Home » Ganti » Cara Mengganti Username Shopee

Cara Mengganti Username Shopee

Shopee merupakan platform e commerce terlengkap dan nomor satu di Indonesia. Saat pertama kali melakukan pendaftaran pengguna harus memasukkan nomor telepon, password dan username, untuk bisa belanja barang di shopee, ataupun melakukan Kredit HP di shopee dengan kartu kredit. Cara mengganti username Shopee berikut ini akan membagikan informasi mengenai langkah-langkah mengganti username.

Username tersebutlah yang nantinya dijadikan sebagai ID name akun shopee pengguna. Untuk login shopee, pengguna juga bisa menggunakan username ini. Bisakah mengganti username Shopee? Bagaimana langkahnya? Simak artikel berikut sampai habis.

  • Buka Aplikasi Shopee

Cara mengganti username shopee pertama yang harus dilakukan adalah buka aplikasi Shopee dan pastikan sudah login ke akun pengguna

  • Pilih Menu Saya

Kemudian akan muncul tampilan beranda shopee. Silahkan pilih menu saya yang berada di pojok kanan bawah beranda shopee.

  • Klik Pengaturan Akun dan Pilih Profil Saya

Selanjutnya, scroll kebawah dan cari menu pengaturan akun. Jika sudah klik menu profil saya yang berada di bagian paling atas.

  • Ubah Username

Setelah itu, pengguna akan masuk ke tab akun saya. Disana terdapat beberapa menu seperti nama, username, bio, jenis kelamin, dan sebagainya. Masalahnya disini adalah pihak Shopee tidak menyediakan fitur perubahan username.

Yang dapat diubah adalah nama, bio, jenis kelamin, tanggal lahair, email, telepon, akun medsos dan password shopee. Tetapi username Shopee tidak bisa diubah.

Terkait: Cara Mengubah Email Facebook

Cara Mengganti Username Shopee

Cara Mengganti Username Shopee

Mengganti Username Shopee

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat mengganti username kita di Shopee, diantaranya yakni bisa lewat website official maupun aplikasi Shopee resmi.

Mengganti Username Shopee (Nama Toko) Lewat HP

Untuk penjual di shopee bisa mengganti username Shopee pertama bisa dengan bantuan aplikasi Shopee untuk android atau iPhone. Langkah beserta tahapannya adalah sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi Shopee

Untuk mereka yang berjualan di shopee, username menjadi sebuah identitas yang sangat penting. Selain berguna untuk login, username juga bisa berguna untuk identitas toko di shopee. Tentu saja, langkah awal yang harus kita lakukan sebelum dapat mengganti username Shopee melalui aplikasi adalah dengan membuka terlebih dahulu aplikasi Shopee yang sudah ada di ponsel kita. Jika belum punya aplikasinya, kamu dapat download & install aplikasi Shopee melalui link dibawah.

Setelah download aplikasinya, kamu bisa langsung install ke ponsel pintar yang kamu pakai saat ini baik android maupun iPhone.

2. Login ke Shopee

Kemudian, usai aplikasi Shopee terinstall di HP kamu maka langsung saja buka dan jalankan aplikasi Shopee untuk memulai proses. Setelahnya kamu bisa langsung Login atau Masuk ke akun Shopee kamu (yang ingin diganti username-nya).

3. Masuk ke Halaman Saya

Setelah login, kamu akan dihadapkan pada beranda (homepage) aplikasi Shopee. Lalu masuklah ke halaman menu Saya yang berada di pojok kanan bawah.

4. Pilih Toko Saya

Selanjutnya, kamu bisa memilih tombol Toko Saya yang letaknya berada di kiri atas. (Jika terdapat update aplikasi, sesuakan saja letaknya berdasarkan update terbaru).

5. Masuk ke Asisten Penjual

Lalu, terdapat berbagai pilihan menu yang bermanfaat untuk penjual di Shopee. Kamu bisa cari dan pilih menu Asisten Penjual.

6. Pilih Profil Toko

Setelah masuk pada Asisten Penjual, kamu bisa langsung pilih Profil Toko milikmu untuk selanjutnya diganti username (nama tokonya).

7. Ganti Username ID Nama Toko

Setelah sampai di Profil Toko, kamu bisa langsung mengganti username ID nama toko yang kamu punyai. Masukkan Nama Toko baru yang diinginkan. Setelah selesai, Klik tanda (di bagian pojok kanan atas) untuk menyimpan dan konfirmasi.

