Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara mengetahui Whatsapp disadap merupakan hal yang penting bagi semua pengguna WA. WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan terbesar di dunia dengan pengguna aktif per hari lebih dari 1,5 miliar. Hal tersebut tidak lepas dari fitur yang lengkap dan desain user yang mudah. Tetapi segala sesuatu tidak ada yang sempurna.

Meski menawarkan segudang fitur menarik, whatsapp sendiri masih rentan dibobol. Walaupun Whatsapp sudah dilengkapi dengan fitur kemanan enkripsi end-to-end, nyatanya masih banyak hacker yang berhasil meretas akun Whatsapp dan juga menyadap HP penggunanya. Berikut ini cara mengetahui WA yang dibobol.

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap
Mengetahui Whatsapp Disadap

Ada beragam cara mudah untuk mengetahui Whatsapp kita tengah disadap atau tidak, kami telah merangkum sebanyak 8 metode yang dapat digunakan untuk sekedar tau WA kita tengah tersadap.

1. Whatsapp Log out Sendiri

Satu nomor telepon hanya bisa digunakan satu aplikasi saja. jika pengguna mengalami whatsapp yang tiba-tiba log out sendiri, kemungkinan ada pihak lain yang mengakses nomor pengguna untuk login ke whatsapp. Padahal, untuk dapat login ke whatsapp, pihak mereka akan meminta kode OTP yang dikirim ke nomor telepon tersebut.

Pada dasarnya, peretas berhasil mendaftarkan nomor pengguna di perangkat lain dan berhasil memulihkan semua obralan whatsapp yang dicadangkan dalam aplikasi. Hal tersebut karena peretas menggandakan nomor pengguna atau membobol perangkat sehingga bisa membaca pesan masuk yang berisi kode OTP.

Terkait:  Cara Mengetahui DDR RAM

Jika ini terjadi, pengguna akan mendapatkan notifikasi “ponsel ini tidak dapat diverifikasi” karena nomor tersebut telah terdaftar di perangkat lain. Untuk mendapatkan kembali akses akun, pengguna bisa memverifikasi ulang nomor telepon. Aktifkan juga verifikasi dua langkah di pengaturan akun.

2. Cek Whatsapp Web

Whatsapp web merupakan fitur untuk mengakses WA pada PC atau Laptop. Fitur tersebut memungkinkan peretas untuk menyadap akun Whatsapp. Untuk mengetahui akun pengguna telah diretas, cobalah untuk membuka setting kemudian klik Whatsapp Web.

Jika pengguna melihat data login di perangkat yang tidak dikenali dan lokasi yang tidak dikenali pula, segera logout dari semua perangkat. Agar hal serupa tidak kembali terjadi, solusi paling efektif adalah dengan melakukan konfigurasi aplikasi Whatsapp dengan App Lock.

Melalui cara ini, meskipun ponsel pengguna dicuri atau hilang, orang tersebut tidak akan bisa mengakses aplikasi Whatsapp serta menghubungkannya ke PC atau aplikasi lain melalui web Whatsapp.

3. Pesan Terbuka Padahal Pengguna Tidak Membukanya

Cara mengetahui Whatsapp disadap selanjutnya dalah terdapat pesan yang terbaca, padahal pengguna belum membacanya. Tanda pesan dibaca berupa dua centang biru. Tetapi jika mematikan fitur pesan sudah dibaca, pengguna bisa melihat apakah notifikasi angka di tiap obrolan hilang.

Ketika pengguna belum membuka pesan tetapi notifikasi angkanya sudah hilang, kemungkinan ada pihak lain yang membaca obrolan pada Whatsapp.

4. Diretasnya File Whatsapp

Diretasnya file whatsap merupakan salah satu ciri akun Whatsapp yang disadap. Peretasan dapat mengakses obrolan, bahkan saat akun Whatsapp terkunci. Peretasan biasanya menargetkan log obrolan Whatsapp, video, gambar, dan media lain di file.

Peretas juga dapat mengirimkan file tersebut ke perangkatnya atau menggunakan aplikasi cadangan otomatis untuk mengirim langsung ke email semua obrolan pengguna whatsapp. Langkah terbaik untuk menyelamatkan diri dari peretasan semacam ini adalah dengan rutin memperbarui Whatsapp.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi WA di HP Samsung Agar Lebih Aman

Pembaruan Whatsapp terdiri dari enkripsi cadangan dan patch keamanan. disamping itu, pengguna juga lebih baik memiliki sandi aplikasi untuk file manager.

5. Suhu Smartphone Meningkat

Pernah mengalami HP Panas secara tiba-tiba tanpa disertai adanya aktivitas apapun? Jika pernah alami HP overheat secara tidak wajar, bisa jadi itu karena Whatsapp kamu sedang disadap.

Biasanya, ketika kamu mengunduh gambar, file, atau mengklik tautan dengan sumber yang tidak jelas bisa menjadikan WA kamu tersadap tanpa diketahui sebelumnya. Disinilah umumnya para hacker memakai metode dengan menyusupkan aplikasi virus, malware, ke smartphone kamu untuk sadap ponselmu.

Hal inilah yang biasanya sering menjadikan smartphone menjadi cepat panas secara tidak wajar.

6. Penggunaan Baterai Menurun (Boros)

Masalah Baterai ponselmu tiba-tiba berkurang secara drastis tanpa aktivitas yang memberatkan? Bisa jadi ini karena Whatsapp kamu disadap.

Pemakaian baterai yang boros bisa juga dikarenakan adanya aplikasi malware, ataupun virus di android, yang mencurigakan tengah berjalan di background tanpa kita ketahui.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah, kamu harus mematikan koneksi internet yang tersambung saat itu juga.

7. Penggunaan Internet Tak Normal

Kuota internet kamu tiba-tiba berkurang secara drastis? Istilah lain, boros kuota mendadak dalam pemakaian aktivitas yang wajar? Hati-hati, bisa jadi WA kamu dibajak orang tak bertanggung jawab.

Cek pemakaian data internet kamu secara berkala untuk memastikan ponselmu benar-benar aman dari ancaman hacker diluar sana.

Jika terjadi hal demikian (kuota boros), segera putuskan koneksi internet yang tersambung agar si penyadap tak dapat melanjutkan aksinya.

8. Terdengar Bising Saat Bertelepon di Whatsapp

Sebagian mungkin tidak menyadari adanya suara yang bising saat kita sedang bertelepon menggunakan aplikasi WA. Namun, jika kita jeli biasanya terdengar suara yang cukup bising yang bukan berasal dari kita atau pihak penelpon lainnya saat WA kita disadap.

Terkait:  Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap: Pahami 8 Tips Aman Berikut

Memang, suara bising tersebut cukup mengganggu kita saat bertelepon. Tak hanya mengganggu, namun juga membahayakan ponsel atau akun Whatsapp kita bukan?

Jika kamu pernah mengalami kejadian ini, maka segeralah tutup telepon WA dan matikan data internet agar si penyadap tak dapat melanjutkan aksinya.

Nah, itu dia cara mengetahui whatsapp disadap. Selalu tingkatkan keamanan agar Whatsapp tidak mudah diretas. Tetapi jika sudah terlanjur diretas, segera lakukan langkah pengamanan dengan logout pada semua akun Whatsapp web serta mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Similar Posts