekening, pembayaran tagihan, pembayaran STNK dan SIM, pembayaran biaya kuliah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti yang kita bahas di atas, bahwa salah satu layanan yang ditawarkan di ATM BRI ialah layanan pengecekan saldo rekening.

Apabila nasabah ingin menegcek saldo tabungan di mesin ATM BRI, Kalian tidak akan dikenakan biaya administrasi alias gratis.

Namun selain di gerai ATM BRI, biasanya akan dikenakan biaya transaksi. Kalian bisa melakukan pengecekan saldo di mesin ATM Link. Adapun tarif pengecekan saldo di gerai ATM Link dibebankan biaya administrasi sebesar Rp. 4.000.

Kemudian jika Kalian mengecek saldo tabungan bank BRI di mesin ATM Prima dan ATM Bersama, dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000 setiap kali transaksi.

Terkait: 

Namun tarif tersebut sebenarnya tergantung dari strategi dan kebijakan masing-masing perbankan. Ada beberapa perusahaan perbankan yang membebaskan potongan biaya admin dan ada pula yang membebankan nasabah dengan potongan biaya admin.

Cara Mengecek Saldo di ATM BRI

Cara Mengecek Saldo di ATM BRI

Mengecek Saldo di ATM BRI

Bagaimana Cara Mengecek Saldo di ATM BRI?

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi pengalaman tentang panduan cara mengecek saldo di ATM BRI dengan tutorial yang mudah diikuti.

Walaupun mungkkin terlihat mudah, tapi tidak semua nasabah pemula yang baru kali pertama bertransaksi di mesin ATM,  jadi belum paham betul cara menggunakannya.

Bagi nasabah BRI khususnya, Kalian bisa simak ulasan lengkap cara cek saldo mudah di ATM BRI berikut ini :

1. Cari Gerai ATM BRI Terdekat

Untuk bertransaksi di ATM BRI, Kalian tentu harus mencari mesin ATM BRI terdekat dari lokasi tempat tinggal Kalian. Jangan lupa, bawa serta kartu ATM dan ingat nomor PIN ATM yang akan Kalian gunakan untuk bertransaksi!

2. Masukkan Kartu ATM ke Slot Mesin ATM

Jika sudah sampai di gerai ATM BRI, langkah selanjutnya ialah Kalian bisa memasukkan kartu ATM BRI yang aktif dengan posisi yang tepat. Jangan sampai posisinya terbalik ya!

3. Pilih Bahasa Layanan Transaksi Sesuai Keinginan

Jika Kalian sudah memasukkan kartu ATM ke dalam slot mesin ATM, selanjutnya sistem akan langsung membaca otomatis, Kalian pun diberikan opsi pilihan bahasa layanan yang diinginkan.

Di layar monitor ATM, terdapat 2 pilihan bahasa layanan, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kalian bisa tekan tombol layanan bahasa yang diinginkan tepat di samping tulisan bahasa Indonesia dan Inggris.

4. Inputkan PIN ATM BRI Kalian Dengan Benar

Langkah cara mengecek saldo di ATM BRI berikutnya ialah memasukkan nomor PIN ATM BRI Kalian dengan tepat sebanyak 6 digit yang dirahasiakan.

Jangan sampai Kalian salah memasukkan PIN hingga 2 kali, sebab bisa-bisa kartu ATM Kalian langsung diblokir.

Ketika memasukkan nomor PIN, sebaiknya tutup memakai tangan kiri untuk menjaga keamanan dan menghindari aksi kejahatan dari pihak yang tak bertanggung jawab.

5. Pilih Menu yang Kalian Inginkan

Jika PIN ATM yang Kalian masukkan sudah tepat, Kalian akan langsung diarahkan ke dalam beberapa menu pilihan.

Apabila Kalian ingin mengecek saldo di ATM BRI, menu yang mesti Kalian pilih adalah Menu Transaksi Lainnya. Kemudian pilih opsi “Info Rekening”, lalu pilih lagi opsi “Info Saldo”.

Jika semuanya sudah selesai, sistem pun akan langsung menampilkan inormasi sisa saldo rekening tabungan BRI Kalian saat ini.

6. Keluarkan Kartu dari Mesin ATM

Tutorial terakhir yaitu dengan mengeluarkan kartu dari slot mesin ATM. Kalian cukup menekan tombol bertuliskan “Tidak” jika tidak ingin bertransaksi kembali. Tapi jika Kalian ingin bertransaksi lagi, bisa tekan “Ya.”

Itulah penjelasan tentang cara mengecek saldo di ATM BRI dengan panduan yang mudah serta bisa Kalian praktekkan sekarang juga.

Semoga informasi di atas bisa membantu Kalian semua untuk melakukan transaksi di mesin ATM pertama kali.

» Terbaru Rekomendasi Editor:

Agar Kalian tidak mudah lupa, sebaiknya langsung praktekkan tutorial di atas untuk melihat sisa saldo tabungan di ATM BRI.