Mengganti Username Shopee (Nama Toko) Lewat PC/Laptop

Bisa juga dilakukan melalui PC desktop atau laptop yang kamu punya. Cara mengganti username Shopee selanjutnya bisa dijalankan lewat website official Shopee. Langkah-langkahnya:

1. Kunjungi Website Shopee

Untuk mengawali prosesnya, kamu bisa buka dan jalankan browser di PC/Laptop kamu. Bisa pakai Google Chrome atau browser lain. Langsung saja kunjungi website Shopee.co.id.

2. Login Akun Shopee

Lalu, langsung saja Login atau Masuk ke akun Shopee yang kamu miliki. Kamu bisa klik tombol Login di pojok kanan atas, lalu pilih metode Login yang biasanya kamu pakai.

3. Masuk Pengaturan Toko

Setelah login ke akun Shopee kamu, langsung saja masuk ke Pengaturan Toko.

4. Pilih Profil Toko

Selanjutnya kamu bisa mulai pilih Profil Toko yang ingin diganti namanya.

5. Pilih Nama Toko

Dilanjutkan dengan memilih Nama Toko sendiri yang diinginkan.

6. Ganti Username ID Nama Toko

Untuk mengganti username ID nama toko, Masukkan Nama Toko baru yang diinginkan. Akhiri dengan klik tombol Simpan.

NOTE: Update terbaru syarat & ketentuan Shopee baik untuk aplikasi dan website official, tidak memperbolehkan semua pemilik akun Shopee untuk mengganti username dikarenakan banyak hal. Solusi atas kebijakan ini, kamu masih bisa ganti nama profil penjual dan nama profil toko.

Perbedaan Username Dan Nama Akun Shopee

Username dan nama akun, keduanya berbeda. Nama akun ini merupakan nama yang muncl pada profil akun Shopee pengguna ketika membeli barang di shopee untuk menjadi identitas pengiriman barang, ataupun COD di Shopee. Sementara username digunakan untuk login ke akun Shopee.

Pengguna tidak bisa menggunakan username baru untuk login. Meskipun nama tampilan berubah, tetapi nama username tidak akan bisa diubah. Jadi pengguna hanya bisa mengubah nama profil atau toko saja.

Apakah Bisa Mengganti Username Shopee?

Mengubah username tidak bisa karena memang shopee tidak menyediakan fitur itu. Tetapi pengguna bisa mengubah informasi lainnya seperti nama tampilan akun atau toko. Shopee menyediakan fitur dimana penggunanya bisa mengubah nama toko dengan bebas.

Tetapi jika pengguna ingin membuat username baru dengan nomor handphone yang sama, pihak shopee menyarankan untuk mengirimkan pengajuan ke mereka. Jadi satu-satunya cara mengganti username adalah dengan membuat akun baru.

Mengubah Nama Toko di Shopee

Sayang sekali username shopee tidak bisa diubah. Tetapi jangan khawatir, pengguna bisa megubah nama toko dengan langkah sebagai berikut.

Cara Mengubah Nama Toko Di Aplikasi

  • Login ke akun Shopee terlebih dahulu
  • Selanjutnya, pilih toko saya yang terdapat di bagian layar atas sebelah kiri
  • Kemudian pilih menu assisten penjual
  • Klik nama toko
  • Silahkan ubah nama toko Shopee sesuai yang diinginkan
  • Tap pada tanda ceklis di sebelah kanan atas untuk menyimpan perubahan

Cara Mengubah Nama Toko Di PC

  • Buka situs seller.shopee.co.id kemudian login ke akun pengguna
  • Klik pengaturan toko
  • Selanjutnya, klik profil toko
  • Pilih nama toko
  • Silahkan ketikkan nama toko yang diinginkan
  • Jika sudah, klik simpan untuk menyimpan perubahan

Perlu diketahui bahwa pengguna hanya memperbolehkan mengubah nama toko sekali dalam sebulan. Jika memang pengguna ingin melakukan perubahan kembali sesaat setelah melakukan pergantian yang pertama, pengguna bisa menghubungi customer center shopee.

Nah itulah cara mengganti username Shopee. Tetapi hingga saat ini memang username shopee tidak bisa diubah karena pihak Shopee tidak mendukung perubahan untuk itu. Pengguna hanya bisa melakukan perubahan nama akun dan nama toko saja.  Semoga artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *