Home » Ganti » Cara Mengganti Nama Instagram

Cara Mengganti Nama Instagram

Pengguna Instagram tentu memiliki username sebagai identitas untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Username tersebut digunakan untuk mencari, mengenali serta menandai pengguna. Kali ini, artikel akan mengulas mengenai cara mengganti nama Instagram.

Username pengguna ini berbeda dengan nama profil. Username ini tidak boleh berbeda dengan pengguna lain. Sementara nama profil bisa sama dengan nama pengguna lain. Kamu bisa mengganti nama pengguna instagram sesuai dengan ketersediaanya dan belum ada yang memakai username tersebut. Berikut caranya.

Cara Mengganti Nama Instagram

Cara Mengganti Nama Instagram

Mengganti Nama Instagram

Cara untuk dapat mengganti nama Instagram sebenarnya sangat mudah asalkan tau langkah-langkahnya. Kami telah merangkum beberapa metode khusus untuk merubah nama Instagram untukmu.

1. Mengganti Nama Instagram Lewat Aplikasi

Nah, metode paling pertama yang bisa kita coba yaitu cara mengganti nama Instagram melalui aplikasi. Untuk melakukannya, hanya diperlukan beberapa langkah saja yang cukup mudah. Simak panduan berikut.

  • Buka kunci layar smartphone kamu untuk mulai menggunakan.
  • Untuk memulai proses, buka dan jalankan aplikasi Instagram. Kamu bisa membuka aplikasi Instagram melalui menu utama smartphone kamu, atau langsung lewat shortcut di homescreen.
  • Pastikan kamu sudah Login/masuk ke akun Instagram kamu.
  • Lalu, pilih menu Profil yang terletak di bagian pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya pilih Edit Profil.
  • Lihat bagian paling atas, ada Name atau Nama. Yang menunjukkan nama Instagram kamu. Hapus dan ganti nama Instagram kamu sesuka hati. Kamu juga bisa menggunakan emoticon khusus atau font unik untuk mempercantik tampilan nama IG kamu.
  • Setelahnya, barulah kamu tekan tombol Centang/Checklist untuk menyimpan di pojok kanan atas.
  • Selesai.

2. Mengganti Nama Instagram Lewat Website

Metode selanjutnya, kita juga bisa mengganti nama Instagram melalui website resmi milik IG. Berebda dengan Mengganti Nama di Whatsapp yang tidak bisa dilakukan lewat website. Caranya, kita hanya perlu mengunjungi website resmi Instagram.com kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka dan jalankan browser di PC/Laptop/Komputer kamu. Disarankan buka Google Chrome ya.
  • Selanjutnya, kamu bisa kunjungi website www.instagram.com.
  • Setelah terbuka, Login/Masuk menggunakan akun Instagram kamu.
  • Lalu klik menu paling kanan, pilih Profile.
  • Lanjut pilih Edit Profile.
  • Dibagian Name atau Nama, akan terlihat nama Instagram kamu saat ini.
  • Untuk mengganti nama, kamu bisa hapus terlebih dahulu nama IG saat ini kemudian isikan dengan nama Instagram baru yang diinginkan. Untuk mempercantik tampilan profil IG, kamu bisa menggunakan font di ponselmu, ataupun mengganti font di hp untuk menambahkan emoticon khusus di nama profil IG kamu.
  • Langkah akhir, kamu bisa langsung klik tombol Submit.

3. Mengganti Nama Pengguna Instagram (Username)

Cara mengganti nama instagram cukup mudah dan tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. cara ini dapat dilakukan melalui aplikasi instagram maupun browser. Berikut langkahnya.

  • Buka dan Jalankan Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke aplikasi instagram. Buka aplikasi Instagram melalui menu utama smartphone kamu, atau langsung lewat shortcut di homescreen.

  • Pilih menu Profil

Tahap lanjut, langsung saja tekan Profil kamu dibagian pojok kanan bawah.

  • Pilih Edit Profil

Selanjutnya, jika sudah masuk ke halaman profil. Pilih Edit Profil.

  • Pilih Username

Setelah memilih edit profil, untuk mengganti nama pengguna selanjutnya adalah pilih Username. Hapus nama pengguna lama, lalu ganti dengan nama pengguna (username) sesuai yang kamu inginkan. Pastikan nama pengguna masih tersedia dan belum digunakan orang lain.

Jika nama pengguna tidak tersedia dan sudah digunakan orang lain maka akan ada notifikasi yang memberitahukan hal tersebut. Pengguna bisa menggunakan username lain yang tersedia. Jika nama pengguna tersedia maka akan ada centang berwarna hijau.

  • Selesai

Jika sudah, langkah selanutnya adalah klik ikon centang biru yang berada di layar sebelah kanan atas. sekarang nama pengguna sudah berhasil diganti.

Cara Menyimpan Username Instagram Lama

Mungkin pengguna menginginkan username yang lama untuk dipertahankan. Atau ingin menjaga akun lama agar bisa mengumumkan username baru di bio.

Tetapi terdapat beberapa resiko seperti nama pengguna lama tersedia untuk orang lain setelah pengguna mengkonfirmasi untuk mengubahnya. Orang lain juga berkesempatan untuk mengambilnya karena username lama tersebut merupakan kata umum.

Untuk mempertahankan username lama diperlukan alamat email baru. Pengguna cukup menggunakan alamat email yang sama dengan menambahkan titik di antara nama tersebut misalnya pindah.lubang@gmail.com.

Instagram akan melihatnya sebagai alamat baru. Sementara gmail akan mengirim semua email ke kotak masuk yang sama. Ini merupakan trik yang menarik untuk menggunakan alamat email yang sama untuk mendaftar lebih dari satu akun.

Apakah Akan Kehilangan Followers?

Pengguna tidak akan kehilangan followers saat mengganti username akun. Semua koneksi dan DM juga akan tetap utuh. Tetapi mungkin beberapa dari mereka akan merasa bingung karena tidak dapat menandai pengguna di akun lamanya.

Tag juga berlaku jika penguna ditandai di Instagram story dengan mengetikkan username instagram lama. Jika pengguna memiliki situs web yang menjadi tautan, jangan lupa juga untuk mengubah tautan disana.

Mengapa Tidak Bisa Melakukan Perubahan Nama Instagram?

Berbeda dengan mengganti username di shopee, semua pengguna Instagram dapat mengubah username Instagram mereka. Jika karena alasan tertentu, nama baru tidak bisa digunakan, hal tersebut karena nama pengguna yang baru tidak tersedia atau sudah digunakan oleh pengguna yang lain.

Cobalah untuk membuat username unik yang baru berupa kombinasi angka dan nama. Nama unik ini berfungsi agar pengguna lain dapat menemukan akun pengguna dengan benar.

Nah itu dia cara mengganti nama Instagram dengan cepat. Cukup mudah dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Pengguna bisa mengganti username sebanyak apapun. Tetapi jangan terlalu sering ya, karena sering berganti-ganti akun akan menyulitkan orang lain menghubungi pengguna. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *