Home » Menggunakan » Cara Menggunakan Spotify

Cara Menggunakan Spotify

Bagaimana cara menggunakan Spotify untuk pemula? Setelah simak ulasan berikut serta mengikuti panduan mudah yang diberikan, kamu akan langsung dapat menggunakan Spotify gratis offline di iPhone maupun di mobil. Serta, kamu akan tau kenapa lagu di Spotify tidak full.

Spotify merupakan aplikasi streaming musik digital seperti menggunakan joox, yang memberi kamu akses ke jutaan lagu, podcast, dan video dari artis di seluruh dunia. Aplikasi ini menarik karena kamu dapat mengakses konten secara gratis hanya dengan mendaftar menggunakan alamat email atau dengan terhubung dengan Facebook.

Versi gratisnya didukung iklan, seperti stasiun radio. Versi gratis Spotify dapat diakses di PC, laptop dan ponsel, tetapi layanan lengkap membutuhkan berlangganan Spotify Premium.

Bagaimana cara kerja Spotify?

Memulai mendengarkan musik di Spotify sangatlah mudah:

  1. Kunjungi situs web Spotify dan daftar / sign-up. Kami sarankan mendaftar dengan Facebook jika kamu memiliki akun karena akan membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan mengikuti teman, melihat apa yang mereka dengarkan dan berbagi lagu dengan mereka.
  2. Pilih tingkat berlangganan. Kami sarankan pergi untuk Spotify Premium karena memberi kamu akses ke lebih banyak fitur, lebih fleksibel dan akan terhubung dengan lebih banyak perangkat.
  3. Unduh dan instal aplikasi Spotify gratis. Ada versi untuk desktop dan iPhone / iPad dan ponsel Android.
  4. Masuk / sign-in ke akun kamu di perangkat itu dan dengarkan.

Bisakah mengunduh musik dari Spotify?

Iya dan tidak. Dengan Spotify Premium kamu dapat mengatur musik agar tersedia “offline” tetapi itu tidak sama dengan mengunduh musik dalam arti tradisional.

Dengan Spotify Premium kamu dapat memiliki hingga 10.000 lagu yang tersedia untuk mendengarkan offline di hingga lima perangkat yang berbeda. Mengunduh lagu, album, atau daftar putar di Spotify juga sangat mudah. Ada 2 care untuk mengunduh lagu-lagu tersebut:

  • Hanya klik next to download di album yang ingin kamu unduh untuk mendengarkan secara offline.
  • Klik tiga titik di kanan atas dan klik Unduh/Download.

Berbagai cara untuk menemukan musik

Kamu mengunduh Spotify karena ingin memutar musik. Ada banyak cara untuk melakukan itu:

  • Cari lagu
  1. Ketuk tab Cari / Search
  2. Ketik nama lagu atau artis, dan kamu sudah siap mendengarkannya.
  • Mainkan stasiun “radio”. Inilah upaya Spotify untuk memberi kamu opsi style. Kamu dapat memilih salah satu stasiun yang direkomendasikan, memilih genre, atau klik tombol plus “+” di bagian atas untuk membuat stasiun berdasarkan lagu atau artis.
  • Telusuri /Search. Masukan nama lagu atau nama penyanyi di kolom ini.

Cara menemukan orang dan teman di Spotify

  • Mendaftar / Signing up ke Spotify dengan Facebook atau menghubungkan akun Facebook kamu untuk menemukan dan mengikuti teman dan melihat apa yang mereka dengarkan.
  • Menggunakan fungsi pencarian di dalam aplikasi untuk menemukan teman.
  1. Buka profil kamu di pengaturan
  2. Klik tombol “Cari Teman / Find Friends , yang akan memungkinkan kamu menemukan dan mengikuti lebih banyak teman atau artis.

Membuat daftar putar/koleksi

Berikut cara mengoleksi musik ke Daftar Putar, Stasiun, Lagu, Album, dan Artis. Ada dua cara:

  1. Klik opsi (lingkaran dengan tiga titik) di sebelah lagu
  2. Tambahkan ke daftar putar /Add to playlist . Kamu dapat menambahkannya ke folder yang sudah kamu buat.
  3. Buka bagian Daftar Putar/Playlist di Musik Kamu, klik Edit di sudut, lalu tanda plus “+” yang muncul di sudut kiri atas.
  4. Untuk Lagu, Album, dan Artis, kamu harus “Simpan/Save Untuk melakukan ini, klik tombol opsi (lingkaran dengan tiga titik di dalamnya) di sebelah lagu apa pun.
  5. Jika kamu ingin menyimpan seluruh album atau semua musik artis, kamu harus “mengikuti/follow“, seperti yang kamu lakukan dengan daftar putar. Buka halaman Album atau Artis (dengan mencari atau menjelajahi) dan klik tombol “Ikuti/follow di bagian atas. Musik-musik itu sekarang akan muncul di koleksi kamu.
Di aplikasi Spotify, kamu juga bisa memunculkan lirik. Simak cara menampilkan lirik di Spotify untuk lebih jelasnya.

Podcast

Spotify lebih dari sekedar layanan streaming musik. Jika kamu memiliki akun Spotify, kamu juga dapat menggunakannya untuk mendengarkan ribuan podcast berbeda yang mencakup semuanya, mulai dari komedi hingga olahraga, gaya hidup, berita, dan lainnya.

Podcast ini tersedia di aplikasi dan browser desktop dan mudah untuk mengikuti podcast favorit kamu dan mengakses episode terbaru di mana pun kamu berada.

Cara Menggunakan Spotify

Cara Menggunakan Spotify

Cara Menggunakan Spotify

Masuklah kita ke panduan penggunaan Spotify paling mudah untuk pemula yang baru saja kenal dengan Spotify. Adapun cara menggunakan Spotify bisa dipakai melalui website maupun aplikasi android dan iOS.

Menggunakan Spotify via Web Browser

Terkhusus bagi pengguna laptop, komputer, maupun PC, kamu bisa dengan mudah memanfaatkan website Spotify.com untuk menggunakannya sesuai dengan berbagai kebutuhanmu.

1. Daftar & Buat Akun

Cara penggunaan yang pertama, dan terpenting adalah kita harus memiliki akun di Spotify terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat akun Spotify via website? Simak dan ikuti langkah berikut.

  • Buka browser di laptop, komputer, maupun PC kamu. Bisa pakai Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Untuk memulai, buka dan kunjungi website https://open.spotify.com/ atau ketik kata kunci di Google “Spotify web Player”.
  • Untuk membuat akun, klik tombol Sign Up di pojok kanan atas.
  • Jika kamu ingin Daftar dengan alamat email, isikan saja semua form yang tersedia sesuai data diri kamu. Atau, jika ingin lebih cepat kamu bisa klik tombol DAFTAR DENGAN FACEBOOK untuk daftar akun Spotify sekali klik.

2. Cari Lagu Favorit Terhits

Setelah memiliki sebuah akun Spotify, selanjutnya kamu bisa langsung mencari dan memilih lagu sesuai keinginanmu. Simak panduan berikut ini.

  • Untuk mencari lagu, kamu bisa klik tombol Search.
  • Sementara di halaman awal Spotify web player, telah tersedia beragam lagu yang sedang trending dan hits saat ini. Kamu bisa memilih dan mencari judul lagu yang tersedia yang mungkin jadi favorit kamu.
  • Disisi lain, kamu juga bisa klik tombol Your Library. Disana tersedia beragam Playlists, Podcasts, Artists, dan Albums yang bisa dipilih.
  • Bagi yang suka lagu hits, kamu juga bisa klik menu Discover Weekly. Disana akan tampil list lagu yang tengah trending dan hits di Spotify selama satu minggu.

3. Putar Lagu

Selanjutnya, setelah kamu menemukan lagu favorit yang hendak diputar bisa simak panduan berikut untuk memutar (play) lagu di Spotify.

  • Pilih satu atau beberapa lagu yang ingin di play atau putar.
  • Klik tombol icon Play (Putar) di pojok samping lagu.
  • Atau, kamu bisa double click pada judul lagu untuk memutar lagu.
Simak cara memutar lagu di Spotify untuk panduan yang lebih mendetail lagi ya!

4. Membuat Playlist Lagu

Kamu juga bisa membuat playlist lagu kamu sendiri lho. Bagaimana caranya?

  • Cari satu atau beberapa lagu untuk dijadikan Playlist.
  • Manfaatkan fitur Search untuk mencari lagu favorit yang akan dimasukkan ke Playlist.
  • Setelah muncul judul lagu yang diinginkan, klik icon titik tiga di samping kanan judul lagu.
  • Lalu, pilih Add to Playlist.
  • Selanjutnya ketik dan masukkan Nama Playlist yang diinginkan. Contoh: “PlayList Favoritku”
  • Terakhir, klik tombol CREATE.

Menggunakan Spotify via Aplikasi Smartphone

Cara Menggunakan Spotify

Bagi pengguna Smartphone baik android atau iOS, simak panduan cara menggunakan Spotify berikut ini.

1. Download & Install Aplikasi Spotify

Tahap awal, kita harus punya aplikasi Spotify terlebih dahulu di smartphone kita dong. Caranya, kamu harus download dan install melalui link yang kami berikan dibawah:

Klik tombol Install untuk memasukkan aplikasi Spotify ke smartphone kamu, agar siap untuk digunakan.

Terkait: Cara Download Lagu Di Joox

2. Daftar & Buat Akun

Setelah terinstall, langsung saja buka dan jalankan aplikasi Spotify di smartphone kamu. Kemudian buatlah sebuah akun di Spotify. Caranya:

  • Buka dan jalankan aplikasi Spotify.
  • Untuk mendaftar, kamu diberikan tiga opsi yakni:
    Daftar Gratis
    Lanjutkan dengan Nomor HP
    Lanjutkan dengan Facebook
  • Pilih saja salah satu metode mendaftar dan membuat akun Spotify.
  • Silahkan klik salah satu tombol untuk mendaftar.
  • Setelahnya, isikan form pendaftaran yang disediakan.
  • Selesai dan kamu sudah punya akun Spotify.

3. Cari Lagu Favorit Terhits

Untuk mencari lagu Favorit, kamu bisa memanfaatkan fitur Search untuk mencari lagu yang diinginkan berdasarkan judul maupun nama artis.

Bisa juga, kamu mencari lagu-lagu yang disediakan di halaman awal (homepage) aplikasi Spotify. Selain itu, bisa juga klik menu Koleksi Kamu untuk menemukan lagu-lagu kesukaan.

4. Putar Lagu

Sama seperti Spotify web player, untuk memutar lagu kamu bisa langsung klik icon Play button atau dobel tap di judul lagunya.

Untuk memutar lagu Playlist, langsung saja masuk ke menu Search. Lalu pilih salah satu Playlist, misal Top Hits Indonesia. Untuk menampilkan daftar lagunya kamu bisa tekan PRATINJAU. Jika ingin memutar secara acak, klik saja tombol PUTAR SECARA SHUFFLE.

5. Membuat Playlist Lagu

Bagaimana cara membuat Playlist lagu sesuai keinginan sendiri? Memilih dan mengelompokkan lagu favorit untuk diputar secara bersamaan, caranya sama seperti Spotify Web Player.

Cari lagu favorit yang diinginkan, lalu tekan icon titik tiga di samping kanan judul lagu. Selanjutnya pilih Tambahkan ke Playlist.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami ulas mengenai panduan mudah cara menggunakan Spotify dengan berbagai metode pilihan yang bisa kamu coba. Semoga berhasil ya bangs, jangan lupa share artikel ini ke teman kamu yang belum tau!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *